Apakah anda sering minum air hangat? ketahuilah ini efeknya bagi tubuh!

Kebanyakan dari kita lebih memilih untuk meminum air dingin dari kulkas, atau menyeduh minuman kemasan dengan air es. Hal ini justru yang malah tidak sehat. Banyak sekali kan produk minuman seduh yang ilegal, salahnya banyak pula yang tidak mengetahuinya atau bahkan tidak menyadarinya. Memang.

Saat cuaca panas yang ekstrim datang, kita memang selalu tergoda untuk minum minuman dingin, apalagi setelah berolahraga, minum air dingin rasanya membuat tubuh segar kembali.

Baiklah semua sepakat ya, minum minuman dingin di siang hari itu pass banget, tapi jangan keseringan juga. Di seimbangi saja, saya juga lebih menyarankan untuk minum air hangat, khususnya saat bangun tidur, saat di cuaca dingin dan juga saat perut bermasalah air hangat lebih banyak memberi energi positifnya dibanding air es apalagi air seduhan.

Mengapa saya begitu menganjurkan meminum air hangat?

Apakah anda sering minum air hangat? ketahuilah ini efeknya bagi tubuh!

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain menghangatkan badan, minum air hangat juga dapat menyehatkan tubuh.

Dan ini sangat disarankan bukan hanya untuk menghangatkan tubuh pada saat musim dingin saja, melainkan di lain musim juga. Apakah anda pernah berfikir tentang ”mengapa mengkonsumsi obat biasanya harus dengan air hangat dan tidak diperbolehkan dengan air dingin?”

Ini tentunya bukan tanpa alasan, karena air hangat bisa mempercepat laju difusi zat obat tersebut sedangkan air es justru malah memperlambat. Pada intinya air hangat jauh lebih banyak manfaatnya dibanding air es. Manfaat lain juga bisa anda rasakan jika anda membiasakan minum air hangat, tidak harus minum air hangat setiap saat juga, tapi dalam sehari setidaknya minum 1 gelas air hangat setelah bangun tidur dan sebelum pergi tidur. Ini sangat baik bagi pencernaan.

Apalagi manfaat minum air hangat setiap hari?

  • Melancarkan pencernaan

Setelah anda mengkonsumsi makanan khususnya makanan berat, minumlah air hangat atau setidaknya air biasa, jangan biasakan minum air es. Air es justru malah tidak baik bagi pencernaan. Air hangat menyerap makanan secara sempurna, sedangkan air es sebaliknya, menimbulkan timbunan lemak di dalam usus.

  • Sebagai detok alami

Detok merupakan pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh kita, banyak sekali terapi detox juga obat-obatannya. Namun secara alaminya kita bisa konsumsi air hangat yang memiliki khasiat yang sama yakni sebagai detok alami. Minum air hangat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

  • Menurunkan berat badan

air hangat dapat melancarkan metabolisme tubuh, ini sangat bermanfaat bagi kalian yang berniat kurusin badan, perbanyak minum hangat juga tambahkan perasan lemon.

  • Memulihkan pilek

Air hangat berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat melegakan hidung dan tenggorokan. Untuk itu perbanyak minum air hangat saat anda sedang pilek atau batuk.

  • Meredakan nyeri haid

Saat sakit perut melanda apalagi saat nyeri haid datang perbanyaklah minum air hangat. Air hangat berguna untuk memudahkan darah kotor terlepas secara sempurna sehingga meredakan nyeri haid.

Baca juga ; Obat Pelancar Haid Paling Ampuh

  • Menghilangkan kantuk

Sering merasa kantuk saat bekerja? nah solusi yang paling tepat yakni dengan minum air hangat, usahakan hingga badan berkeringat. Setelah badan berkeringat dari efek air hangat, kantuk pun biasanya akan hilang atau setidaknya berkurang.

  • Menghilangkan mual

Banyak orang yang beranggapan bahwa minuman dingin mampu menyegarkan mulut saat sedang mual, Ini salah besar. Jadi saat rasa mual muncul perbanyak minum air hangat, khususnya bagi ibu hamil yang sedang mengalami siklus mual yang parah, minumlah air hangat juga tambahkan campuran teh mint.

  • Melancarkan peredaran darah

Air hangat  dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, juga dapat melebarkan pembuluh darah, dengan melebarnya pembuluh darah maka aliran darah pun menjadi lancar.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *