Apakah benar menggunakan alat makan bersamaan beresiko penularan HIV AIDS? Ini jawabannya

Apa perbedan HIV dan AIDS? HIV merupakan kepanjangan dari human immunodeficiency virus, yaitu jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS adalah kepanjangan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome. Ini merupakan tahap akhir dimana virus telah menyebar ke dalam tubuh dan mengakibatkan gejala yang semakin parah.

Pada intinya HIV merupakan jenis virus yang menyerang sedangkan AIDS merupakan sekumpulan gejala yang terjadi setelah virus itu menyebar ke dalam tubuh.Setiap pengidap memiliki gejala yang berbeda-beda saat terserang HIV. Namun pada dasarnya setiap virus memiliki tahap awal penyebaran sebelum ke tahap yang lebih parah begitula virus HIV, berbeda dari virus lainnya, HIV sangat sulit ditaklukan, bahkan hingga saat ini medis masih belum menemukan obat yang mampu menyembuhkan HIV secara total.

Apakah penyakit HIV menular?

Ya. Penyakit HIV adalah penyakit mematikan yang bisa menular dengan mudah. Bahkan penularan penyakit ini terkadang tidak kita sadari hingga tiba-tiba saja telah menginfeksi tubuh. Masih belum jelas? misalnya saat anda menolong seorang korban tabrak lari di jalanan yang tanpa anda ketahui ternyata ia adalah seorang penderita HIV, saat anda menolongnya darah berceceran dimana-mana, jika anda memiliki bekas luka yang masih terbuka maka dengan sigap darah si penderita menyusup masuk ke tubuh lewat lubang luka, dengan begitu anda terinfeksi HIV dan akan mengalami gejala yang parah setelah beberapa tahun kemudian hingga virus telah berhasil menguasai tubuh. Sangat sederhana bukan?

Bukan hanya melaui darah saja penyebaran penyakit HIV secara umum adalah lewat cairan sperma saat melakukan hubungan intim atau oral, lewat jarum suntik yang tidak steril (bekas penderita HIV) dan air susu ibu penderita HIV AIDS. Sebelumnya kita klarifikasi terlebih dahulu cara penularan HIVĀ  dengan lebih jelas agar tidak terjadi kesalahan tanggapan.

Kamu juga harus tahu

Bagaimana cara virus HIV masuk ke dalam tubuh?

Apakah benar penyakit HIV bisa ditularkan melalui alat makan?

Jawabannya adalah ”TIDAK”. Bahkan medis pun belum pernah menyatakan bahwa penularan HIV bisa ditularkan melalui alat makan. Lalu darimana pemikiran ini berasal? pemikiran masyarakat memang terkadang tidak sesuai dengan fakta.

Hal ini mungkin karena rasa takut tertular yang seringkali menghantui pemikiran seseorang sehingga bertindak diskriminatif terhadap penderita HIV. Sudah sangat jelas bahwa medis menyatakan penularan HIV bisa terjadi melalui darah, cairan sperma, jarum suntik dan air susu ibu yang menderita HIV.

Dengan kata lain seorang penderita HIV dan orang normal masih bisa berinteraksi dengan biasanya seperti berjabat tangan, makan bersama, berpelukan, bersentuhan kulit, memakai handuk bergantian dan hal-hal wajar lain selain yang sebelumnya saya sudah sebutkan. Jangan terlalu mendiskriminasi orang yang mengidap HIV dengan perlakuan-perlakuan yang membuat mereka semakin bersalah ada di dunia ini. Baiknya tetap bersikap normal seperti halnya kita bercengkrama dengan orang normal lainnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *