Bahaya Penyakit Crohn Dan Pencegahannya

Penyakit Crohn atau radang usus adalah penyakit imflamasi usus yang menyebabkan peradangan pada sistem pencernaan yang berlangsung dalam jangka panjang yang menyebabkan peradangan lapisan pada sistem pencernaan dari mulut ke bagian belakang, atau dibagian lainnya yaitu pada usus kecil (ileum) atau usus besar (kolon).

Penyakit Crohn dapat menyerang siapa saja tidak berpengaruh pada gender atau usia, namun kasus penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia antara 16-30 thn dan 60-80 thn. Menurut penelitian yang telah dilakukan pada usia anak-anak penyakit ini lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan anak perempuan.

Gejala Umum Penyakit Chorn diantaranya :

Diare

Diare merupakan masalah umum yang terjadi pada penyakit ini, hal ini disebabkan kram usus yang berakibat tinja keluar dengan tidak stabil.

Demam

Penyebab demam setiap orang berbeda-beda, ada yang dipicu akibat rutinitas yang tidak stabil sehingga tubuh kelelahan lalu mengalami demam ringan,ada juga yang terjadi akibat cuaca yang membuat suhu tubuh tiba-tiba berubah, namun gejala demam pada penyakit corhn terjadi akibat peradangan atau infeksi pada usus.

Perut Kram

Perut Kram terjadi akibat peradangan dan ulserasi yang mempengaruhi pergerakan isi saluran pencernaan yang menimbulkan sakit atau kram pada perut termasuk mual dan muntah.

Adanya darah dalam tinja

Pada saat mengeluarkan tinja darah akan ikut keluar, pendarahan ini ada yang terlihat jelas namun ada juga yang tidak terlihat atau samar sehingga banyak yang tidak menyadarinya sehingga keadaan semakin parah.

Sedangkan gejala crohn yang kurang umum :

  • Sariawan
  • Muntah-muntah
  • Nyeri sendi
  • Iritasi pada mata
  • Kulit merah bengkak, umunya pada bagian kaki

Mampu menyembuhkan Crohn secara alami tanpa efek samping

QnC Jelly Gamat, Terbukti Cocok untuk Berbagai Penyakit

Bahaya Penyakit Crohn

Penyakit Crohn dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi tergantung pada keparahan:

Penyumbatan Usus

Penyumbatan Usus atau obstruksi pada saluran usus adalah komplikasi umum dari penyakit Crohn. Peradangan dari penyakit Crohn menghasilkan jaringan parut yang dikenal sebagai striktur yang dapat membatasi usus, menyebabkan obstruksi usus, sehingga perut menjadi kram parah dan muntah.

Fistula dan abses

Fistula dan Abses Merupakan Peradangan yang terjadi di sekitar anus yang menyebabkan fistula dan abses. Fistula (saluran yang abnormal antara jaringan) yang berkembang dari ulkus dalam yang dapat membentuk dengan Crohn. Hal ini dapat mengganggu penyerapan nutrisi.

Malnutrisi

Adalah ketidakmampuan usus menyerap untuk nutrisi. Dalam IBD hal ini terjadi akibat perdarahan dan diare, efek samping dari beberapa obat, atau akibat dari operasi. Malnutrisi biasanya berkembang secara perlahan dan cenderung menjadi berat, dengan kekurangannya nutrisi pada tubuh akan memicu timbulnya penyakit Crohn.

Megacolon toksik

Megacolon toksik merupakan komplikasi serius yang dapat terjadi jika peradangan menyebar ke lapisan yang lebih dalam dari usus besar sehingga usus membesar dan menjadi lumpuh. Dalam kasus yang lebih parah jalan terakhir yaitu melakukan operasi.

Kanker Kolorektal

Resiko tertinggi untuk pasien yang memiliki penyakit selama setidaknya 8 tahun atau yang memiliki gangguan di bagian usus, karena jika penyakit semakin parah dan telah menyebar ke seluruh usus besar maka semakin tinggi resiko terkena penyakit kanker kolorektal.

Infeksi Usus

Radang usus dapat meningkatkan kerentanan pasien untuk Clostridium difficile (spesies bakteri usus yang menyebabkan diare parah).

Cara Pencegahannya

Hindari makanan tinggi serat, serat dapat membantu menjaga sistem pencernaan. Hal ini terutama berlaku jika Anda memiliki diare kronis. Namun, jika Anda memiliki bintik-bintik sempit atau pembatasan dalam usus, hindari mengkonsumsi makanan tinggi serat karena dapat meningkatkan nyeri perut dan membuat gejala Crohn semakin buruk.

Membatasi mengkonsumsi susu. Susu dapat memperburuk gejala seperti sakit perut dan diare, hal ini terutama terjadi jika tubuh anda tidak dapat mencerna gula dalam susu atau laktosa.

Minum banyak air. Usus Anda membutuhkan cairan untuk bekerja dengan baik. Jika Anda mengalami dehidrasi itu akan memperburuk gejala anda, hindari minuman alkohol dan minuman berkafein.

Kontrol Emosi, emosi yang berlebihan akan memicu stres dan kecemasan yang bisa membuat gejala penyakit Crohn memburuk. Stres dapat memicu gejala atau membuat yang sudah ada lebih buruk. Lakukan kegiatan-kegiatan yang tidak memicu timbulnya stress, misalnya latihan yoga atau terapy yang membuat tubuh rileks.

Mengkonsumi suplemen, penyakit crohn membuat tubuh sulit menyerap nutrisi, padahal nutrisi sangat berperan penting dalam tubuh, untuk itu konsumsi beberapa vitamin dan nutrisi untuk menjaga kestabilan tubuh anda, rekomendasikan dulu jenis suplemen yang anda konsumsi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *