Bahaya menahan kencing terlalu lama

Proses pengeluaran urine merupakan proses alamiah yang umum terjadi, proses ini merupakan pengeluaran zat sisa yang telah disaring oleh tubuh, setiap orang memiliki rentan waktu yang berbeda untuk buang air kecil, tergantung seberapa banyak asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Rasa ingin kencing bisa terjadi dimana saja, ketika orang berada di kondisi tertentu dimana tidak ada toilet terdekat saat itu, atau wc yang ada terlihat kumuh dan tidak higienis sehingga orang enggan buang air kecil disana. hal ini yang menjadi kendala sebagian orang untuk buang air kecil, sehingga  sebagian dari mereka menahan air kencing untuk waktu yang cukup lama.

Meski terlihat seperti hal sepele, menahan air kencing terlalu lama ternyata tidak baik untuk kesehatan, untuk itu jangan terlalu lama menahan air kencing karna beresiko tinggi untuk tubuh, berikut bahaya yang ditimbulkan akibat menahan kencing terlalu lama.

Bahaya menahan kencing terlalu lama

 

1. Menahan pembuangan kotoran di dalam tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buang air kencing merupakan proses pengeluran zat sisa yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh, jika proses ini ditahan terlalu lama, tentu kotoran yang harusnya keluar akan mengendap di dalam sehingga kotoran buangan itu tertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga terjadi infeksi.

2. Mengganggu proses pencernaan

Menahan air kencing akan menganggu proses pencernaan di dalam tubuh, ketika proses yang seharusnya dituntaskan terganggu, maka akan berdampak pada proses pencernaan berikutnya.

3. Mengganggu organ – organ pencernaan

Ketika proses pencernaan terganggu maka organ organ-organ pencernaan pun akan terganggu seperti ginjal. kandung kemih dan saluran kencing. Hal ini akan menganggu fungsi organ.

4. Anyang – Anyangan

Merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan sakit ketika buang air kecil. Hal ini di akibatkan dari kebiasaan menahan buang air kecil, anyang-anyangan merupakan tanda kandung kemih terkena infeksi.

5. menimbulkan berbagai penyakit dan infeksi pada organ pecernaan

Seringnya menahan buang air kecil akan menimbulkan berbagai penyakit yang menyerang organ pencernaan, diantaranya

  • Infeksi Ginjal. Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan pendarahan ketika buang air kecil. Infeksi pada ginjal masih dapat disembuhkan dengan cara menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil dan rajin minum air mineral.
  • Gagal Ginjal. merupakan kerusakan organ ginjal akibat menahan urine terlalu lama. Jika hal ini sudah terjadi maka ginjal tidak mampu menyaring kotoran sisa pencernaan. Jika penyakit ini sudah parah dan tidak bisa disembuhkan kemungkinan dapat diatasi dengan melakukan pendonoran ginjal pada pasien.`
  • Batu Ginjal. akan Penahanan air kencing memang sangat berpengaruh terhadap ginjal, sebab ginjal merupakan organ yang berperan penting dalam proses pengeluaran urine. Jika urine di tahan terlalu lama di dalam tubuh tentunya akan berdampak negatif bagi ginjal, salah satunya batu ginjal. Penyakit ini terjadi akibat urin yang menumpuk di bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasa. Jika penyakit ini sudah terdeteksi maka harus segera dilakukan operasi.
  • Infeksi Kandung Kemih. Urin mengandung bakteri dan kotoran dari hasil sisa pengeluaran zat di dalam tubuh. Dengan menumpuknya urin, akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih yang disebabkan bakteri tersebut.
  • Infeksi Saluran Kencing infeksi ini disebabkan karena adanya bakteri dan kotoran yang menepel di saluran kencing.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *