Benarkah kopi bisa turunkan badan dengan cepat?

Kopi sering disebut-sebut sebagai minuman pemicu datangnya penyakit yang wajib dihindari. Faktanya memang benar, pengkonsumsian kopi secara berlebihan mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Diantaranya menyebabkan detak jantung tidak normal (lebih cepat), meningkatkan asam lambung. Inilah mengapa penderita maag kronis dilarang mengkonsumsi kopi, beresiko serangan jantung dan stroke, keguguran (ibu hamil dilarang mengkonsumsi kopi), mengakibatkan insomnia yang nantinya mengakibatkan kekebalan tubuh menjadi lemah.

Inilah yang membuat kopi memiliki pencitraan yang buruk di hati masyarakat sehingga enggan untuk mengkonsumsinya lagi karena takut terhadap dampak yang nantinya akan ditimbulkan. Padahal yang membuat kopi berbahaya adalah diri kita sendiri.

Mengapa begitu? Bayangkan saja dalam sehari misalnya anda menghabiskan 7 gelas kopi belum lagi ditambah rokok sebagai pelengkapnya. Bagaimana tidak berbahaya dalam satu hari sudah berapa banyak kandungan kafein dan nikotin yang anda konsumsi? Jadi yang membuat kopi menjadi tidak sehat adalah pengkonsumsian yang salah yakni :

  • Mengkonsumsi kopi lebih dari 3 gelas per hari
  • Mencampurkan gula dan krim yang berlebih
  • Mengkonsumsi kopi bersamaan dengan rokok

Tiga komponen tersebut merupakan faktor utama yang mengubah kealamian kopi menjadi tidak sehat bahkan akan membunuh tubuh secara perlahan. Meski demikian, bukan berarti anda menjauhi kopi karena pada faktanya kopi memiliki khasiat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Salah satu manfaat kopi yang paling tidak diduga yakni ”kopi membuat berat badan turun secara drastis”

Benarkah kopi bisa turunkan berat badan?

Seperti yang telah kita ketahui jika kopi mengandung kafein yang sering dianggap sebagai kandungan yang berbahaya bagi tubuh, jika anda mengkonsumsinya dengan takaran yang normal justru kopi mengandung khasiat yang baik bagi kesehatan salah satunya yakni untuk menurunkan berat badan dengan alami.

Kandungan kafein di dalam kopi dapat melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh yang membuat jumlah kalori di dalam tubuh terbakar semakin banyak. Tentunya ini sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan yang berlebih. Masih tidak percaya?

Meskipun banyak sekali yang menentang cara diet ini (mengingat bahayanya) namun cara diet dengan mengkonsumsi kopi merupakan cara yang paling efektif, bahkan berbagai obat pelangsing mengandung kafein sebagai bahan utamanya. Jadi, daripada anda mengkonsumsi suplemen yang sudah tercampur dengan bahan-bahan lain lebih baik untuk mengkonsumsi kopi secara alami.

Dengan begitu khasiat yang diperoleh lebih terjaga kealamiannya. Setelah mengetahui khasiatnya bukan berarti anda mengkonsumsi kopi dengan seenaknya. Cara pengkonsumsian kopi yang sehat tidak bisa disamakan dengan cara minum kopi yang kebanyakan orang lakukan. Perlu diperhatikan beberapa syarat pengkonsumsian kopi yang benar demi menciptakan tubuh yang anda idamkan.

Bagaimana cara pengkonsumsian kopi yang baik untuk program diet?

Minum kopi setelah setelah makan

Apa yang biasa orang lakukan setelah sarapan? minum susu, makan buah, langsung pergi melakukan rutinitas, atau bahkan tidak melakukan apapun dan duduk saja dirumah? Pantas saja badan semakin gendut. Mengkonsumsi buah yang dianggap sebagai ”cuci mulut” justru sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan, sebab mengkonsumsi buah setelah makan dapat menghambat pencernaan sehingga makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik yang akhirnya menjadi tumpukan lemak di dalam tubuh.

Lalu apa tujuan mengkonsumsi kopi setelah makan? minum kopi setelah makan bertujuan untuk mengurangi nafsu makan sehingga meminimalisir nafsu makan yang berlebih saat makan berikutnya datang. Begitupula saat makan siang dan makan malam.

Pengkonsumsian kopi saat makan siang memiliki tujuan yang sama yakni menunda lapar dan menekan rasa ingin makan yang berlebih saat makan berikutnya dan seterusnya saat makan malam, hal ini bertujuan untuk menghindari anda dari kebiasaan ngemil di malam hari. Makan malam yang baik paling lambat yakni jam 7 malam, jadi, usahakan untuk tidak mengkonsumsi apapun setelah makan malam dan minum kopi selesai, langsung gosok gigi dan tidur.

Perhatikan jenis kopi yang dikonsumsi

Banyak sekali produk kopi yang beredar dengan berbagai rasa dan aroma yang menggiurkan lidah.  Meski kopi dianjurkan untuk program diet bukan berarti anda bebas mengkonsumsi jenis kopi apapun. Jangan salah, tidak semua jenis kopi baik digunakan untuk program diet.

Mengapa demikian? sekarang banyak beredar kopi yang mengandung gula dan cream yang rasanya jauh lebih nikmat dari kopi hitam yang menjadi primadona sebelum kemunculan kopi cream ini. Kandungan cream dan gula yang berlebih di dalam kopi memberikan kalori tinggi bagi tubuh, jadi anda hanya akan semakin jauh dari harapan memiliki tubuh yang ideal. Untuk itu jangan mengkonsumsi jenis kopi ini. Lalu seperti apa kopi yang dianjurkan?

Konsumsilah kopi hitam yang alami tanpa campuran gula dan cream yang berlebih. Meski sedang melakukan diet kopi bukan berarti anda mengurangi kadar minum air putih dari yang seharusnya, tetap konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Apalagi setelah mengkonsumsi kopi pahit, jangan lupa untuk minum air putih setelah itu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *