10 Bahaya mengucek mata, No 9 paling mengerikan!

Saat kelilipan biasanya apa yang kamu lakukan untuk pertolongan pertama? menguceknya atau menyuruh seseorang untuk meniup mata mu. Benar? karena saya pun sering melakukannya hehe. Menurut kepercayaan leluhur, mengucek mata membuat debu/partikel yang masuk ke dalam akan mudah keluar bersama air mata yang menetes.

Juga meniupnya, dengan kepercayaan jika partikel tersebut akan terbang ke langit dan tidak kembali lagi.Saya percaya, semua orang akan meyakininya. Begitu pun dengan saya sendiri. Bahkan, tanpa disuruh sekali pun gerakan mengucek mata menjadi andalan saat terjadi insiden kelilipan yang tidak terduga.

Meski telah banyak yang meyakininya. Tidak dengan medis. Ahli kesehatan membantah bahwa mengucek mata itu bermanfaat seperti yang saya katakan tadi. Jusrtu sebaliknya, mengucek mata dapat menimbulkan penyakit dan kelainan pada mata bahkan kebutaan. Mengapa demikian? Karena tangan merupakan sumber bakteri dan kuman yang paling berpengaruh diantara organ lainnya.

Mengucek mata apakah sangat berbahaya?

Menggosok / mengucek mata sebenarnya memiliki manfaat tersendiri yang yakni, dapat merangsang air mata untuk  mengalir dan melumasi mata yang kering, menghilangkan debu dan iritasi lainnya. Selain itu mengucek mata juga dapat mengurangi stres. Itu dikarenakan pada saat menekan bola mata ke bawah saraf vagus menjadi terangsang sehingga memberikan efek memperlambat detak jantung. Hal ini dikenal dengan sebutan oculocardiac refleks.

Lalu mengapa mengcuek mata bisa menjadi penyebab yang paling beresiko? karena kegiatan mengucek mata tidak dilakukan saat kelilipan saja, tetapi saat bangun tidur, saat berusaha menahan kantuk, saat stres, menangis dan kondisi refleks lainnya. Perlu kita ketahui bahwa, semakin kita tidak menyadarinya, semakin besar pula ancaman penyakit yang masuk.

Penting untuk dilihat

Eye Care Softgel, Solusi Menjaga Kesehatan Mata

Bahaya mengucek mata

  1. Infeksi mata. Ketika mengucek mata, besar kemungkinan debu atau benda asing yang masuk akan menimbulkan goresan pada pelindung mata, dan ini menjadi celah bagi kuman untuk masuk dan berkembang hingga suatu saat menjadi infeksi.
  2. Menyebabkan kerusakan saraf. Pada penderita glaukoma peningkatan tekanan pada mata yang terjadi karena terlalu sering dan terlalu lama mengucek mata mengganggu aliran darah di belakang mata, yang pada akhirnya berdampak pada rusaknya saraf. Hal ini tentu saja sangat merugikan penglihatan mereka
  3. Penipisan kornea mata.Penelitian medis menunjukkan bahwa menggosok mata dapat menyebabkan penipisan kornea. Yang nantinya hal tersebut dapat menyebabkan infeksi berulang, atau lebih buruk, yakni imbas terkenanya keratoconus, yang menyebabkan kerusakan pada penglihatan dimana gangguan ini sering tidak dapat dikembalikan atau tidak bisa sepenuhnya diperbaiki
  4. Menyebabkan lingkaran hitam pada mata. Kebiasaan menggosok mata dapat berakibat pada pecahnya pembuluh darah kecil yang mengelilingi mata Anda. Seiring waktu, hal tersebut dapat memberikan efek bayangan pada penglihatan, dan mata terlihat terlihat lelah.
  5. Mata Bintitan. Nah salah satu bahaya mengucek mata dengan tangan adalah terjadinya mata bintitan, penyebab mata bintitan adalah adanya bakteri yang masuk di mata dan menimbulkan alergi. Walaupun banyak cara menghilangkan mata bintitan secara alami, namun lebih baik kita mencegah agar tidak mengganggu aktivitas kita.
  6. Menyebabkan kerusakan saraf. Pada penderita glaukoma peningkatan tekanan pada mata yang terjadi karena terlalu sering dan terlalu lama mengucek mata mengganggu aliran darah di belakang mata, yang pada akhirnya berdampak pada rusaknya saraf. Hal ini tentu saja sangat merugikan penglihatan mereka.
  7. Meningkatkan resiko stress dan infeksi mata. Menggosok mata dapat memperburuk keadaan mata yang sudah sakit, menyebabkan mata merah dan gatal. Hal ini tentu saja akan memperbesar keinginan untuk menggosok lagi dan lagi. Bagi penderita alergi, hal ini tentu akan membawa dampak penyebaran alergen yaitu seperti serbuk sari dari bulu mata ke permukaan mata, sehingga besar kemungkinan penyebaran kuman dari tangan anda ke mata yang bisa mengakibatkan resiko styes serta terjadinya infeksi pada mata.
  8. Memperburuk penglihatan (miopia). Rabun jauh merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada saat melihat objek jarak jauh. Miopia terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke retina bagian mata yang berfungsi untuk melihat. Pada penderita gangguan miopia progresif, menggosok dapat berakibat pada buruknya penglihatan mereka. Hal ini terjadi karena  retina yang sudah melemah berada di bawah tekanan yang berturut-turut.
  9. Kebutaan. merupakan suatu kondisi dimana mata tidak mempunyai daya penglihatan lagi. Hal ini bisa terjadi dari berbagai faktor, seperti glaukoma, katarak, dan berbagai jenis infeksi mata lainnya. Salah satu penyebab yang sepertinya dianggap sepele selama ini adalah kebiasaan mengucek mata yang lama kelamaan bisa mengakibatkan infeksi, iritasi, glaukoma, bahkan pada tingkat kebutaan.
  10. Pendarahan mata. Untuk menjalankan fungsinya mata perlu nutrisi yang dialirkan lewat pembuluh darah. Pembuluh darah mata memiliki ukuran yang kecil dan rentan rusak jika terkena tekanan berat seperti akibat mengucek mata.Tekanan yang kuat pada mata tidak hanya menyebabkan Glaukoma saja tapi juga beresiko merusak pembuluh mata bahkan bisa sampai pecah.Darah akan memenuhi rongga mata sehingga akan tampak  gumpalan merah dibagian putih mata.

Tips menjaga menjaga kesehatan mata

  • Tips aman menghindari kucekan mata
  • Gunakan facecloth/tisu basan saat kelilipan atau mata gatal
  • Hilangkan kebiasaan gucek mata setelah bangun tidur
  • Jangan tidur tengkurap karena wajah yang menempel pada wajah akan memberikan tekanan pada mata
  • Hindari alergen yang menjadi sumber infeksi mata

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *