Apakah benar berhenti mengkonsumsi nasi cara paling ampuh menurunkan berat badan?

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa berhenti mengkonsumsi adalah cara paling ampuh menurunkan berat badan. Nasi sering disebut-sebut sebagai biangnya berat badan yang melonjak itulah yang membuat para pediet dengan mantap menghilangkan nasi dari menu makanan. Padahal seperti yang telah kita ketahui bahwa nasi adalah sumber karbohidrat utama yang penting bagi tubuh.

Jika kita menghilangkan sumber utama ini dari daftar menu makan maka kita pun akan kehilangan zat penting bagi tubuh. Terbukti orang-orang yang diet nasi malah menjadi sakit-sakitan, benar saja bukannya menghasilkan tubuh yang langsing, yang dia dapatkan hanyalah penyakit.

Mengurangi berat badan bukan berarti mengurangi zat-zat penting di dalam tubuh juga. Kebanyakan dari kita menjalankan program diet dengan cara yang salah seperti tidak mengkonsumsi nasi dan menggantinya dengan camilan. Nah cara ini yang paling sering digunakan anak muda jaman sekarang.

Sebenarnya, apa yang ada di dalam benak mereka? mereka hanya berfikir bahwa dengan mengkonsumsi nasi tubuh mereka akan terus berisi dan tidak turun. Kandungan karbohidrat di dalamnya hanya membuat mereka mempertahankan tubuhnya atau bahkan menjadi semakin besar. Benar, hal ini bisa saja terjadi tetapi dengan cara pengkonsumsian yang berlebihan, jadi jika kita bisa mengatur porsi makan dengan baik maka bukan hanya memiliki tubuh langsing saja tetapi badan kita menjadi sehat. Jadi pada intinya berhenti mengkonsumsi nasi dalam program diet bukan cara yang sehat.

Pengkonsumsian nasi yang belerbihan mengakibatkan obesitas

Nasi memang memiliki peluang untuk mengembangkan badan dengan cepat, bagaimana tidak kandungan nasi dalam jumlah 100gram saja sudah sangat melimpah. Tetapi ini bukan menjadi alasan kamu untuk berhenti mengkonsumsinya atau bahkan benar-benar memusuhi nasi karena takut badan menjadi berlebih. Yang mengakibatkan seseorang gemuk sebenarnya bukan karena nasi saja tetapi karena pengkonsumsian yang berlebih dan cara pengkonsumsiannya yang salah.

Maksudnya, indonesia khususnya terkenal dengan motto bahwa tidak kenyang tanpa mengkonsumsi nasi, belum makan jika belum mengkonsumsi nasi (padahal sudah makan bubur). Yang benar saja, dalam sehari berapa banyak nasi yang dimakan? 4-5 kali dengan jumlah yang sangat ekstrim? inilah cara pengkonsumsia berlebih yang mengakibatkan seseorang menjadi obesitas.

Kesalahan pengkonsumsia nasi yang paling umum adalah mengkombinasikan nasi dengan mie instan. Loh apa yang salah? perlu kita ketahui jika nasi dan mie sama-sama mengandung jumlah karbohidrat yang setara (hanya saja berbeda bentuk). Lalu mengapa orang senang sekali dengan kebiasaan seperti ini? banyak sekali alasan yang muncul seperti sayang kuahnya mubazir, atau memang rasa mie dengan nasi benar-benar menggiurkan lidah.

Imbangi dietmu dengan suplemen herbal ini

Slimming Capsule, Pelangsing Berizin dan Berbahan Alami

Diet tanpa nasi boleh saja asal menggantikannya dengan makanan yang sebanding

Jika bobot badan kamu sudah tidak bisa ditolerir lagi, atau kamu memiliki porsi makan yang berlebih maka cara diet dengan menjauhi nasi bisa dilakukan dengan syarat menggantinya dengan makanan yang seimbang dan memiliki gizi yang baik seperti nasi.

Saat melakukan diet tanpa nasi, kebanyakan dari kita menggantinya dengan makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan instan lainnya. Mereka mungkin berfikir bahwa makanan seperti burger dan kentang goreng memiliki jumlah lemak yang lebih sedikit dibanding nasi. Padahal, makanan tersebut justru mengandung kadar lemak jahat yang mengakibatkan seseorang obesitas.

Menu makan diet nasi yang sehat

Menghilangkan nasi dari daftar menu makanan sehari-hari mungkin dianggap sulit oleh beberapa orang, keterbiasaan memang sulit dihilangkan. Namun jika pengurangan porsi makan tidak menghasilkan bentuk tubuh yang kamu inginkan maka beralihlah dengan mengkonsumsi makanan pengganti nasi yang sehat.

Syarat diet nasi yang harus kamu ingat adalah hindari makanan instan, hindari minuman beralkohol dan pola hidup yang tidak sehat. Imbangi pula dengan olahraga. Berikut menu makan sehat yang dianjurkan saat menjalani diet nasi.

Pilihan menu sarapan pagi :
– Roti gandum dan susu
– Sayur kangkung, sayur sop dan jenis sayur lainnya
– Kentang rebus
– Buah-buahan seperti pisang

Pilihan menu makan siang :
Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti nasi yang hilang. Untuk makan siang kamu bisa makan sayur asem, tempe. tahu, ayam atau pepes.

Pilihan menu makan malam :
Usahakan untuk menyeimbangi porsi saat malam, lebih baik jika porsi makan malam lebih sedikit dibanding sarapan dan makan siang. Saat malam lebih dominan mengkonsumsi buah-buahan atau salad sayur.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *