Alasan mengapa anda tidak boleh makan malam melebihi jam 7 malam

Makan merupakan kegiatan wajib yang rutin kita lakukan demi memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari serangan penyakit.  Makanan yang kita makan pun bukan sembarang makanan, tetapi yang sudah jelas mengandung kadar gizi yang baik bagi tubuh.Tanpa mengkonsumsi makanan organ di dalam tubuh tidak akan terpenuhi asupan gizinya sehingga tubuh kita akan kehilangan tenaga, lemas dan mudah sakit-sakitan.

Meski sudah tau demikian, mengapa masih banyak orang yang mengabaikannya? mengapa masih banyak orang yang meninggalkan kewajibannnya untuk makan? Apa sulitnya makan? bahkan ketika dalam perjalanan pun anda bisa melakukannya. Meski demikian, semudah apapun itu, masih saja banyak orang yang menghiraukannya dan malah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga kuman dan virus masuk dengan mudah. Akibatnya penyakit dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana seharunya pola makan yang benar dan sehat?

Normalnya makan adalah 3 kali sehari dengan jam dan porsi yang sesuai. Sarapan sekitar jam 6 hingga jam 8 dengan menu makanan yang ringan seperti bubur, roti, buah-buahan, atau nasi namun secukupnya. Menuju makan siang konsumsi makanan makanan ringan sebagai pengganjal perut hingga makan siang datang.

Nah saat makan siang datang saatnya anda mengkonsumsi makanan berat dengan porsi yang normal (tidak sedikit dan tidak banyak). Lalu makan terakhir yakni makan sore sekitar jam 4 hingga jam 6 dan jam 7 sebagai waktu akhir. makanannya masih makanan berat hanya saja dengan lauk pauk yang berbeda untuk memberi rasa yang berbeda dari menu makan sebelumnya.

Namun adakah orang yang rutin melakukan pola makan seperti ini? Sebagian besar orang jarang yang melakukannya. Hanya orang-orang yang perduli terhadap kesehatan saja yang bisa memenuhi pola makan tersebut. Kebanyakan orang berfikir ”asal makan asal kenyang” Maksudnya? apapun jenis makanannya dan jam berapa pun waktu pengkonsumsiannya itu sama sekali tidak penting, yang penting baginya tubuh kenyang hati senang.

Padahal porsi makan dan jenis makanan sangat berpenagruh terhadap kesehatan, bukan hanya itu saja waktu pengkonsumsian pun harus sesuai jam yang ideal. Lalu mengapa orang selalu menghiraukannya? Mungkin anda terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga harus pulang larut malam dari tempat kerja.

Waktu luang itulah yang bisa anda gunakan untuk makan dengan makan. Kebiasaan ini mungkin akan sulit dihilangkan mengingat tuntutan pekerjaan yang mengharuskan anda pulang lebih terlambat. Namun, perlu kita ketahui bahwa mengkonsumsi makanan berat pada malam hari apalagi dekat dengan waktu tidur akan mengakibatkan dampak yang buruk terhadap kesehatan.

Mengapa makan tidak boleh lebih dari jam 7 malam?

Saat sepulang kerja hal yang kebanyakan orang lakukan adalah mandi lalu makan setelah makan lalu tidur. Atau bahkan tanpa mandi pun makan adalah fokus utama yang harus dilakukan. Benar?Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa akhir batas makan sore adalah jam 7 malam.

Setelah itu usahakan untuk tidak mengkonsumsi apapun setelah melewati batas itu. Sedangkan rata-rata orang yang pulang kerja lembur sekitar jam 8 hingga jam 11 malam. Sepulang kerja anda pasti lelah dan tentunya merasa lapar. Tanpa basa-basi hal pertama yang anda lakukan adalah makan dengan porsi yang banyak karena dirasa sangat lelah.

Nah, setelah makan apa yang akan anda lakukan? tidur. Bahkan tanpa mandi terlebih dulu ada langsung menikmati hangatnya kasur dengan perut yang kenyang. Senang. Mimpi indah. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini akan terus terulang, sehingga merangsang otak untuk menjadikannya kebiasaan. Jika ini menjadi kebiasaan yang terus-menerus dilakukan maka hal pertama yang akan anda dapatkan adalah. “terganggunya sistem pencernaan”

Saat anda memutuskan untuk makan larut malam dan langsung tidur,hal ini akan menghambat kerja organ pencernaan di dalam tubuh karena makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan waktu yang minim. Sedangkan jarak makan yang anda lakukan sangat dekat dengan tidur.

Organ di dalam tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Akibatnya sistem pencernaan menjadi tidak normal. Biasanya gejala yang umum terjadi adalah sembelit yang akan berlanjut dengan gejala yang lebih parah. Kemungkinan besar yakni anda akan memiliki penyakit pencernaan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *