Akibat malas menggosok gigi, menimbulkan penyakit 5 berbahaya ini

Kebersihan dan kesehatan merupakan komponen yang harus selalu beriringan, tanpa keduanya atau tanpa salah satunya hidup kita akan terancam. Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah malas gosok gigi, atau hanya menggosok gigi satu kali sehari saja.

Yang benar saja, selama 24 jam atau setidaknya beraktivitas diluar sekitar 9 jam coba hitung berapa banyak makanan yang anda makan? atau berapa banyak kemungkinan kuman yang menempel pada gigi? tidak terhitung. Bahkan jika di kalkulatorkan hasilnya tidak akan muncul.

Mengapa demikian?

Mulut merupakan tempat paling strategis bagi kuman untuk mengembangkan penyakit. Dalam beberapa detik saja mereka bisa memperbanyak diri untuk melakukan tugasnya agar bisa menyerang tubuh dengan sigap. Nah coba bayangkan apakah mungkin dengan satu kali pembersihan mulut akan terbebas dari kuman dan bakteri? Tidak.

Kuman dan bakteri adalah mikroorganisme yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang, mereka bisa menyelip di sela-sela gusi. Jadi satu kali menggosok gigi saja itu tidak cukup.

Yang lebih parah bahkan banyak orang yang sama sekali tidak sempat menggosok giginya dalam sehari. Entah bermaksud mengirit pengeluaran anggaran belanja atau benar-benar tidak niat sama sekali untuk membeli pasta gigi. Alasan yang paling kuat mereka katakan adalah ”terlambat saat bangun dan terlalu lelah saat pulang dan langsung pergi tidur”. Hal ini masih bisa di tolerir dalam rentan waktu 1 hingga 2 hari saja.

Tetapi apa yang terjadi selanjutnya?

Entah berapa banyak peradaban kuman yang bersarang di dalam mulut. Jika kita bisa membayangkan berapa jumlah bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut kita pun tidak bisa membayangkan berapa banyak potensi kuman untuk mengembangkan penyakit. Yang jelas adalah banyak sekali. Bahkan beberapa kasus penyakit mematikan diakibatkan dari kebiasaan buruk ini.

Resiko penyakit yang akan timbul akibat malas gosok gigi

Pneumonia

Kuman dan bakteri yang telah di produksi di dalam mulut akan mengalir melalui pembuluh darah. Nah kuman itu akan berhenti dimana dia merasa nyaman seperti di hati, atau paru-paru yang menjadi tempat ideal mereka untuk tinggal. Jika kuman ini bersarang di dalam paru-paru maka akan memungkinkan terjadi pneumonia atau radang paru-paru.

Stroke

Seperti yang sudah saya jealaskan sebelumnya jika kuman dan bakteri akan ikut mengalir bersama pembuluh darah sehingga memungkinkan darah mengalami penyumbatan dan aliran darah menuju otak menjadi terganggu. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan akan memicu serangan stroke.

Jantung

apa hubungannya jarang menggosok gigi dengan penyakit mematikan satu ini? jelas tidak ada hubungan silsilah keluarga sama sekali. Akan tetapi benih penyakit dengan cerdik menyinggapi organ yang memungkinkan untuk dijadikannya tempat berkembangbiak. Setelah bakteri menguasai tubuh organ manapun bisa terancam mati.

Abses otak

Kebersihan rongga mulut dan gigi yang tidak terjaga memicu abses otak. Yaitu sekumpulan nanah yang terbungkus membentuk kapsul di dalam jaringan otak. Hal ini disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri di dalam tubuh. Dan jarang menggosokn gigi adalah kegiatan produksi jamur dan bakteri yang paling melimpah.

Ludwig’s angina

Mungkin sebagian orang merasa asing dengan jenis penyakit satu ini. Ludwig’s angina merupakan infeksi pada jaringan ikat dasar mulut yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini termasuk kategori penyakit mematikan yang sangat berbahaya. Untuk itu jagalah kebersihan jangan biarkan peluang untuk bakteri dan kuman masuk dengan mudah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *