Apakah anda mengalami gangguan tidur? ini alasannya

Gangguan tidur atau yang sering kita sebut dengan istilah insomnia merupakan kesulitan seseorang untuk tidur dengan nyaman pada malam hari. Munculnya gangguan seperti itu membuat tidur menjadi tidak berkualitas sebab tubuh tidak mendapatkan porsi tidur yang normal. Seseorang yang sering mengalami insomnia biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat ia bangun.

Apakah anda sering mengalami insomnia?

Insomnia biasanya disebabkan oleh permasalahan psikologis yang menganggu pikiran sehingga ransangan anda untuk tidur menjadi sulit. Insomnia memang bukan termasuk gejala penyakit yang berbahaya namun jika anda terlalu sering mengalaminya bisa jadi itu termasuk insomnia yang sulit disembuhkan. Mengapa demikian?

Sebagian orang mungkin mengkonsumsi obat tidur atau zat penenang lainnya untuk bisa tidur dengan pulas. Banyak yang berhasil dengan cara ini namun lihat dampak yang timbul setelahnya. Seseorang yang terbiasa mengkonsumsi obat penenang sebelum tidur cenderung memiliki ketergantungan terhadap obat yang dikonsumsinya.

Dengan kata lain anda tidak akan bisa tidur tanpa mengkonsumsi obat penenang terlebih dulu. ketergantungan terhadap obat memungkinan anda untuk mengkonsumsi obat penenang seumur hidup agar bisa tidur.

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk mengkonsumsi obat penenang apalagi tanpa rekomendasi dokter, jika anda salah meminum dosis bisa-bisa anda tidak bisa bangun dari tidur anda, menyeramkan bukan? bisa saja gangguan insomnia yang anda alami berasal dari pikiran anda yang terlalu berat. Sebenarnya insomnia masih bisa diatasi jika anda tahu penyebabnya,  lakukan pengamatan sendiri atau bisa dengan bantuan psikolog untuk mengatasinya.

Apa penyebab insomnia?

  • Stress

Stress merupakan reaksi tubuh terhadap situasi yang sulit dihadapi. Biasanya orang yang sedang mengalami stress akan berfikir lebih keras sehingga otak menjadi tidak rileks. Kacaunya fungsi otak membuat seseorang kesulitan untuk tidur.

  • Depresi

Depresi masih sama dengan stress, bedanya seseorang yang mengalami depresi cenderung memiliki suasana hati yang buruk dengan kurun waktu yang cukup lama, jika tidak segera diatasi depresi mampu meningkatkan insomnia yang akut pada seseorang.

Penyebab depresi berawal dari permasalah sosial seperti kurang harmonisnya keluarga, putus cinta dengan kekasih, memiliki kekurangan, tidak memiliki teman, selalu dikucilkan atau hal lain yang membuat seseorang putus harapan dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan aktivitas dengan normal. Dengan adanya gangguan seperti ini seseorang yang sedang mengalami depresi lebih banyak menghabiskan waktu untuk merenungi dirinya sendiri, hal ini dapat membuat porsi tidur terganggu.

  • Belum terbiasa dengan lingkungan yang baru

Ketika anda pindah rumah tentunya yang masih terbayang di benak anda adalah rumah lama anda. Ya lingkungan baru pun dapat mempengaruhi mood anda untuk tidur, namun kasus seperti ini tidak akan berlangsung lama jika anda sudah terbiasa tinggal di tempat baru anda.

  • Suasana yang tidak nyaman

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk memperoleh tidur yang berkualitas, salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang adalah kebiasaan yang dia lakukan seperti tidur dengan suasana yang hening, tidur dengan diiringi musik, atau kebiasaan tidur yang aneh seperti tidur dengan tv dan lampu yang harus menyala.

Apakah anda memiliki kebiasaan tersendiri? jika memang YA jangan hilangkan kebiasaan itu jika memang sulit dilakukan, kebiasaan bukan sesuatu yang serius bahkan jika tidak dihilangkan sekalipun, asalkan masih dalam batas normal.

  • Kurang berolahraga

Selain membuat tubuh sehat olahraga yang teratur dapat berpengaruh terhadap pola tidur seseorang, selain itu olahraga dapat melawan stress.

  • Makanan yang mempengaruhi pola tidur

Minumanan yang mengandung kafein, alkohol dan makanan pedas juga mampu mengurangi mood seseorang untuk tidur. Hindari pula mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *