6 Khasiat daun singkong yang jarang diketahui

Siapa yang tidak mengenal singkong? Singkong termasuk kekayaan indonesia yang memiliki manfaat yang banyak, salah satunya dimanfaatkan sebagai alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi, dengan mengkonsumsi buah singkong saja sudah memenuhi asupan karbohidrat bagi tubuh.

Selain sebagai sumber karbohidrat singkong memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah singkong bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti kripik, getuk, kolak dan berbagai jenis makanan lainnya.

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, ternyata daun singkong memiliki banyak khasiat yang tidak semua orang tau. Sebagian orang mungkin hanya mengenal daun singkong sebagai lalaban pelengkap nasi saja tanpa mengetahui khasiat di dalamnya, sama halnya dengan buah singkong, daunnya pun memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A , vitamin B 17 , dan vitamin C  juga mengandung kalsium fosfor , protein , lemak , zat besi dan karbohidrat. Menyenangkan bukan? selain menikmati lalaban daun singkong yang segar kita memperoleh manfaatnya dengan memenuhi gizi baik ke dalam tubuh.

Baca juga : Cara mengobati mata perih dengan daun singkong

Apa saja manfaat daun singkong?

  • Mengobati stroke

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh para ahli, daun singkong mengandung zat isollavon yang mampu menyembuhkan stroke.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun singkong kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mengimbanginya lakukan juga olahraga yang rutin untuk mempertahankan kondisi tubuh yang sehat.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terkandung di dalam daun singkong sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata, akan tetapi jangan terlalu terpaku mengkonsumsi daun singkong dan mengabaikan asupan lainnya, tambahkan juga lauk pauk sebagai tambahannya.

  • Mencegah osteoporosis

Daun singkong dipercaya mampu mencegah osteoporosis karena kandungan fosfor dan kalsium yang terkandung di dalamnya, dua zat ini sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang.

  • Menyembuhkan luka

Penyembuhan luka bukan hanya diobati dibagian luka luarnya saja, tetapi di bagian dalamnya pula. salah satu obat yang berkhasiat menyembuhkan luka dalam yakni daun singkong. Kandungan serat dan zat besi di dalamnya mampu menyembuhkan luka dengan efektif secara total.

  • Mencegah penuaan dini

Kulit termasuk aset penting yang mampu menunjang penampialan terlebih kulit wajah, terlebih ketika usia mulai bertambah, kulit akan semakin berubah, bahkan banyak sekali orang yang masih berusia muda tetapi memiliki tanda-tanda penuaan seperi plek hitam, kerutan di wajah yang membuat kepercayaan diri merosot. Maka tak sedikit dari mereka yang merawatnya dengan berbagai cara seperti operasi atau suntik botox. Padahal dengan mengkonsumsi daun singkong dengan rutin sudah membuat kulit sehat tanpa efek samping.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *