10 Jenis makanan yang wajib dihindari penderita diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit fenomenal yang banyak sekali di derita khususnya di indonesia. Penderita penyakit diabetes di negara tercinta ini semakin mengalami kemajuan yang pesat, Kenapa penderita diabetes semakin meningkat? apakah diabetes bisa menular? Diabetes tidak menular ataupun mudah ditularkan, adapun penyebabnya yakni pola hidup yang tidak sehat menyakut pola makan, pola tidur, dan kebiasaan sehari-hari.

Mengapa orang-orang sering sekali melakukan hidup seperti ini? Seperti yang kita tahu, perkembangan zaman tidak hanya bergelut dalam urusan teknologi saja melainkan dalam hal perkembangan makanan pula. Perkembangan yang terjadi lebih menutut kita untuk banyak diam dan menikmati semua hasilnya dengan mudah.

Makanan instan, barang elektronik yang membuat kita lebih banyak santai setidaknya menjadi komponen besar yang membuat tubuh rentan mengidap penyakit termasuk penyakit diabetes.Banyak sekali kita temui makanan tidak bersyarat yang sekarang ini sering di perjualbelikan. Apakah makanan satu-satunya penyebab diabetes yang paling utama? Ya, bahkan bukan hanya diabetes saja, penyakit parah lainnya pun dominan disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, pengkonsumsian makanan yang tidak sesuai takaran, dan pemilihan jenis makanan yang tidak benar akan menjadi masalah besar yang berdampak buruk bagi kualitas kesehatan tubuh anda.

Penyebab penyakit diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis (menahun) yang terjadi ketika pankreas (kelenjar ludah perut) tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin. Diabetes biasa ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Apa yang bisa kita simpulkan dari pernyataan ini? Pengkonsumsian makanan manis yang berlebihan bisa menjadi penyebab utama terinfeksinya penyakit diabetes.

Makanan manis memang menjadi primadona bagi para penyukanya, tidak jarang mereka menghabiskan banyak makanan bergula tinggi karena rasanya yang legit dan manis di mulut. Namun, perlu kita sadari bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.Yang menjadi masalah utama disini bukanlah makanan manisnya, melainkan pengkonsumsiannya yang berlebihan.Ketika kadar gula didalam tubuh melebihi batas normal, maka tubuh sulit mengembalikan fungsinya seperti semula.

Apalagi jika anda benar-benar telah divonis diabetes, maka inilah awal mula kesensitifan makanan. Dokter akan memberikan banyak peraturan makanan yang sangat ketat. Jika saja peraturan ini tidak diikuti sebagaimana mestinya, tingkat keparahan diabetes yang diidap lebih tinggi lagi. Bahkan beresiko kematian. Apa saja sih makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes?

Baca selengkapnya : Apakah diabetes bisa disembuhkan?

Makanan pantrangan bagi penderita diabetes

Menurut Dr Ishak Eliaz, direktur medis dari Amitabha Klinik di California menyatakan bahwa ”Jika seseorang ingin mengurangi resiko diabetes tipe 2, maka lakukan perubahan pola makan lebih baik, rajin berolahraga, dan menghindari stress” Untuk memulai perubahan pola makan yang benar, maka ketahuilah beberapa jenis makanan yang memiliki resiko kekambuhan yang sangat tinggi. Bukan hanya berbatas pada jenis makanan bergula tinggi saja, beberapa makanan lain pun memiliki resiko yang berbahaya. Karena itulah, mari kita kenali beberapa jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi penderita diabetes.

  • Kentang goreng. Bukan berbatas pada makanan manis saja, kentang goreng pun berpotensi tinggi menyebabkann kenaikan berat badan dan gula darah. Karenanya, hindari pengkonsumsian kentang goreng, kripik goreng, atau sejenisnya.
  • Pancake. orang-orang menganggap pancake sebagai menu sarapan yang paling ideal. Namun, tidak bagi penderita diabetes. Pancake dengan kandungan gula yang tinggi ditambah sirup, telur, mentega, dapat menyebabkan lemak jenuh yang tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. Jika pun ingin, kandungan pancake nya haruslah ideal.
  • Kismis. Camilan segar ini banyak sekali disukai, namun bagi penderita diabetes kismis harus dibatasi. Gula alami yang terkandung dalam kismis tidak baik dikonsumsi penderita diabetes.
  • Jus buah. Meski menawarkan manfaat gizi yang banyak, hampir semua buah mengandung kadar gula yang banyak, karenanya penderita diabetes sangat sensitif mengkonsumsi jus buah atau buah olahan, belum lagi jika di beli di tukangnya, tambahan gula pasir dan sirup memperparah kandungan jus tersebut.
  • Kue pretzel. kue ini mengandung tepung terigu, ragi, garam, gula, sirup dan dimasak dengan cara digoreng yang tentunya kandungan ini sangat tidak ideal bagi penderita diabetes. Pilihlah kue dengan kadar lemak rendah, anda bisa membuatnya sendiri.
  • Permen. Meski termasuk makanan ringan, pengkonsumsian permen yang berlebih dapat berdampak buruk juga bagi penderita diabetes karena kandungan gula di dalamnya.
  • Kue kering. Jenis kue ini mengandung gula, sodium, tepung putih juga pengawet yang sangat berbahaya bukan hanya diperuntukan bagi penderita diabetes saja. Kue kering mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi.
  • Daging babi asap. Daging babi mengandung kadar lemak yang sangat tinggi, belum lagi tambahan mentega dan minyak dalam olahan, ini semakin memperparah komposisi. Karenanya, penderita diabetes wajib menghindari makanan ini.
  • Susu. Minuman pelengkap ini ternyata tidak berlaku bagi penderita diabetes. Namun, anda bisa mengkonsumsi olahan susu yang lain misalnya yogurt, krim atau olahan susu lainnya yang rendah lemak.
  • Roti putih. Jenis olahan apapun yang berbahan dasar tepung putih mengandung kadar gula yang cukup tinggi, belum lagi tambahan gula yang menganggu kadar glukosa di dalam tubuh. Belum lagi roti ditambah dengan mentega, selai atau tambahan manis lainnya, ini benar-benar pilihan yang buruk bagi penderita diabetes.

Makanan penyebab diabetes yang paling utama adalah ”makanan manis” karena itulah orang dengan penyakit diabetes wajib membatasi asupan makanan manis ke dalam tubuhnya. Makanan manis tidak melulu dikaitkan dengan makanan bergula tinggi seperti donat dan berbagai jenis kueh saja, namun jenis makanan apapun yang diolah sehingga kadar gula dan kolesterolnya tinggi.

10 makanan diatas hanyalah sekilas contoh saja, selebihnya, anda bisa menilai sendiri komposisi mana yang baik demi mempertahankan hidup. Penderita diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Kemungkinan sembuh total sangat kecil sekali. Namun, bukan berarti usaha penyembuhan tidak dilakukan, penderita diabetes masih bisa melakukan usaha mempertahankan hidup dengan mengontrol asupan makanan dengan disiplin.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *