Benarkah penggunaan plastik sekali pakai bisa sebabkan kanker?

Kanker termasuk salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit kanker sering sekali dikaitkan dengan angka kematian yang melimpah. Kita tahu, orang-orang yang mengidap kanker jarang sekali bisa bertahan hidup lebih lama, kita pun tahu pengobatan kanker tidaklah mudah, itulah mengapa banyak penderita kanker yang tidak bisa bertahan lebih lama lagi.

Mengapa banyak sekali angka kematian akibat kanker? Mengapa banyak sekali penderita kanker bermunculan? Apakah kanker menular? Pemahaman masyarakat tentang hal ini tentu berbeda-beda. Namun kebanyakan orang berfikir bahwa panyakit kanker itu menular. Apakah ini benar?

Penyakit kanker sama sekali tidak menular, bahkan penyakit ini bisa disembuhkan jika dilakukan pengobatan sejak dini. Seperti yang kita tahu, tidak sedikit masyarakat yang mendiskriminasi para penderita kanker karena dianggap akan menularkan penyakit tersebut.

Hal ini hanya akan memperparah keadaan pasien. Perlu kita sadari, salah satu kekuatan penderita kanker untuk bertahan yakni dengan adanya dukungan dari orang-orang sekitar, semakin pasien ditekan dengan berbagai pembicaraan dan sikap yang tidak baik maka semakin kecil pula harapan hidup pasien.

Salah satu faktor penyebab yang paling utama yakni ”pola hidup yang tidak sehat”

Sekarang ini, negara kita sudah lebih maju, cara hidup yang kita alami dari masa ke masa pun berbeda. Dimulai dari mengerjakan perkejaan rumah, kita dengan mudah mengerjakan perkerjaan rumah tanpa membuang waktu dan tenaga yang banyak. Hidup di zaman modern bukan hanya menimbulkan efek positif saja. Justru banyak efek negatifnya. Mengapa demikian?

Semakin mudah pekerjaan kita setiap hari maka semakin sedikit pula aktivitas gerak kita. Sudah jarang olahraga, aktivitas hanya berbatas sekali, kita lebih banyak diam dan mengandalkan barang-barang modern yang ada. Belum lagi ditambah dengan makanan tidak sehat yang sekarang ini bermunculan. Inilah faktor-faktor penyebab munculnya obesitas, dan berbagai penyakit bahaya lainnya termasuk kanker.

Pola hidup seperti apa yang bisa menyebabkan kanker? Pola makan yang tidak teratur, diet yang tidak sehat, pengkonsumsian rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang juga bisa beresiko menyebabkan kanker. Namun baru-baru ini ditemukan fakta bahwa penggunaan plastik pun beresiko kanker.

Benarkah penggunaan plastik sekali pakai bisa sebabkan kanker?

Kita mungkin sudah terbiasa dengan makanan yang dibungkus plastik sekali pakai, ada yang berbentuk gelas, plastik lipat dan masih banyak lagi. Penggunaan plastik sejenis itu dapat meningkatkan keuntungan penjualan, karena itulah banyak pedagang yang menggunakannya. Kita harus tau, bahan utama pembuatan plastik tersebut adalah styrene.

Apa itu styrene? Yakni salah satu zat kimia yang memiliki sifat karsinogenik yang tidak lain merupakan penyebab penyakit kanker.Ketika kita terkontaminasi oleh paparan bahan tersebut maka resiko terinfeksi kanker bisa saja terjadi.Jangan biasakan mengkonsumsi jajanan yang mengunakan plastik, apalagi jika jajanan itu panas, misalnya gorengan atau bakso yang dibungkus plastik, zat kimia yang terkandung di dalam plastik lebih mudah leleh dan bersatu bersama makanan tersebut.

Selain mengatur makanan, hindari pula penggunaan fiberglas, onderdil otomotif, pipa plastik, dan juga wadah minuman sekali pakai. Zat penyebab kanker yang harus kamu ketahui yakni cobalt-tungsen carbide, captafol, o-nitrotulene, dan juga riddelline. Jika anda terkontaminasi dengan jenis-jenis zat tersebut maka kemungkinan anda akan mengidap kanker darah, kanker prankeas dan esofagus.

Bagaimana cara pencegahan penyakit kanker?

  • Tinggalkan pola hidup yang buruk. Hindari pengkonsumsian alkohol, rokok dan sejenisnya
  • Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Seperti sayuran, buah-buahan, minum air putih, jus dan masih banyak lagi.
  • Hindari pengkonsumsian makanan menggunakan plastik. Anda bisa mengambil piring dari rumah untuk meminimalisir hal tersebut
  • Jauhkan diri dari pembakaran bahan plastik. Asap sampah plastik mengandung zat yang berbahaya jika terhirup, jauhkan dari jangkauan anak-anak, atau usahakan agar pengolahan sampah plastik bisa di daur ulang atau menggunakan cara yang ramah lingkungan.
  • Jaga kebersihan lingkungan Sebelum perhatian tentang keadaan di luar sana perhatikan dulu rumah sendiri, jaga kebersihannya seperti ruang kamar, halaman dan sebagainya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *