13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan,-

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Seperti yang telah kita ketahui merokok dapat merusak kesehatan bahkan mengakibatkan kasus kematian, perokok aktif biasanya berada di kalangan dewasa, namun belakangan ini rokok sudah tidak asing lagi bagi anak remaja bahkan anak-anak. Zat yang terkandung di dalamnya membuat perokok merasa kecanduan dan sulit untuk menghentikannya, hal ini yang membuat rokok sulit untuk dihindari. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Akibat terus-menerus menghisap rokok maka zat kimia yang ada di dalamnya terserap oleh organ di dalam tubuh, dari disinilah berbagai penyakit muncul. Di dalam sebatang rokok terkandung 3000 lebih zat kimia yang berbahaya yang tanpa disadari terus dihisap oleh perokok, di dalam satu hari mereka menghabiskan rokok sebanyak 6-10 batang, bayangkan saja berapa ribu zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh setiap hari nya.

Bukan hanya perokok aktif saja yang dirugikan, tetapi orang-orang yang berada di sekitar pun memiliki resiko yang sama, asap yang keluar bisa terhirup oleh orang lain, hal ini terjadi di tempat-tempat umum seperti halte bis, jalan raya dan tempat umum lainnya, resiko yang diakibatkan dari rokok merugikan banyak pihak. Bahkan tidak sedikit kasus kematian yang sudah terjadi akibat mengkonsumsi rokok.

Apa yang terkandung di dalam rokok? zat apa yang membuat rokok menimbulkan berbagai penyakit? Mengapa menghisap rokok bisa menimbulkan kematian? pertanyaan seperti ini banyak sekali di pertanyakan, wawasan yang kurang menjadi penghambat seseorang untuk mengetahui banyak hal, kasus seperti ini juga yang membuat perokok aktif tidak mengetahui kandungan berbahaya yang ada di dalamnya, berikut zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

 

Nikotin

Nikotin merupakan senyawa kimia organik yang dihasilkan secara alami dari berbagai macam tumbuhan seperti tembakau. tembakau yang diambil berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun, zat ini merupakan racun saraf yang potensial dan biasa digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida.

Rokok mengandung nikotin yang sangat tinggi. Tentu saja jika zat ini terkandung di dalam rokok dan terus dihisap akan mengakibatkan kerusakan organ di dalam tubuh dan memicu datangnya penyakit seperti kanker. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Benzene

Benzene biasanya digunakan sebagai bahan pelarut industri dalam produksi plastik, minyak,karet sintesis, dan pewarna, juga terkandung dalam campuran bensin. Jika zat ini terkandung di dalam rokok tentunya akan mebahayakan tubuh, kandungan karsinogen di dalam benzene dapat mengakibatkan kanker darah jika terus dikonsumsi. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Arsenik

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Arsenik adalah salah satu kandungan rokok yang paling berbahaya, tembakau rokok mengandung racun arsenik. Semakin sering seseorang menghisap zat ini semakin banyak yang terserap tubuh, arsenik dapat memicu kanker dan merusak kerja jantung dan pembuluh darah, selain itu arsenik dapat menyebabkan kerusakan DNA. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

 Formaldehida

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Formaldehida merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan mayat. Formaldehida dapat menyebabkan kanker, penyakit pada kulit, dan penyakit yang berhubungan dengan perut. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

 Aseton

Aseton merupakan bahan kimia yang terdapat pada penghilang cat kuku. Zat ini sangat berbahaya jika terkandung dalam rokok, jika aseton masuk dan terhirup kedalam paru-paru itu akan berdampak buruk. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Karbon Monoksida

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Asap yang keluar dari batang rokok merupakan karbon monoksida, yaitu gas beracun yang bisa menempel pada sel darah merah serta mengganggu pengangkutan oksigen dalam darah sehingga menimbulkan kerusakan pada paru-paru.

Naftalena

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Naftalena adalah bahan kapur barus yang berfungsi untuk mengusir serangga ataupun tikus dari pakaian. rokok  mengandung bahan berbahaya ini. Jika kita menghisapnya lewat mulut ini akan membahayakan tubuh dan organ di dalamnya.

Hidrogen Sianida

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Sianida merupakan racun yang bereaksi lebih cepat diantara yang lainnya, jika zat ini dicampurkan dengan hidrogen akan membuat rusak silia di saluran bronkial serta di paru-paru. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

 Timbal

Sama seperti benzene, timbal mengandung zat karsinogen yang berbahaya untuk tubuh. Kenaikan kadar timbal di dalam darah bisa mengakibatkan keracunan bahkan kematian.

Kumarin

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Kumarin merupakan zat adiktif yang dilarang oleh standar dunia, tetapi bahan ini masih ditemukan di dalam rokok. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Tar

  1. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Tar memiliki sifat karsinogenik dan timbul ketika rokok dibakar, tar menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, impotensi, penyakit jantung, penyakit darah, bronkitis kronik, enfisema serta gangguan kemahilan dan janin.

Kadmium

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Kadmium merupakan salah satu bahan logam untuk membuat baterai. Jika zat ini terkandung dalam rokok dan terhisap ke dalam tubuh zat ini akan mengendap di ginjal, sehingga mengakibatkan kerusakan ginjal. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Amonia

13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Amonia merupakan zat yang terkandung dalam pembersih toilet, aroma yang ditimbulkan dari rokok menyebabkan pusing namun membuat rasa ketagihan sehingga membuat perokok kecanduan. 13 Zat Kimia Di Dalam Rokok Yang Mematikan!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *