Apakah anda penderita vertigo akut? lakukan teraphy sederhana ini di rumah!

Untuk gejala sebatas pusing atau pening kepala rasanya hampir semua orang pernah mengalaminya, efek pusing ini biasanya disebabkan oleh faktor kelelahan, telat makan atau banyak fikiran yang bisa dengan mudah kita atasi. Namun bagaimana dengan jenis pusing yang efeknya kelewat batas seperti penyakit vertigo? Untuk rasa pusing yang umum pun terkadang kita sering mengeluh, aktivitas menjadi terganggu padahal rasa pusing ini tidak ada bandingannya dengan penyakit sejenis vertigo.

Sudah tahu kah apa itu vertigo? Namanya memang sedikit keren, tapi tidak dengan gejala yang ditimbulkannya, vertigo memiliki gejala yang lebih parah di banding pusing biasa. Bahkan 4kali lipat tingkat keparahannya. Ini masih tergantung taraf vertigo yang di deritanya pula, jika vertigo yang di derita lebih parah lagi, maka gejala yang ditimbulkan pun semakin parah.

Apa itu vertigo?

Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas. Karena itulah orang-orang sering mengatakan bahwa vertigo seperti ”komedi berputar” karena efek pusing yang ditimbulkan. Initinya hilang keseimbangan tubuh yang membuat efek tubuh seperti berputar atau melayang.

Penderita vertigo rawan sekali mengalami kambuh dadakan, karena penyebab kekambuhannya pun terbilang sepele seperti saat kekurangan cairan, infeksi telinga, salah posisi tidur, emosi dan derpesi juga bisa menjadi faktor yang paling memungkinkan mengalami kekambuhan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? setelah melakukan berbagai macam pengobatan, bergian dokter specialis namun jawaban yang anda terima akan sama saja. bahwa ”kemungkinan vertigo sembuh total hanya sedikit bahkan tidak ada kemungkinan sama sekali” namun ini bukan menjadi tolak ukur anda untuk berhenti berjuang, vertigo memang rentan kambuh, namun dengan penjagaan diri yang ketat maka kekambuhan bisa di minimalisir. Salah satu cara yang bisa anda lakukan yakni dengan melakukan teraphy ringan di rumah. Ikutin langkah berikut

Seperti apa cara teraphy rumahan bagi penderita vertigo?

Teraphy kepala

Karena titik utama penyakit vertigo berpusat di kepala jadi yang coba anda lakukan bisa dimulai dari teraphy kepala terlebih dahulu. Untuk mencegah kambuhnya vertigo yang harus anda perhatikan adalah posisi kepala usahakan agar lebih tinggi dari posisi kaki, hal ini bertujuan agar aliran darah menuju otak berjalan normal. Hindari duduk membungkuk, atau tidur tanpa alas bantal. Ingat penderita vertigo rentan kambuh.

Teraphy dengan musik

Ini mungkin terdengar seperti lelucon, bagaimana bisa musik bisa menjadi salah satu cara teraphy penyakit vertigo? seperti yang kita tahu salah satu pemicu kekambuhan vertigo adalah depresi yang kuat. Nah, karena musik di percaya bisa menghilangkan kejenuhan maka ini sangar disarankan bagi penderita untuk membuat mood menjadi baik. Tetapi ingat jangan dengarkan lagu yang menghentak ddan terlalu keras seperti aliran musik rock, ini hanya akan menyakiti pendengaran anda. Pilihlah jenis musik yang slow atau musik intrumen lembut. lagu jenis ini paling baik untuk merangsang otak berelaksasi.

Teraphy yoga

Kita bisa menemukan teraphy yoga di beberapa tempat khusus yang bisa kita singgahi, tetapi jika anda memiliki keterbatasan waktu luang, atau malas pergi ke luar rumah anda bisa melakukan teraphy yoga di rumah. Perkembangan zaman sudah maju dan internet adalah salah satu kemajuan yang paling mendunia, dengan berdiam diri saja kita bisa mengakses segala macam kebutuhan kita. Untuk teraphy yoga sendiri, anda bisa contoh gerakannya di youtube atau membeli kasetnya langsung.

Mengantur posisi tubuh

Penderita vertigo memang sangat sensitif sekali, misalnya saja salah memposisikan tubuh maka nantinya akan fatal sekali. Nah untuk itu lakukan beberapa tekni posisi tubuh yang disarankan bagi penderita vertigo

Teraphy 1 :
Duduk tegak disisi ranjang denga posisi kedua kaki menggantung(jaga keseimbangan) tahan posisi ini untuk beberapa saat, lakukan dengan mata tertutup dan baringkan ke salah satu sisi dengan spontan lalu tahan 30 detik. Kemudian duduk ke posisi semula lalu diam selama 30 detik. Lakukan gerakan diatas satu kali ulangan dengan menjatuhkan badan ke sisi sebaliknya.

Teraphy 2:
Ambil posisi berlutut lalu pandang langit beberapa saat lalu arahkan kepala ke arah lantai, posisikan kepala ke arah dada, putarkan kepala ke arah telinga yang sakit (saat terserang) lalu putarkan ke arah telinga sebelahkan. Terus ulang gerakan ini untuk merangsang saraf otak.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *