Cara cepat mengobati perut kembung pada bayi

Bagi anda yang mungkin baru memiliki bayi untuk pertama kalinya, ini akan menjadi tantangan bagi anda untuk memulai semua hal baru. Dari mulai menyusui, memandikan, menggantikan popok, menidurkannya, ini akan menjadi pengalaman seru yang anda lakukan pertama kali. Begitupun saat anak rewel, ini juga akan menjadi situasi yang seru apalagi jika rewelnya anak tidak kunjung berhenti.

Jika begini, bukan malah seru, ada kemungkinan anda menjadi jengkel dan muak dengan tingkahnya. Tapi yang harus anda pahami adalah, ketika anak rewel tidak semua alasannya karena dia manja, atau pipis di celana. Bisa jadi, dia sedang terserang penyakit yang tidak anda sadari. Sebagai ibu yang peka dan romantis, alangkah baiknya ketahui juga saat-saat menyedihkan seperti ini. Banyak lho yang tidak tahu keadaan yang dialami bayinya hingga bayi jadi semakin parah.

Biasanya kondisi bayi yang umum terjadi adalah, panas, batuk, perut kembung dan beberapa gejala umum lainnya. Namun, kondisi yang paling sering terjadi adalah, perut kembung. Karena kenapa? Perut kembung disebabkan oleh gas yang berlebihan di dalam saluran pencernaan, kita yang sudah dewasa saja sering mengalaminya bukan? Nah, ternyata gangguan perut kembung lebih rentan lagi menyerang bayi, karena sistem pencernaannya masih rentan.

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi?

Berbeda dengan cara pengobatan perut kembung orang dewasa, mengobati bayi memang memiliki tingkat yang lebih tinggi. Lho kenapa? salah pengobatan pada bayi bisa berakibat fatal.

Misalnya, dengan cara di urut, ketika salah saja mengurut bagian yang sensitif maka efeknya sangat fatal sekali. Ini karena organ bayi masih belum sekuat orang dewasa, masih rentan dan sensitif sekali.

Ketika di hadapkan pada situasi yang darurat anda sebagai orang tua baru mungkin merasa panik, bingung, dan galau berat.

Apa yang harus dilakukan saat itu juga, pertolongan apa yang harus anda lakukan demi meringankan gejala? Nah dari sinilah muncul permasalahannya. Ketika bingung, orangtua baru, atau tidak orang tua lama pun sering melakukan cara pengobatan yang salah. Misal dengan memberi anak obat-obatan apotik. Atau memberi anak ramuan yang tidak jelas asal usulnya. Nah, untuk meminimalisir kesalahan ini, ada baiknya lakukan pengobatan alami yang saya rekomendasikan berikut.

Baca juga:Sembuhkan perut kembung dengan jus alpukat

Cara pengobatan alami untuk menyembuhkan perut kembung pada bayi

Hindari makanan dan minuman yang beresiko. Hindari makanan seperti kubis, kentang, jagung, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan brokoli. Kurangi atau hindari pengkonsumsian makanan ini sementara waktu. Bagi anda yang menyusui asi juga hindari makanan ini karena nutrisi yang masuk ke tubuh bayi tergantung dari makanan yang anda konsumsi. Tetapi jangan dihilangkan juga, jika si bayi sudah baikan maka boleh di konsumsi lagi.

Mengosok perut bayi. Ini merupakan pertolongan utama yang harus anda lakukan. Gosok dan pijat lembut perut bayi menggunakan minyak telon atau minyak kayuputih. Boleh gunakan bawang merah? Boleh. Tetapi jangan berlebihan karena bisa membakar kulit bayi.

Perhatikan posisi menyusui. Posisi menyusui menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi. Usahakan agar kepala bayi lebih tinggi saat diberi dot atau disusui. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran air tepat ke bawah perut.

Perhatikan jenis susu formula. Mungkin saja ada ketidak cocokan si bayi dengan susu formula yang anda baru beli, bisa diganti dengan merk yang lebih cocok. Atau usahakan untuk memberinya ASI.

Sebelum masuk ke proses pengobatan, ada baiknya ketahui dulu beberapa penyebab perut kembung pada bayi. Hal ini ditujukan untuk mencocokan pengobatan dengan penyebab yang dialami bayi. Selain itu, anda bisa meminimalisir kesalahan di kemudian hari.

Baca infonya disini : Penyebab perut kembung pada bayi yang harus dihindari

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *