Bahaya tidur di bawah jam 11 siang

Tidur merupakan kebutuhan rutin yang dibutuhkan oleh semua manusia, setelah seharian beraktivitas tubuh mulai kelelahan dan kehilangan stamina, dengan tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel dalam tubuh sehingga tubuh akan kembali normal.

Namun tidur yang dilakukan tidak sesuai porsi nya akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, seperti tidur terlalu lama, tidur di pagi hari dan sore hari. Mengapa demikian?

Kurangnya porsi tidur yang cukup saat malam, membuat sebagian orang menghabiskan tidur di pagi hari hingga menjelang siang bahkan sore. Hal ini mungkin bukan masalah besar bagi mereka yang melakukannya 1 atau 2 kali saja, namun jika aktivitas seperti ini dilakukan secara rutin akan berdampak buruk untuk kesehatan, bahkan dapat memicu datangnya penyakit.

Bahaya tidur di bawah jam 11 siang

 

Beberapa orang tua terkadang melarang kita untuk tidur kembali saat pagi, sebenarnya hal ini bukan tidak beralasan, dampak yang ditimbulkan akibat sering tidur di pagi hari sangat berbahaya untuk kesehatan, berikut dampak yang ditimbulkan akibat terlalu sering tidur di pagi hari.

Obesitas

Tidur memang membuat tubuh fit kembali setelah lama beraktivitas, namun tidur yang telalu lama bahkan tidak sesuai dengan porsi normal tidak baik untuk kesehatan sebab ritme tubuh bukan hanya untuk tidur saja, tetapi untuk beraktivitas pula. ketika tidur di pagi hari terlalu lama maka tingkat metabolisme tubuh akan terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan metabolisme sehingga bobot tubuh meningkat. Jika hal terus terjadi maka berat tubuh akan semakin bertambah bahkan melebihi batas normal (obesitas).

Badan menjadi lemah

Tidur di pagi hari akan berpengaruh pada kondisi fisik seseorang, dimana ketika tidur berlebihan, energi di dalam tubuh akan semakin berkurang, hal ini akan berpengaruh pada sistem tubuh yang kurang bekerja secara normal.

Pusing

Ketika kita tertidur ada cairan serebrospina yang mengalir ke otak, jika kita tidur terlalu lama zat tersebut akan terus mengalir ke otak hingga menyebabkan pusing saat bangun.

Memicu Penyakit Kanker Darah

Tidur di pagi hari mengakibatkan kenaikan kadar darah putih di dalam tubuh, hal ini bisa memicu datangnya penyakit kanker darah. Terlebih jika kita tidur hingga jam 10-12 siang, hal ini sangat berpengaruh bagi kerja metabolisme tubuh.

Penyakit Diabetes

Tidur terlalu lama tidak ada bedanya dengan tidur setelah makan, hal ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun dan akan berpengaruh pada proses kinerja di dalam tubuh salah satunya mengatur kadar gula di dalam tubuh, sehingga

Penyakit Jantung

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study pada 72.000 wanita menunjukkan bahwa ketika seorang wanita tertidur terlalu lama hingga pagi hari sekitar 9-11 akan beresiko 38% lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Resiko Kematian

Dengan munculnya berbagai penyakit akibat tidur terlalu lama tentunya akan beresiko kematian yang lebih tinggi, meski hal ini belum dipastikan, tidur terlalu lama sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa kasus kematian akibat tidur terlalu lama di pagi hari

  • Kurang darah
  • Ketidakseimbangan fungsi otak.
  • Gangguan pencernaan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *