Bahaya jus kemasan yang harus kamu ketahui

Selain dikonsumsi secara langsung kita bisa mengolah buah-buahan menjadi minuman segar seperti sop buah, jus buah, salad, manisan dan berbagai macam olahan lainnya. Kebanyakan orang lebih suka mengolahnya menjadi jus karena pengolahannya yang tidak ribet dan lebih praktiss. Jus buah cocok sekali untuk menemani kamu di cuaca panas yang sangat ekstrim, selain menyegarkan tubuh mengkonsumsi jus buah sangat baik bagi kesehatan.

Apa saja manfaat mengkonsumsi jus buah?

Jus buah adalah cara pengkonsumsia buah-buahan dengan cara dilumatkan menjadi halus tanpa mengurangi kandungan baiknya. Selain praktis dan bisa dibawa kemana-mana, mengkonsumsi jus buah sama saja dengan mengkonsumsi buah aslinya, hanya saja berbeda bentuk dan cara penyajiannya saja. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan mengkonsumsi jus buah, yakni:

Melancarkan proses pencernaan. Buah-buahan mengandung serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi bagi kamu yang memiliki gangguan pencernaan. Meskipun telah diolah menjadi jus tidak akan menghilangkan zat begizi didalamnya. Justru dengan mengolahnya menjadi jus tubuh menjadi lebih mudah mencernanya tanpa harus melalui proses pemecahan terlebih dahulu.

Mempercepat proses penyembuhan. Setelah sebelumnya sakit atau bahkan sesudah pulang dari perawatan rumah sakit dokter biasanya menyarankan pasien untuk mengkonsumsi buah-buahan. Agar lebih mudah dicerna jus merupakan pilihan yang paling baik mengingat kandungannya yang sangat bergizi.

Sebagai antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang bakteri dan virus yang menyebabkan serangan penyakit.

Penjelasan diatas hanya sebagian kecil saja, selebihnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi jus buah termasuk dalam hal menjaga kesehatan kulit. Dalam satu gelas jus saja sudah banyak sekali manfaat yang kita dapatkan selain itu cara penyajian buah dengan di jus sangat praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Itulah mengapa penyajian buahdengan cara di jus sangat difaforitkan oleh banyak orang.

Banyak sekali produk jus kemasan yang tersedia di supermarket atau di warung sekitar kompleks rumah, apakah itu sama gizinya dengan jus buatan?

Banyak orang yang berfikir bahwa jus kemasan sama baiknya dengan jus buatan padahal kenyataanya adalah ”TIDAK” jelas sama sekali tidak dapat dibandingkan dengan jus alami buatan sendiri. Jus kemasan telah terkontaminasi dengan zat zat kimia seperti pengawet, pemanis buatan dan zat perasa.

Memang, jus kemasan lebih mudah kita konsumsi tanpa harus dipusingkan mengolah buah-buhan terlebih dulu, juga rasanya yang hampir sama dengan jus alami, bahkan jus kemasan cenderung lebih lezat, itulah yang membuat konsumen suka mengkonsumsinya.Tetapi perlu kamu ketahui bahwa jus kemasan bisa beresiko buruk bagi kesehatan.

Mengapa jus kemasan berbahaya?

Jus kemasan diproses dengan menggunakan bahan-bahan tambahan sehingga sifat kealamiannya menjadi rusak. Penambahan zat-zat ini bukan hanya merusak zat gizi yang terkandung di dalam buahnya saja, juga dapat merusak organ di dalam tubuh ketika kita mengkonsumsinya.

Mengapa buah buatan kita tidak semanis jus kemasan? dari sana sudah terlihat pembeda antara jus kemasan dan jus alami. Dari sana pula kita harusnya menyimpulkan bahwa jus kemasan tidak lebih baik atau sama kadar gizinya dibanding jus alami.

”Jus kemasan lebih murah dan praktis dibanding jus alami”. Benar, harga jus kemasan relatif lebih murah dibanding harga buah yang harus kita beli, belum lagi harus diproses dahulu, itulah mengapa orang lebih menyukai jus kemasan. Itulah pemikiran orang yang selalu memikirkan sesuatu dengan cara yang instan.

Padahal¬† seharusnya kita berfikir cerdas dan bertanya-tanya ”mengapa harga jus kemasan sangat murah sekali?” lalu logika menemukan jawaban yang tepat jika jus kemasan telah dicampur dengan zat lain untuk menguntungkan pihak distributor. Banyak sekali kandungan yang tercampur di dalamnya.¬† Bukannya jus kemasan terasa lebih manis? ini jawabannya.

Kandungan gula yang berlebih di dalam jus kemasan dapat meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh sehingga terbentuk lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Berbeda dengan jus alami, jus ini justru dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan di dalam tubuh,. Jadi, jangan pernah berfikir jika kandungan jus kemasan dan jus alami bisa di samakan, karena pada faktanya keduanya memiliki perbedaan yang jauh.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *