Cara alami membuat tidur anda menjadi berkualitas, lakukan hal ini sebelum anda tidur

Seperti yang telah kita ketahui bahwa baik buruknya kualitas tidur dapat berpengaruh terhadap kesehatan, jika kualitas tidur kita buruk maka kondisi tubuhpun akan buruk. Sebaliknya, jika kita dapat memenuhi porsi tidur secara normal maka tubuh menjadi lebih sehat.

Meski telah mengetahui demikian, tetapi pada faktanya masih banyak yang menghiraukan anjuran ini, kebanyakan orang lebih suka tidur larut malam dan berlama-lama memainkan gadget, komputer, nonton film drama, atau hal-hal lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Kebiasaan dan kepribadian seseorang memang berbeda-beda, mungkin ada yang mudah ngantuk dan tidur dimana saja, atau ada juga yang lebih suka tidur larut malam dan bangun siang esoknya, atau ada juga yang sama sekali tidak tidur semalaman.

Padahal, tidur memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh salah satunya yakni untuk memulihkan organ yang sudah lelah berakt ivitas seharian. Bayangkan saja setelah seharian melakukan aktivitas anda masih memaksakan tubuh untuk tetap terjaga di malam harinya otomatis kinerja organ di dalam tubuh akan mengalami penurunan akibat kelalaian anda untuk memenuhi pola tidur yang normal.

Jika organ tubuh tidak mendapatkan istirahatnya dengan benar maka kita pun tidak mampu melakukan aktivitas dengan baik. Kenapa?

Karena tubuh terlalu lelah, karena tubuh butuh istirahat yang cukup, itulah mengapa kurangnya porsi tidur yang baik dapat mempengaruhi kesehatan. Kurang tidur bukan hanya mempengaruhi kesehatan saja tetapi dapat mengukir lingkaran hitam di area mata yang semakin lama aktivitas ini dilakukan maka lingkaran hitam semakin nampak. Jangan mau jadi jelek, segera atasi semua ini dengan pola hidup yang normal. Tetapi tidur bukan hanya sembarangan tidur saja, sebelum pergi tidur alangkah lebih baiknya anda melakukan beberapa hal sebelum tidur yang sangat direkomendasikan.

Lakukan hal ini sebelum anda tidur

Bersihkan tempat tidur.

Yang membuat seseorang sulit tidur sebenarnya tidak selalu dikaitkan dengan kegiatan yang mengganggu sebelum tidur. banyak yang ingin tidur tetapi tidak bisa mendapat kenyamanan sehingga porsi tidur menjadi tidak terpenuhi. Salah satu penyebab sulitnya tidur bisa diakibatkan oleh lingkungan yang tidak kondusif seperti tempat tidur yang kotor sehingga tidak nyaman untuk ditiduri.

Saat bangun anda mungkin malas membersihkan tempat tidur sehingga dibiarkan begitu saja, saat kembali untuk tidur anda mungkin makin malas lagi karena ngantuk, tempat tidur yang tidak dibersihkan dengan benar bisa saja terdapat bakteri yang tidak bisa anda lihat secara kasat mata. Selama anda tidur bakteri atau jenis kuman lainnya bisa dengan mudah menggerayangi tubuh anda. Nah untuk itu penting bagi anda untuk membersihkan tempat tidur dengan benar.

Banyak meminum air putih

sesaat sebelum tidur jangankan ingin minum air putih, mungkin sebagian orang malas dan malah eneg untuk minum terlebih dahulu. Padahal minum air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan terlebih bagi anda yang memiliki masalah pencernaan. Saat tidur sistem pencernaan bekerja untuk mencerna makanan yang seharian ini kita makan, dengan meminum air putih sebelum tidur akan membantu melancarkan proses tersebut.

Mandi air hangat sebelum tidur.

Setelah lelah sepulang kerja jangan langsung tidur meskipun dorongan untuk tidur sangat kuat, usahakan untuk mandi terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat ditambah campuran rempah-rempah, mandi air hangat memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah dan membuat saraf tubuh menjadi lebih rileks.

Jangan makan melebihi jam 7 malam

Ahli gizi menyatakan bahwa batas makan malam yang paling baik adalah jam 7 malam. hal ini masih berkaitan dengan sistem pencernaan sebab mengkonsumsi makanan dekat dengan tidur akan menyuilitkan makanan tersebut untuk dicerna dengan baik.

Menggosok gigi.

Adalah hal yang paling umum dilakukan tetapi paling sering ditinggalkan, terkadang timbul dorongan rasa malas yang membuat anda ingin segera tidur tanpa menggosok gigi terlebih dulu. Padahal menggosok gigi sebelum tidur memiliki peranan yang penting yakni menggosok gigi guna membersihkan kuman dan bakteri yang menyelip di sela-sela gigi.

Setelah melakukan kegiatan tersebut maka tidurlah dengan nyaman dan penuhi porsi tidur anda secara normal. Namun bukan berarti anda bernyaman-nyaman tidur tanpa batasan waktu yang wajar, hal ini juga sangat tidak disarankan. Beristirahatlah dengan normal, terlalu banyak tidur justru dapat membahayakan kesehatan. Tidak percaya? Baca penjelasannya Terlalu banyak tidur, ini dampaknya bagi kesehatan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *