Biaya program bayi tabung dan alternatifnya yang lebih murah

Menempuh perjalanan rumah tangga selama bertahun-tahun tetapi tidak memiliki keturunan juga membuat pasangan suami istri mencari berbagai pengobatan yang dapat mengatasinya. Bayi tabung menjadi salah satu upaya yang paling sering diandalkan.

Metode bayi tabung lebih banyak dipilih karena prosesnya yang tidak memakan waktu lama. Bagi segelintir orang yang baru mengerti mungkin masih awam dengan istilah ini.

Secara rincinya,bayi tabung merupakan proses/tehnik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi diluar tubuh wanita. Adapun proses dari bayi tabung itu sendiri adalah mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, yaitu pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sperma dilakukan dalam sebuah medium cair.Sepanjang yang kita tahu, pembuahan dilakukan secara alami melalui jalan hubungan intim, dimana ketika itu banyak peluang bertemunya sel sperma dengan sel telur wanita.

Karena lalu gagal mencoba melalui hubungan intim, pembuahan bisa dilakukan secara rekayasa menggunakan metode bayi tabung ( In Vitro Fertilizition). Yang ada di dalam benak kita mungkin, bagaimana cara melakukan pembuahan diluar tubuh manusia? Bukannya pembuahan memerlukan bantuan organ lain di dalam tubuh?Nah untuk menjawab tanda tanya anda, berikut adalah proses pembuahan bayi tabung yang harus anda amati.

Bagaimana proses pembuahan Bayi tabung?

  • Seleksi pasien. Melakukan metode bayi tabung tidak semudah yang dikira, suami harus memiliki syarat-syarat tertentu untuk mengikuti program tersebut, Jika layak, maka bisa memasuki tahapan selanjutnya.
  • Stimulasi. Bertujuan untuk memastikan banyaknya sel telur. Sel telur memang hanya satu, namun dalam program ini, dibutuhkan banyak sel telur untuk memperoleh embrio.
  • Pemantauan pertumbuhan folikel melalui ultrasonografi (folikel yakni cairan berisi sel telur di dinding telur) Pemantauan ini bertujuan untuk melihat apakah sel telur sudah cukup matang untuk dipanen
  • Mematangkan sel telur. Yakni dengan menyuntikan obat agar siap di panen. umumnya 8 sampai 15 sel telur
  • Pengambilan sperma suami.Jika suami normal pengambilan bisa dilakukan dengan cara masturbasi, jika terjadi masalah, pengambilan bisa melalui cara operasi
  • Pembuahan(Fertilisasi) Mengasilkan embrio
  • Transfer embrio kembali ke dalam rahim. Agar terjadi kehamilan, embrio akan terbentuk
  • Penunjang fase luteal yakni untuk mempertahankan dinding rahim/
  • Penyimpanan embrio. Jika ada lebih embrio, disimpan untuk kehamilan selanjutnya.

Baca Juga : Bayi tabung beresiko mengalami Autis, Benarkah?

Rincian biaya bayi tabung yang umum di rumah sakit

Proses kehamilan yang modern dan lebih cepat ini tentu memakan biaya medis yang tidak sedikit. Namun hal ini tidak menjadi beban yang berat demi terciptanya sang buah hati. Nah, bagi ibu-ibu yang berniat melakukan metode bayi tabung, berikut rincian biaya yang diambil dari beberapa rumah sakit di indonesia.

1. Klinik Morula RS Bunda Jakarta, klinik ini menawarkan harga sekitar 40juta. Nominal ini termasuk IVF, kontrol lab, dll.

2. Klinik FFC (Family Fertility Center) di RS Family Pluit Jakarta. Cost untuk program bayi tabung berkisar 20 sampai 65 juta.

3. Klinik melati RSAB Harapan kita, Cost program bayi tabung kurang lebih 24juta hingga 80 juta dengan tingkat kesuksesan meraih 30 sampai 40%.  Biaya meliputi kontrol kesuburan, inseminasi intra uterin, analisis sperma, taruh beku sperma serta embrio. laparoscopu dll.

4.Klinik daya medika. Cost program bayi tabung dengan kisaran 30juta. Mendasarkan metode SMART (Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive, Technology) juga meraih tingkat kesuksesan diatas 50%.

5. RS Hasan Sadikin Bandung. Program bayi tabung di rumah sakit ini berkisar harga 49juta untuk satu siklus.

6. RSIA Bunda Menteng. Cost program bayi tabung dengan harga mulai 40juta. Termasuk harga IVF serta kontrol laboratorium dsb.

Biaya diatas hanya gambaran saja, pembiayaan tambahan mungkin saja terjadi melihat bagaimana kondisi pasien. Misal, pasien dengan endometriosis atau sperma suami buruk maka obat yang diberikan pun berbeda, ada serangkaian pengobatan lain yang membutuhkan biaya tambahan.

Diantara pilihan rumah sakit yang ada, Klinik Daya Medika memberikan janji yang lebih ungul diantara klinik atau rumah sakit yang lain. Disana, biaya berkisar harga 30juta dengan tingkat kesuksesan lebih dari 50%. Jadi, anda harus mencoba klinik tersebut sebagai pilihan utama.

Namun, bagi segelintir orang, biaya yang tertera tidak bisa terpenuhi dengan mudah. Seperti yang kita tahu, perekonomian setiap orang itu berbeda-beda. Lalu karena masalah ekonomi harapan seseorang untuk mendapat keturunan tidak bisa terpenuhi? Tidak.

Saya akan memberikan solusi lain bagi anda yang sedang mencari program kehamilan yang lebih murah, aman dan berkualitas. Pengobatan apa yang dimaksud? Info selengkapnya Ovary Nutrition Capsule, Membantu Menyuburkan Kandungan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *