5 Jenis kanker paling mematikan yang pernah ada

Kanker merupakan penyakit nomor satu yang paling mendunia. Bagaimana tidak penyakit ini dengan seketika menyerang tubuh dengan perambatan yang begitu cepat. Mengapa kanker dikategorikan penyakit mematikan? kanker merupakan penyakit kelainan pada siklus sel khas yang menyebabkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal) yang menyerang jaringan biologis di dekatnya dan berpindah ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik.

Misalnya pertumbuhan sel yang tidak normal ini terjadi di sekitar hati maka organ pertama yang menerima dampak buruknya adalah hati. Apa pertumbuhan ini bisa merambat ke bagian lain? Itulah mengapa penderita kanker tidak lepas dari obat-obatan, tidak lain tujuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker lebih luas lagi.

Mengapa penyakit kanker sulit di sembuhkan?Karena belum ada pengobatan paling mujarab untuk menyembuhkannya. Medis hingga saat ini belum menemukan obat yang bisa menyembuhkan kanker secara total, selama ini penderita hanya mengkonsumsi obat-obatan penunjang hidup saja yang jika sewaktu-waktu pengkonsumsian dihentikan, atau setidaknya telat pengkonsumsian maka akibatnya akan sangat fatal. Jika taraf jenis kanker yang diidap sudah berada pada titik keparahan yang tinggi mungkin akan sulit sekali untuk disembuhkan.

Penting untuk dilihat

Herbal untuk mengobati semua jenis kanker

Apa yang menyebabkan kanker menginfeksi tubuh?

 Mungkin sebagian orang bertanya-tanya ”bagaimana kanker menggerogoti tubuh begitu cepat, bagaimana ini bisa terjadi?” Pertumbuhan sel tumor sebenarnya berasal dari sel-sel tubuh yang normal (fibroblasts) membuat sel kanker bertahan lalu menghasilkan stroma (jaringan penghubung) yang membungkus sel tumor. Setelah menjadi benih sel tumor maka berkembangkan stromal ini dan semakin meningkat dan mengegoroti tubuh, inilah mengapa pasien pengidap kanker memiliki tubuh yang sangat kurus.

Lalu darimana berasalnya sel kanker tersebut? Sel kanker bisa berasal dari sinar UV, sinar X dan bahan-bahan kimia penyebab kanker seperti Benzopyrene, yakni zat berbahaya yang berasal dari adanya pembakaran. Zat ini bisa kita temukan dalam produk-produk pengasapan atau makanan yang dimasak dengan api.

Benzopyrene zat tertentu yang mengikat DNA sehingga terjadi perubahan struktrur DNA. Salah satu contohnya asap rokok, semakin lama seseorang mengkonsumsi rokok maka semakin kuat pula zat penyebab kanker yang dihidap oleh si pecandu. Selama ini mungkin kita hanya meyakini bahwa penyebab kanker adalah rokok saja, padahal tidak, faktor lain yang juga dapat menyebabkannya adalah alkohol, kurangnya konsumsi buah dan sayuran, dan jarang berolahraga.

Apa saja jenis kanker yang paling berbahaya?

Banyak sekali jenis kanker yang mewabah di dunia dan beberapa diantaranya sangat berbahaya. Bukan sekedar berbahaya bahkan beberapa diantaranya termasuk penyakit mematikan menurut riset dunia. Apa saja jenis kanker yang tergolong paling mematikan?

Kanker kelenjar Getah Bening

Kanker ini terjadi akibat infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Beberapa contoh infeksi yang menyebabkannya yakni demam kelenjar, pilek, infeksi tenggorokan, radang amandel, infeksi gigi, infeksi telinga dan infeksi kulit (selulitis). Kelenjar getah bening yang bengkak akibat infeksi tersebut biasanya disertai rasa sakit juga disertai gejala demam, batuk dan nyeri tenggorokan, selanjutnya pembengkakan ini tidak kunjung mengempis hingga beberapa minggu bahkan membesar secara perlahan lalu kelenjar menjadi keras saat disentuh tetapi tidak menimbulkan sakit. Jenis kanker yang ditimbulkan yakni leukemia limfositik kronis dan limfoma non-hodgkin, keduanya menyerang sel darah putih. Sel kanker ini juga bisa berasal dari  bersebarannya sel kanker dari organ lain yang menginfeksi kelenjar getah bening.

Kanker Otak

Seperti yang kita tahu otak merupakan organ inti yang mengatur seluruh kinerja organ lainnya di dalam tubuh, jika otak mengalami gangguan hal ini tentunya akan mengacaukan kerja organ yang lain sehingga membuat anda kesulitan mengendalikan tubuh dengan baik.

Gejala yang ditimbulkan cenderung mengarah ke semua organ seperti kemampuan motorik, berbicara, penglihatan, dan pola pikir pada manusia. Penyebabnya yakni terjadinya benturan yang sangat keras di bagian kepalam pola hidup yang tidak sehat, radiasi dan juga faktor genetik. Untuk penyembuhannya bisa dengan melakukan radioteraphy, kemoteraphy atau mengkombinasikan keduanya. Pengobatan harus segera dilakukan takut-takutnya dapat menyebabkan kerusakan.

Kanker darah

Kita mungkin sempat berasumsi bahwa kanker hanya menyerang organ-organ saja, seperti paru-paru, hati dan lainnya. Nyatanya tidak, darah pun bisa menjadi tempat perkembangan yang kanker yang ideal. Sel-sel tersebut akan membentuk sel darah dalam dalam sumsum tulang yang kemudian sumsum tulang tersebut akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal sehingga pasokan sel darah putih menjadi tidak normal.

Jika pasokan sel darah putih menjadi abnormal maka kinerja tubuh pun menjadi tidak normal sehingga menyebabkan penumpukan di dalam sumsum tulang yang malah membuat sel-sel darah sehat menjadi berkurang. Gejala yang ditimbulkan yakni anemia, badan lemah, pembengkakan hati dan limfa, pembesaran kelenjar getah bening bahkan terjadi pendarahan.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru bukan lagi penyakit yang baru bagi kita karena sudah banyak sekali kasus yang terjadi. Resiko kanker paru-paru lebih tinggi disebabkan oleh kebiasaan merokok. Entah itu datang dari kaum pria maupun wanita, jika dia seorang perokok aktif kemungkinan terserang penyakit ini sangat besar sekali, bahkan perokok pasif pun memiliki resiko yang sama. Selain dilarang mengkonsumsi kita juga harus menghindari orang yang sedang merokok agar tidak terhisap asapnya. Jika asap rokok terhirup oleh tubuh maka kandungan zat berbahayanya bisa mengendap di paru-paru yang memicu terinfeksinya kanker yang mematikan.

Kanker Pankreas

Seperti yang kita tahu, setiap penyakit memiliki gejala tertentu untuk memberi isyarat jika tubuh tengah terinfeksi suatu penyakit. Berbeda dengan kanker prankeas, kanker ini sering dijuluki silent killer karena termasuk penyakit yang sulit sekali di deteksi gejalanya sehingga dengan tiba-tiba tubuh telah terdeteksi penyakit ini. Apa itu pankreas? yakni kelenjar endoktrin yang bertugas untuk memproduksi hormon insulin, glukagon, dan somatostatin. Faktor yang menyebabkannya yakni obesitas, alkohol, daging merah yang tidak diimbangi buah dan sayuran.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *