3 jenis bentuk tubuh dan pengaruhnya pada penurunan berat badan

Normalnya lemak dalam tubuh perempuan berkisar antara 14% sampai 30% sedangkan untuk pria 6% sampai 25%. Perempuan memiliki lebih banyak lemak dibanding pria, untuk itu kasus diet cenderung lebih di alami kaum perempuan.Setiap orang memiliki fase yang berbeda saat melakukan diet, ada yang membutuhkan waktu lama ada juga yang dengan mudah menurunkan berat badan dalam kurun beberapa hari saja.

Jenis bentuk tubuh seseorang ternyata dapat mempengaruhi proses penurunan berat badan.Pada dasarnya diet bertujuan untuk menghilangkan lemak di tubuh. Akhirnya mereka terus terpaku pada kegiatan diet yang kurang sehat, sebagian orang malah membuat tubuh mereka kehilangan lemak terlalu banyak, hingga badan terlalu kecil dan sulit untuk bertambah lagi.

Bukannya badan ideal yang mereka dapatkan tapi badan yang keriput. Mengapa hal ini bisa terjadi? seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis bentuk tubuh seseorang sangat berpengaruh saat proses diet, jadi sebelum anda melakukan proses diet ada baiknya untuk mengidentifikasi terlebih dahulu jenis bentuk tubuh anda.

3 Jenis bentuk tubuh secara umum

Ectomorph

Ectomorph merupakan jenis bentuk tubuh yang kurus dan memiliki otot yang kecil,  mereka cenderung lebih sulit menaikkan berat badan. Untuk membentuk tubuh yang ideal ectomorph harus meningkatkan latihan fisik seperti angkat beban dan asupan gizi yang penuh.

Tipe badan ini memiliki metabolisme yang tinggi sehingga mudah untuk membakar makanan yang masuk ke dalam tubuh meskipun dengan porsi yang banyak, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh. Dengan kata lain, meski mengkonsumsi banyak makanan jenis tubuh ectomorph tidak memiliki pertambahan berat badan yang tinggi dibanding tipe lainnya.

Mesomorphs

Mesomorphs memiliki tubuh yang padat dengan otot yang kekar. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot yang optimal. Mesomorphs menjadi tipe bentuk tubuh idaman karena tubuh terlihat ideal bagi wanita maupun pria. Mesomorphs dapat menurunkan dan menambah berat badan dengan mudah, mampu membangun otot dengan cepat, dan biasanya membanggakan postur tegak.

Ciri-ciri orang mesomorphs yaitu berbahu lebar, tubuh terlihat gagah berbentuk V-shape, dan porsi makan sedang. Biasanya orang dengan jenis tubuh ini memiliki kelebihan pada bidang olahraga. Tubuhnya yang gagah dan berotot mampu menunjang karirnya sebagai seorang atletis. Untuk menjaga postur tubuh mesomorph imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Endomorph

Sebaliknya dari ectomorph, endomorph mempunyai kelebihan dalam menyimpan lemak dan cenderung lebih mudah gemuk, bentuk tubuh melengkung bulat. Endomorph lebih kesulitan dalam menurunkan berat badan. Namun ini bukan berarti anda di takdirkan untuk memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, sebagai seorang endomorph justru anda harus menyadari untuk melakukan hal-hal yang membuat tubuh terhindar dari bobot tubuh yang berlebih.

Penting untuk dilihat : Tips sukses diet makananan bagi endomorph

Seperti olahraga yang rutin, makan yang cukup. endomorph memiliki sistem metabolisme yang lamban, untuk itu anda harus cerdik dalam memilih makanan, konsumsi makanan yang dapat memperlancar sistem metabolisme anda. Lakukan latihan fisik seperti angkat beban atau olahraga yang lainnya, dengan begitu lemak tidak akan tertahan di dalam tubuh, memilki tipe jenis badan ini bukan berarti anda tidak mengkonsumsi apapun karena takut gemuk, justru anda harus rutin makan tapi dengan porsi yang sedang. Sangat dianjurkan agar dibantu dengan konsumsi Slimming Capsule setiap hari.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *