Alasan mengapa Pil Melatonin tidak dianjurkan bagi anda yang susah tidur

Seperti yang sudah kita pahami jika baik buruknya kualitas tidur dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Lalu, mengapa masih banyak yang menghiraukannya? Pertama, alasan mereka mungkin karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka terjaga semalaman tanpa tidur. Kedua, karena keasyikan mengerjakan hobi yang tidak sehat seperti main game online, touring atau kegiatan lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Diluar alasan ini masih banyak orang yang sulit tidur tanpa sebuah alasan yang jelas. Ketika ingin tidur mata seakan-akan menarik mereka untuk tetap terjaga, meskipun telah berusaha keras memejamkan mata, tetapi dorongan untuk tidur sama sekali tidak muncul. Apalah anda memiliki gangguan tidak beralasan ini? Mengapa hal ini bisa terjadi?

Bukan tanpa alasan. Stress, cemas, bingung dan beban pikiran merupakan komponen utama mengapa hal ini bisa terjadi. Hal utama yang harus dilakukan adalah hilangkan semua beban yang hanya menghambat kehidupan anda dan mulailah bersikap realistis dalam menanggapi sebuah masalah. Dengan begitu tidur anda akan lebih nyaman, bukan hanya sekedar nyaman tidur saja tetapi nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tetapi tidak semua orang dapat berfikir jernih dalam mengambil sikap. Pada faktanya masih banyak orang yang lebih menyukai cara instan sebagai alternatif utama. Tanpa berfikir panjang mereka mengambil suplemen sebagai alternatif tersebut. Salahnya, dalam pemilihan pengobatan yang diambil selalu mengandalkan obat-obatan kimia yang tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya dengan mengkonsumsi Pil Melatonin yang mampu merangsang tubuh untuk tidur.

Apa itu pil Melatonin?

Melatonin adalah hormon yang dilepaskan oleh otak untuk membantu mengatur ritme sirkadian tubuh. Sedangkan Pil melatonin berfungsi sebagai pengatur siklus tidur kita dengan memperbanyak hormon melatonin yang akan memberi sinyal otak untuk tidur.

Penggunaan pil melatonin memang sangat efektif, tanpa menghabiskan banyak waktu kita bisa menemukannya dengan mudah di apotik terdekat. Tetapi, tetap saja jika penggunaan melatonin dilakukan tanpa anjuran dokter akan beresiko membahayakan tubuh.

Mengapa pil melatonin bisa membahayakan tubuh?

Semua jenis obat-obatan kimia mengandung resiko buruk yang mungkin terjadi. Termasuk berbagai jenis pil tidur yang anda gunakan untuk mengobati insomnia akut yang anda derita.

Salah satu sikap ceroboh yang sering diambil adalah membeli obat tanpa resep dokter. Memang, dengan pergi ke dokter pembiayaan yang harus anda keluarkan lebih mahal lagi, sedangkan dengan mengandalkan pengetahuian teman-teman dan langsung membeli resepnya ke apotik lebih mengirit pembiayaan yang dikeluarkan.

Tetapi, perlu kita ketahui bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, begitupun jenis obat yang dikonsumsi, setiap orang memiliki kecocokan tersendiri dalam mengkonsumsi obat.

Yang salah sebenarnya bukan obatnya tetapi sikap anda dalam mengambil langkah adalah hal utama yang harus diperhatikan. Kesalahan pertama, anda seharusnya berkonsultasi dulu ke dokter, dengan begitu dokter akan memberi resep obat yang cocok untuk anda konsumsi.

Kesalahan kedua adalah penggunaan dosis yang berlebih. Banyak sekali kasus kematian yang terjadi akibat penggunaan dosis obat yang salah. Setelah mengkonsumsi 1 pil sesuai saran dokter dan tidak terjadi reaksi apapun biasanya orang akan berfikir bahwa ‘‘dosisnya harus ditambah” benar? Setelah dosis ditambah beberapa saat kemudian anda baru mengantuk. Setelah mendapat kenyataan ini lalu anda berfikir untuk ”selalu menambah dosis obat untuk mempercepat rasa kantuk” benar?

Tidak dapat di pungkiri bahwa kasus seperti ini sangat umum terjadi di kalangan masyarakat. Perlu kita ketahui bahwa respon obat tidak selalu nampak dalam beberapa saat. Kasus diatas merupakan contoh sikap tidak benar yang seharusnya anda buang jauh-jauh. Pil melatonin atau bahkan pil manapun membutuhkan setidaknya 30 menit untuk masuk ke dalam tubuh secara menyeluruh. Lalu respon apa yang terjadi jika anda menggunakan metode yang salah dalam penggunaan pil melatonin?

  • Pusing
  • Mual
  • Terlalu lama tidur
  • Pikiran menjadi kacau
  • Ketergantungan tidur dengan mengkonsumsi obat
  • Mati karena operdosis.

Kesalah ketiga adalah anda terlalu mengandalkan pengobatan dokter, obat apotek dan obat warung untuk mengatasi segala macam keluhan yang menyangkut kesehatan tubuh. Padahal, masih banyak cara yang bisa kita lakukan salah satunya dengan pengobatan alami tanpa sentuhan obat kimia sedikitpun.

Salah satu cara alami yang direkomendasikan untuk menangani penyakit insomnia akut adalah dengan melakukan pijatan relaksasi. Teknik relaksasi yang dilakukan misalnya yoga, hipnotis atau biofeedback yang bisa menangani permasalah tidur anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *