9 Penyebab seseorang memiliki kekebalan tubuh yang lemah

Saat musim hujan datang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat tidak akan terpengaruh oleh cuaca dan tetap baik-baik saja, berbeda dengan mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah, mereka cenderung lebih mudah sakit, rentan terkena penyakit. Mengapa demikian?

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu menghentikan infeksi patogen dari luar yang akan merusak sel tubuh, sedangkan seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah tidak mampu melakukannya. Apa yang membuat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah?

Bertambahnya usia dan gaya hidup yang buruk menjadi alasan utama mereka memiliki kekebalan tubuh yang rendah, maka ketika tubuh diserang berbagai ancaman virus dan bakteri yang masuk, sistem kekebalan tubuh yang rendah tidak mampu melakukan tugasnya untuk melindungi tubuh. Dengan begitu, penyakit dengan mudah menyerang tubuh kapan saja.

Apa saja faktor yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang?

Ketika teman-teman yang lain asyik bermain saat hujan turun, anda mungkin hanya bisa melihat teman-teman dari kejauhan tanpa ikut bermain karena orang tua tidak menginjinkan. Namun orangtua melakukan larangan itu bukan tanpa alasan, salah satu alasannya karena anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Sistem kekebalan tubuh yang rendah memang tidak bisa diukur dari fisik seseorang, mereka akan terlihat baik baik saja seperti yang lainnya, namun saat ancaman datang sistem kekebalan yang rendah tidak mampu melindungi tubuh dengan baik. Faktor yang mempengaruhinya bisa disebabkan dari faktor internal dan eksternal. Seseorang mungkin telah terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, biasanya seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dari lahir sulit untuk disembuhkan. Sedangkan sebagian lainnya disebabkan oleh pola hidup sendiri. Pola seperti apa yang dimaksud?

Suplemen herbal yang sangat di rekomendasikan

Zinc Tablet (Adult), menjaga daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan

  • Kurang olahraga

Olahraga merupakan komponen utama seseorang untuk memiliki tubuh yang sehat, lakukan olahraga minimal seminggu sekali untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, juga untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar terhindar dari ancaman penyakit.

  • Olahraga yang berlebihan

Ternyata olahraga yang berlebihan pun tidak baik untuk kesehatan, olahraga yang berlebihan dapat membakar lebih banyak oksigen di dalam tubuh. Pembakaran yang berlebihan dapat menurunkan sel sistem kekebalan tubuh. Sesuatu yang berlebihan pun tidak baik untuk tubuh.

  • Kebiasaan bergadang

Normalnya pola tidur yang baik dilakukan selama 8 jam. JIka tubuh kekurangan porsi tidur yang cukup maka kekebalan tubuh akan menurun. Untuk itu berhenti melakukan kegiatan tidak penting seperti main gadget atau nonton film sampai larut malam dan kegiatan lain yang akan berdampak buruk bagi tubuh.

  • Sering berpergian

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan anda sering berpergian merupakan tugas yang tidak mungkin anda tinggalkan. Anda akan menghabiskan waktu dengan berpergian kesana kemari yang terkadang memang menyenangkan, namun dengan seringnya kita berpergian, sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih keras lagi untuk melindungi tubuh, hal ini akan membuat sel imun lemah sehingga kuman dan infeksi bisa saja terjadi.

  • Kontaminasi udara

Polusi udara di sekitar pun dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang, selain dapat menganggu kesehatan paru-paru, udara yang terkontaminasi mampu menekan kinerja sel T yang merupakan sistem imun paling penting. Biasanya pekerja lapangan memiliki resiko tinggi terkena polusi udara yang kotor.

  • Pola makan yang tidak sehat

Dalam hal memilih asupan bagi tubuh, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi, hindari makanan junk food, minuman berkafein dan beralkohol. Makanan tersebut dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang.

  • Diet ketat

Diet ketat dilakukan dengan membatasi asupan makanan ke dalam tubuh secara berlebihan, dengan melakukan diet ketat, tubuh akan kekurangan nutrisi yang diperlukan tubuh.

  • Kurang gizi

Kurangnya asupan gizi dapat berdampak buruk bagi daya tahan tubuh, untuk itu perhatikan makanan yang anda konsumsi, pastikan makanan tersebut mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

  • Stress

Stress dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan, seseorang yang sedang mengalami stress cenderung mudah sakit, hal ini disebabkan oleh pengaruh mood yang buruk seperti kurangnya nafsu makan, kurang tidur yang menyebabkan melemahnya produksi antibodi dalam tubuh.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *