5 Jenis ikan yang boleh di konsumsi ibu hamil

Perawatan ibu hamil dan orang biasa memang memiliki perbandingan yang sangat jauh. Kita mungkin sempat berfikir, mengapa pola hidup ibu hamil begitu ribet dan penuh aturan? Karena kehidupan yang dipertaruhkan adalah dua nyawa sekaligus. Ketika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak sehat maka keduanya mengalami gangguan yang serupa. Maksudnya, ketika si ibu memakan makanan yang mengandung racun maka bayi yang di kandungnya pun mengalami keracunan yang dialami si ibu.

Karena itulah, banyak sekali peraturan dan larangan yang harus dipatuhi ibu hamil demi menjaga kesehatan dirinya dan bayi yang di kandung. Meski memang, tidak sedikit yang merasa jenuh dengan berbagai peraturan ini. Namun, jika peraturan ini tidak dilakukan maka ancaman kesehatan sangat tinggi sekali. Bisa kita buktikan, berapa banyak kelahiran bayi yang tidak normal? berapa banyak bayi yang mengidap penyakit berat semenjak dilahirkan? Tidak terhitung, dan sebagian besar hal ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat ketika hamil.

Pola hidup seperti apa yang harus di lakukan ketika hamil?

Meski sudah diingatkan berulang kali, faktanya masih banyak saja kesalahan yang sering terjadi. Salah satunya adalah dalam hal pola hidup yang dijalani. Sepanjang yang kita tahu, pola hidup sehat selalu dikaitkan dengan makanan. Yap, makanan yang masuk ke dalam tubuh memang sangat penting dan mempengaruhi kesehatan tubuh keduanya. Seperti apa makanan sehat itu? Makanan yang mengandung protein, mineral, gizi dan karbohidrat? Ternyata tidak.

Syarat makanan sehat yang harus dikonsumsi tidak hanya mengandalkan komponen gizi seperti protein dan karbohidrat saja. Selain itu, kita juga harus memperhatikan jenis makanan yang di konsumsi, asal-muasalnya dan juga kandungan tidak sehat yang mungkin tercampur di dalamnya. Salah satu contohnya ikan, kandungan gizi di dalamnya sangat banyak sekali. Apa ikan sehat? apa ikan ideal bagi ibu hamil? Secara kasat mata mungkin terlihat seperti itu namun belum tentu. Meski kaya protein dan gizi yang cukup, beberapa ancamanĀ  berbahaya bisa saja terjadi.

Salah satunya ikan yang mengandung merkuri. Bukan hanya berbahaya bagi ibu hamil saja, kandungan merkuri dapat merusak organ tubuh dengan cepat apalagi yang sedang hamil. Kandungan merkuri di dalam ikan dapat mengancam kehidupan keduanya. Namun hal ini sudah sering sekali di perdebatkan. Banyak yang beranggapan jika kandungan merkuri di dalam ikan tidak berbahaya, begitupun sebaliknya. Lalu mana yang paling benar?

Secara logika, kita mungkin berfikir berapa banyak sih kandungan merkuri di dalam ikan? Sekecilnya pun mungkin sudah terkubur oleh banyak kandungan gizi di dalamnya, namun perlu kita ketahui, jika kadar merkuri yang terkandung terlalu tinggi maka efeknya sangat berbahaya bagi tubuh. Apalagi, ikan laut yang di konsumsi sudah sangat tercemar, maka ancaman yang akan diterima pun memiliki resiko yang lebih besar lagi. Apakah ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi ikan? Protein dalam ikan juga sangat di perlukan ibu dan janin. Lalu, bagaimana solusinya?

Pilihlah jenis ikan yang aman di konsumsi

Meski kandungan merkuri telah menyebar luas di seluruh lautan, perlu kita ketahui jika jenis ikan bisa mempengaruhi kandungan merkuri yang ada di dalamnya. Beberapa jenis ikan mengandung merkuri yang tinggi, sedangkan sebagiannya lagi tidak. Lalu jenis ikan apa saja yang aman di konsumsi ibu hamil?

Lembaga Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan US Environmental Protection Agency (EPA) mengeluarkan panduan akhir mengenai konsumsi ikan yang ditujukan pada ibu hamil dan menyusui serta orangtua yang punya anak kecil. Badan-badan pemerintah AS itu terus merekomendasikan masyarakat untuk makan dua hingga tiga sajian ikan rendah merkuri per minggu. Setelah melakukan penelitian yang akurat, berikut beberapa jenis ikan yang rendah merkuri dan aman dikonsumsi ibu hamilĀ  yakni

  • Ikan mas. Penelitian menunjukan jika ikan mas bebas merkuri, fakta ini bisa kita akui sebab, ikan mas tidak bisa hidup di perairan yang kotor atau tercemar, jadi ikan mas sangat di rekomendasikan bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi ikan. Sama seperti yang lainnya, ikan mas mengandung zat penting seperti protein, lemak baik, kalsium, fosfor, protein, dan beberapa jenis vitamin.
  • Ikan sarden. Kita mungkin sudah akrab dengan ikan sarden yang di kemas dalam kaleng. Nah, ikan jenis ini sangat rendah merkuri dan aman dikonsumsi apalagi ikan sarden mengandung protein yang sangat tinggi. Pilihlah jenis ikan sarden kalengan yang rendah sodium.
  • Ikan salmon. ikan termasuk ikan laut yang mengandung merkuri rendah yang aman di konsumsi ibu hamil. Ikan ini mengandung lemak Omega 3, DHA, dan EPA. Kandungan tsb dapat mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan penglihatan janin.
  • Ikan teri. Sama seperti sarden, ikan teri juga rendah merkuri, selain itu ikan kecil ini kaya akan kalsium yang mampu menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kandungan lainnya yakni protein, fosfor, zat besi, beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya.
  • Ikan lele. ikan ini kaya akan fosfor dan kalium, fosfor merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin. Sedangkan kalium dapat membantu jantung dan pembuluh darah.

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan yang aman di konsumsi ibu hamil, kita juga wajib mengetahui beberapa jenis ikan yang berbahaya dan mengandung merkuri tinggi. Mengapa kita wajib menghindari kandungan merkuri? secara singkatnya, kandugan merkuri dapat merusak otak janin dan sistem saraf.

Tentunya, bukan hanya berlaku bagi mereka yang sedang hamil saja, tapi untuk semua konsumen. Berikut beberapa jenis ikan bermerkuri tinggi. Ikan tilefish, hiu, ikan todak (swordfish), orange roughy, tuna, dan marlin. Saran yang direkomendasikan, ibu hamil harus makan ikan sebanyak dua sampai tiga porsi ikan rendah merkuri per minggu (setara 226,7 gram sampai 340 gram).

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *