13 Penyakit berbahaya akibat merokok!

Amerika Cancer Society mengadakan program tahunan yang dikenal sebagai Great American Smokeout, yaitu berhenti merokok pada hari kamis minggu ke3 bulan november, acara ini bertujuan untuk menyadarkan perokok aktif bahwa dalam satu hari saja tanpa menghisap rokok merupakan langkah pertama untuk menjadi sehat. Panitia bahkan berharap untuk berhenti merokok selamanya demi menjaga tubuh agar tetap sehat. Program ini masih saja dihiraukan bahkan 42 juta penduduk Amerika masih terus merokok.

Program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk berhenti mengkonsumsi rokok, namun tampaknya rokok tidak dapat dipisahkan dengan pecandu nya, program apa pun tidak dapat menyadarkan mereka, sehingga masih banyak saja yang mengkonsumsi nya.

Banyak yang sudah mengetahui bahaya merokok, bahkan di dalam kemasan nya sudah tertulis jelas akibat yang timbul dari merokok, namun hal itu tidak dapat sedikit pun menyadarkan mereka, bahkan sering mereka hiraukan.

Rokok dapat membahayakan hampir setiap organ di dalam tubuh, dimulai dari mata, jantung, paru-paru, lambung, kerongkongan dan organ lainnya, berikut berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat merokok.

Penyakit berbahaya akibat merokok

kanker kerongkongan

Bahan rokok seperti nikotin, tar, dan timbal merupakan campuran bahan industri yang tidak layak terkandung di dalam rokok, jika zat ini terus dihisap dan masuk ke dalam aliran tubuh ini akan membahayakan DNA dari sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan.

Baca juga : 13 Zat kimia di dalam rokok yang mematikan!

Penyakit Jantung

Nikotin dalam rokok mengurangi jumlah oksigen jantung dan meningkatkan denyut jantung. Selain itu zat karbon monoksida yang terkandung dalam nikotin rokok dapat mengikis persediaan oksigen menuju pembuluh darah jantung, yang mengakibatkan jantung kesulitan memompa darah dengan normal. Jika darah yang dipompa tersendat sendat dan berjumlah sangat sedikit maka akan memicu terjadinya serangan jantung.

Kerusakan ginjal

Zat dalam rokok menyebabkan denyut jantung tidak normal dan menghambat sirkulasi pernafasan serta tekanan darah.Hal ini menyebabkan kerusakan sel ginjal sekaligus perubahan DNA.

Bronkitis kronis

Bronkitis Kronis adalah penyakit paru obstruktif kronis yang ditandai dengan batuk berdahak paling sedikit selama tiga bulan berturut-turut setidaknya dalam dua tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh peradangan saluran pernafasan di paru-paru (pipa bronkus) yang mengakibatkan timbulnya peradangan dan produksi lendir yang berlebihan. Gejala yang timbul yaitu rongga hidung menghasilkan lendir terus-menerus hingga menyebabkan luka kesakitan dalam bernafas ketika tidur, gejala seperti ini muncul sekitar 3 bulan. Jika tidak langsung diobati penyakit ini akan membahayakan indera penciuman.

Imponten pada pria

Penyakit ini biasanya menyerang pria yang berusia 30-40 tahun yang aktif merokok, hal ini disebabkan zat di dalam rokok merusak pembuluh darah dan arteri secara perlahan sehingga terjadi penyumbatan aliran darah kepenis. Jika hal ini terus berlanjut akan mengakibatkan ejakulasi dini.

stroke

Merokok menggandakan risiko stroke. Menurut National Stroke Association , merokok menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah dan membuat jantung bekerja lebih keras. Hal ini membuat gumpalan darah terbentuk lebih mudah dan kemudian pembekuan dapat memblokir aliran darah ke otak dan menyebabkan stroke.

Kanker Paru

Menurut American Lung Association merokok secara berlebihan akan mengakibatkan kanker paru-paru. Bukan hanya perokok saja, tetapi orang yang terkena  paparan asap rokok memiliki resiko 20-30% terkena kanker paru-paru. Penyakit ini menyebabkan 7.330 kematian per tahun.

Diabetes Tipe 2

The CDC mengatakan bahwa merokok dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Perokok memiliki peningkatan risiko 30-40% untuk mengembangkannya. Orang yang menderita diabetes dan masih terus mengkonsumsi rokok memiliki kesulitan untuk menyembuhkan. Bahkan dapat memungkinkan datangnya penyakit lain seperti jantung, maag, infeksi dan amputasi.

Penyakit alzheimer

Zat di dalam rokok dapat merusak bagian jaringan otak yang menyebabakan penurunan daya ingat, hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami kerusakan dan peradangan sehingga jumlah sel otak berkurang.

Kanker payudara

Rokok memiliki banyak zat yang berbahaya salah satunya yaitu zat karsinogen yang ada pada nikotin, zat ini mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik yang dapat meningkatkan proliferasi sel tumor dan jumlah sel epitel payudara yang normal justru berubah menjadi sel kanker.

Kanker mulut

zat karsinogen menyebabkan perubahan pada pertumbuhan sel dalam rongga mulut yang mempercepat sel melanosit pada jaringan mulut berkembang menjadi sel yang bermutasi menjadi sel kanker. Zat ini dapat mengiritasi rongga mulut seperti bibir, langit langit mulut, dinding mulut dan menjalar ke kelenjar getah bening sehingga memicu datangnya penyakit kanker mulut.

Katarak

Zat di dalam rokok seperti nikotin, tar, karbon monoksida, acetal, methyl chloride, pyridine dan zat lain dapat merusak sel-sel protein dan mengendap di lapisan mata sehingga menyebabkan pandangan kabur dan tidak jelas serta kesulitan dalam menangkap cahaya.

Asma

Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang membuat udara kesulitan masuk dan keluar dari paru-paru. Karena asap rokok mengiritasi saluran udara, hal ini dapat memicu serangan asma secara tiba-tiba.

Anda menginginkan paru-paru yang sehat? gunakan Clear Lung Tea. Membersihkan dan menyehatkan paru-paru Anda. Cocok untuk perokok aktif maupun perokok pasif. Harga murah, sehat, aturan pakai yang mudah, dan boleh dikonsumsi oleh setiap kalangan.

Lihat Clear Lung Tea

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *