Biaya kemoteraphy kanker di Indonesia

Seperti yang kita tahu,banyak sekali pasien kanker yang mati berguguran karena tidak bisa mempertahankan hidupnya. Semua jenis kanker memiliki derajat yang sama. Kanker payudara, kanker otak, kanker hati, kanker tulang dan berbagai jenis kanker lainnya tergabung kedalam jenis penyakit kelas berat yang wajib kita hindari. Karena itulah, kanker termasuk ke dalam daftar penyakit berbahaya yang paling ditakuti.

Mengapa kanker begitu ditakuti? Sel kanker dapat tumbuh cepat dan berkembang tanpa kita sadari, ketika sudah menyebar dan sulit diatasi pasien mendapati berbagai ancaman yang sangat menyeramkan. Dimulai dari resiko kematian yang berbatas, berubahnya kondisi tubuh dan berbagai ancaman lainnya. Inilah yang menyebabkan mental pasien kanker melemah.

Meski mendapat ancaman kematian yang sangat tinggi, bukan berarti menjadi penghalang bagi pasien untuk menjemput kesembuhan. Faktanya, tidak sedikit juga pasien kanker yang mampu bertahan hidup melalui jalan pengobatan. Yah, pengobatan medis yang sudah sangat canggih ini mampu memberi harapan bagi pasien untuk sembuh.

Salah satu metode penyembuhan kanker yang banyak dilakukan adalah, kemoteraphy. Meski banyak sekali metode menyembuhan, namun pada faktanya, banyak penderita yang akhirnya tidak bisa bertahan karena beberapa hal.

Pertama, karena memang sel kanker sudah menyebar dan tidak bisa diatasi. Kedua, karena biaya pengobatan kanker yang tidaklah sedikit.  Alasan kedua ini menjadi salah satu alasan terkuat yang sering terjadi. Memangnya berapa rincian biaya yang harus dikeluarkan?

Tanpa kemoterapi

Gunakan Herbal untuk mengobati semua jenis kanker

untuk mengatasinya

Berapa biaya yang harus dikeluarkan selama pengobatan kanker?

Salah satu alasan mengapa penderita kanker mati berguguran adalah, karena tidak sanggup memenuhi pembiayaan pengobatan. Yah, biaya pengobatan kanker tidaklah sedikit, meski telah merelakan beberapa rumah, petak tanah, emas, atau barang berharga lainnya, terkadang masih belum bisa menutupi pembiayaan yang mau tidak mau harus keluar setiap bulannya. Berikut perincian biaya yang harus dikeluarkan.

Menurut keterangan Dr Ulfana Said Umar, Wakil Sekretaris Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menyatakan jika rata-rata biaya yang dikeluarkan dalam pengobatan kanker yakni sebesar Rp 102-106 juta/bulan. Diagnosis awal saja sudah memerlukan biaya 10juta, jika kanker harus dioperasi minimal dibutuhkan 25-29 juta.

Dan paling penting adalah pembiayaan kemoteraphy dan radiasi, kedua metode ini memerlukan pembiayaan yang rutin karena tidak berhenti-henti dan terus dilakukan hingga kanker sembuh, atau jika pasien kuat menjalaninya. Berapa biaya kemoteraphy dan radiasi? Rp 2-6 juta sekali terapi sebanyak rata-rata 6 kali terapi.

Biaya yang tercantum diatas masih di kategorikan rata-rata. Pembiayaan bisa jadi lebih mahal atau lebih sedikit dari yang telah terprediksi. kembali lagi kepada seberapa parah kanker yang di obati, juga jenis kanker yang diidap.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *