7 cara meningkatkan nafsu makan menurut ahli gizi

Makanan merupakan asupan penting yang wajib terpenuhi demi menjaga kelangsungan hidup. Dengan kata lain, makanan harus menjadi prioritas utama yang harus kita perhatikan, kurangnya asupan makanan yang cukup dapat menimbulkan banyak dampak buruk yang nantinya akan beresiko pada kualitas kesehatan tubuh anda. Memang apa sih fungsi makanan itu? Makanan berfungsi untuk memberi energi, menambah stamina dan gizi, membantu fungsi organ untuk berjalan baik, dan masih banyak lagi.

Bayangkan, jika anda tidak makan, apa yang akan terjadi? tubuh akan mudah lelah, kehilangan fungsi organ, sistem pencernaan menjadi buruk, antibodi melemah sehingga serangan penyakit datang dengan mudah menginfeksi tubuh, anda akan rentan sekali terkena berbagai serangan penyakit. Mengapa tubuh masih rentan terkena penyakit padahal sudah banyak mengkonsumsi makanan? Kualitas kesehatan tidak hanya bergantung pada porsi makanannya saja, tetapi jenis makannya pula.

Memang seperti apa jenis makanan sehat yang seharusnya? Makanan sehat harus mengacu pada kandungan gizi yang baik seperti protein, vitamin, mineral, lemak, dan karbohidrat. Dan makanan jenis inilah yang sering ditinggalkan, orang lebih senang mengkonsumsi makanan instan yang sekarang ini banyak kita temui.

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini banyak sekali jenis jajanan yang dianggap lebih enak dan mengenyangkan untuk menjadi pengganti nasi. Padahal, makanan tersebut belum tentu menyehatkan atau seimbang dengan kandungan nasi. Meski memiliki kandungan gizi yang baik, namun tidak sedikit orang yang malah memusuhi nasi dengan berbagai alasan, salah satunya muncul mood makan yang menurun, yang membuat rangsangan untuk makan menjadi tidak berselera.

Apa penyebab hilangnya mood makan?

Hilangnya nafsu makan disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya bosan dengan jenis makanan yang itu-itu saja. Ini sangat mempengaruhi mood makan anda, bahkan ketika melihat tampilannya yang tidak tertata rapi bisa jadi anda mengurungkan niat untuk makan dan lebih memilih untuk diam tanpa makan.

Jika ini penyebabnya maka solusinya lebih mudah lagi, anda hanya perlu mengganti menu makanan dan membuanya lebih menarik. Mood makan masih saja buruk meski telah di hadapkan pada makanan yang lezat dan menarik?

Jika mood buruk masih saja bertahan, maka penyebab hilangnya nafsu makan bisa menjadi tanda suatu penyakit tertentu. Penyakit yang dapat mempengaruhi mood makan anda adalah, influenza, peradangan, demam, tifus, malaria, dan berbagai jenis penyakit lainnya. Mood makan yang menurun bisa menjadi gejala awal yang jika dibiarkan akan menimbulkan masalah yang besar. Benar, jika bisa jangan menunggu hingga penyakit tersebut meradang dan bertahan lama di dalam tubuh, usahakan untuk segera memperbaiki mood makanmu. Bagaimana caranya?

Sangat direkomendasikan : Zinc Tablet (Adult), menjaga daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan?

  • Menu sarapan sehat

Meski mood makan sedang menurun, usahakan untuk mengambil waktu sarapan terlebih dulu sebelum melakukan aktifitas sehari-hari. Tidak makan sama sekali hanya akan memperburuk keadaan. Jangan ikuti egomu, jika mual cari menu sarapan yang menggugah selera agar sarapanmu menjadi berguna. Salah satu menu sarapan yang di rekomendasikan yakni roti bakar, oatmeal, jus alpukat, yogurt dan pancake.

  • Olahraga

Aktifitas olahraga terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya yakni meningkatkan selera makan anda. Wah benarkah? kebanyakan orang hanya menganggap olahraga itu sebagai cara melangsingkan tubuh saja. Pemikiran ini hanya akan membuat batasan bagi orang-orang untuk melakukan aktifitas olahraga. Perlu kita ketahui jika olahraga juga bisa meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. Nah saat pembakaran kalori terjadi nafsu makan akan meningkat.

  • Jangan terlalu banyak minum air sebelum makan

Minumlah satu sampai dua teguk saja sebelum makan, terlalu banyak minum sebelum makan bisa membuat rangsangan makanmu hilang karena terlalu kenyang oleh air yang masuk. Studi mengungkapkan jika orang-orang yang minum 2-8 ons gelas air sebelum makan akan kehilangan 5 pound dibanding mereka yang tidak melakukannya.

  • Buat tampilan makananmu menarik

Selain rasa, tampilan makanan pun menjadi hal yang harus anda perhatikan. Meskipun memiliki cita rasa yang lezat, namun jika tampilannya acak-acakan dan kurang menarik anda juga akan kehilangan nafsu makan saat melihatnya. Buatlah tampilan makananmu menarik dan rapih, gunakan juga piring berwarna cerah seperti merah, oranye, dan kuning. Menurut penelitian warna tersebut dapat meningkatkan laju pernapasan dan menaikkan tekanan darah sehingga meningkatkan nafsu juga dapat meningkatkan konsentrasi.

  • Konsumsi jenis makanan yang berbeda

Makanan yang itu-itu saja bisa menjadi penyebab utama mood makanmu menjadi buruk. Karena itu gantilah menu makanmu menjadi lebih bervariasi. Misal pagi sayur bayam, siang oseng bayam, sore daun bayam goreng. Meskipun memiliki bahan yang sama, ya setidaknya rasanya berbeda.

  • Suplemen penambah nafsu makan

Sudah melakukan berbagai cara dan hasilnya nihil? maka saatnya anda untuk mengambil langkah lebih jauh. Yakni dengan mengkonsumsi suplemen sehat penambah nafsu makan. Selain praktis, suplemen bisa memberikan efek yang baik bagi tubuh. Tapi, jangan asal-asalan memilih produk. Pilihlah suplemen yang mengandung vitamin B atau zinc. Vitamin B memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan begitupun kandungan zinc yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *