Alasan mengapa anda sering mengalami mabuk kendaraan. Faktor utamanya adalah sugesti

Apakah anda sering mabuk saat berpergian jauh? merasa mual dan muntah saat di perjalanan? meski ini tidak dialami oleh semua orang, namun bagi mereka yang mengalaminya hal ini sangat menganggu terlebih saat harus melakukan perjalanan bersama teman-teman, mungkin mereka akan malu dan minder untuk berpergian.

Mabuk kendaraan memang bukan termasuk gejala yang serius namun jika ini berkelanjutan akan berpengaruh juga terhadap kesehatan. Loh kenapa? orang yang sering mengalami mabuk kendaaan biasanya mengalami siklus muntah-muntah selama diperjalanan hingga sesampainya di tempat tujuan.

Bayangkan saja, berapa banyak cairan, makanan yang telah dikeluarkan hingga sesampainya di perjalanan? kemungkinan yang paling buruk adalah orang itu akan terkena dehidrasi karena kekurangan cairan yang dimuntahkan selama di perjalanan.

Apakah benar mabuk kendaraaan disebabkan oleh posisi duduk?

Mitos atau bukan pernyataan ini memang sedikit mengelitik telinga. Menurut seorang narasumber menyatakan bahwa posisi duduk dapat mempengaruhi keadaan seseorang dalam perjalanan sehingga mengakibatkan mabuk kendaraan. Mengapa bisa demikian?

Mabuk kendaraan diakiabatkan oleh gerakan tubuh berulang-ulang sehingga mengakibatkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil sehingga menimbulkan efek pusing, mual, dan muntah-muntah. Lalu apa hubungannya posisi duduk dengan mabuk kendaraan? Meski terbilang mitos, namun hal ini bisa saja dibenarkan dan memang masuk akal saja, orang yang duduk di bagian belakang lebih berpotensi terkena guncangan mobil karena beradan diatas gerakan ban bawah, jadi pertanyaan ini mungkin saja terjadi bahwa posisi duduk yang berada di belakang lebih berpotensi tinggi terkena guncangan mobil sehingga mengakibatkan mabuk kendaraan.

Tidak semua orang mengalami mabuk kendaraan, hanya orang-orang tertentu saja, seperti orang yang memang sudah bawaannya. Karna masih banyak orang yang tidak mengalami gejala apa-apa meskipun dia berpergian jauh dan tetap baik-baik saja. Jadi orang yang duduh di belakang tidak selalu dikaitkan dengan mabuk kendaraan.

Apa penyebab mabuk kendaraan secara umum?

Pertama. Mabuk kendaraan disebabkan oleh masuk angin, itulah mengapa orangtua kita selalu mengingatkan kita untuk memakai jaket menggunakan sarung tangan atau syal saat berpergian jauh, hal ini bukan tanpa alasan, yaitu alasannya agar kita tidak terkeng gejala masuk angin saat di perjalanan. Saat anda berpergian jauh hanya menggunakan baju lengan pondok dan celana pendek ya pantas saja angin bisa masuk. Awas lho masuk angin bisa menjadi gejala yang lebih parah jika dibiarkan.

Kedua. mencium bau-bau an tidak sedap. Nah tuh udah pasti saat anda menggunakan jasa layanan angkutan umum perpaduan antara polusi, bau badan, bau ketek, bau keringat, ditambah sengatan matahari yang seakan menyiksa, belum lagi perjalanan yang lumayan melelahkan pantat. Itu sudah menjadi modal utama seseorang mengalami mabuk kendaraan. Jangan salah, meskipun seseorang tidak suka mabuk saat berkendaraan, namun jika di harapkan pada posisi seperti ini sudah jelas orang normal pasti akan merasaa terganggu dan ujung-ujungnya merasa enek dan pengen muntan. Lagipula mabuk kendaraan tidak selalu disebabkan oleh faktor bawaan karena mabuk kendaraan masih bisa disembuhkan.

Ketiga adalah sugesti. apa tuh maksudnya? kendaraan sudah nyaman, baju sudah lengkap dengan 3 lapis selimut agar selalu hangat, obat anti mabok sudah dimakan, ngedengerin musik biar mengalihkan perhatian dan langsung siap berangkat. Tapi, kenapa diperjalanan masih mabok juga? terasa sia-sia bukan sudah melakukan ini itu tetapi hasilnya masih sama. NIHIL.

Lalu apa yang menyebabkan seseorang masih mengalami mabuk kendaraan meskipun telah memenuhi persyaratan yang benar? Sugesti. Otak sangat berperan penting terhadap perkembangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh termasuk menjadi propokator terjadinya mabuk kendaraan, masih kurang jelas?

Baiklah, jika anda seseorang dengan notabene yang suka mabuk saat berpergian jauh, yang yang sering disebut dengan master pemabuk kendaraan. Capek? adakalanya mungkin anda merasa lelah dengan kebiasaan ini, ingin mungkin rasanya menikmati pemandangan sepanjang jalan bersama teman-teman atau keluarga dengan ceria. Capek juga ya musti muram di pinggir mobil, nahan mual atau sesekali mencari celah untuk muntah. JIJIK.

Sudah melakukan berbagai cara dimulai dari tidur di kendaraan, mencoba menggunakan obat anti mabok, menggunakan jaket pula namun tetap saja sama sekali tidak berpengaruh. Lalu apa yang mempengaruhinya?sugesti. Meski terdengar mistis namun inilah kenyataannnya. Orang yang terbiasa mabuk kendaraan akan selalu dihantui rasa ‘aduh takut nantinya pengen muntah lagi’, ”gimana ya takut mabuk pas di perjalanan”, kalo aku suka pusing sama mual kalo naik kendaraan”. Dan pernyataan pernyataan menyedihkan lainnya. Tanpa kita sadariĀ  pemikiran-pemikiran seperti itu hanya akan membayang banyangi perjalanan anda sehingga otak merangsang tubuh untuk melakukannya( sesuai yang anda pikirkan).

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *