Cara cepat meredakan nyeri haid saat hari pertama, menurut rekomendasi dokter

Menstruasi termasuk siklus bulanan yang terjadi kepada setiap wanita yang merupakan tanda bahwa wanita itu telah masuk massa pubertas. Siklus ini biasanya terjadi pada wanita di usia 13thn hingga mencapai usia maksimum. Seseorang yang telah menopause sudah tidak bisa mengalami menstruasi dan tidak bisa di buahi.

Saat siklus ini datang ganggguan utama yang sangat menganggu adalah Nyeri haid yang tidak tertahankan. Nyeri haid atau disminore adalah kram otot pada bagian perut bawah dan menyebar hingga ke bagian tubuh lain seperti punggung dan paha. Nyeri yang dirasakan sangat menganggu dan menghambat aktivitas. Nyeri haid yang dirasakan setiap orang berbeda-beda ada yang biasa saja ada pula yang sangat menyiksa hingga penderita pingsan atau bahkan kejang. Nyeri ini biasanya terjadi selama 3-4 hari selama periode awal menstruasi.

Nyeri saat haid memang termasuk gejala menstruasi yang umum terjadi dan bukan termasuk gejala sakit yang parah, namun jika hal ini dibiarkan rutinitas menjadi terganggu dan akan terhambat. Meskipun rasa sakit ini akan hilang dengan sendirinya tetapi lebih baik untuk melakukan pengobatan yang bisa meredakan nyeri tersebut.

Mengapa saat menstruasi muncul sakit perut?

Nyeri haid terjadi karena kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun pada saat menstruasi kontraksi ini terjadi di dinding rahim, kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Kurangnya suplai oksigen lah yang menciptakan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Untuk itu mengapa dokter sering menganjurkan kita untuk banyak meminum air putih saat sedang haid, hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah pada dinding rahim.

Obat herbal nyeri haid terbaik

Meredakan Nyeri haid dengan Ace Max’s

Bagaimana cara mengatasi nyeri haid dengan alami?

Banyak sekali jenis obat-obatan pereda nyeri haid yang beredar di apotik atau warung, meski banyak yang berhasil dengan menggunakan cara ini tetapi tidak sedikit pula yang mengalami gejala yang lebih parah. Mengapa ini terjadi? setiap orang memiliki kecocokan tersendiri terhadap obat-obatan yang di konsumsi, jika hal buruk terjadi mungkin saja itu disebabkan oleh alergi obat. Untuk itu langkah terbaik yang seharusnya anda lakukan adalah dengan melakukan pengobatan alami yang bisa anda lakukan di rumah. Berikut pengobatan alami yang telah di rekomendasikan oleh dokter.

  • Minum ramuan kunyit

Kunyit terkenal sebagai obat herbal yang ahli dalam mengobati berbagai penyakit terutama penyakit pencernaan seperti maag kronis, asam lambung, diare dan lainnya.  Kandungan curcuminoid yang ada di dalam kunyit dipercaya efektif untuk mengangkat sel-sel asing yang ada pada tubuh sekaligus sebagai detoksifikasi. Selain itu air perasan kunyit mampu membantu peluruhan dinding andometrium menjadi lebih mudah dan bersih sehingga dinding rahim tidak terlalu berkontraksi secara berlebihan.

  • Ramuan Cengkeh

Selain ahli dalam mengobati sakit gigi, ternyata cengkeh juga berkhasiat untuk mengobati sakit perut saat haid (disminore). Kandungan cengkeh mampu melancarkan peredaran darah sehingga nyeri haid menjadi menurun. Caranya : siapkan 2 bunag cengkih, 7 butir ketumbar, kunyit berukuran 2cm, 1 sendok teh parutan biji pala. Semua bahan direbus dengan air 1 gelas hingga tersisa setengahnya. Saring airnya lalu minum. Konsumsi ramuan ini hingga nyeri haid sembuh.

  • Ramuan daun beluntas

Daun beluntas biasa dijadikan tanaman pagar untuk menghias halaman depan rumah oleh orang pedesaan. Selain menjadi tanaman hias ternyata beluntas mengandung khasiat untuk mengobati nyeri haid. Nah, bagi anda yang sedang mengalami nyeri haid segera ambil beberapa helai daun beluntas untuk mengobatinya. Caranya : siapkan 20 lembar daun beluntas, lalu cuci hingga bersih dan diremas-remas hingga hancur. Seduh dengan air panas dengan diberi sedikit asam jawa dan garam lalu disaring. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

  • Ramuan lengkuas

Bumbu dapur satu ini ternyata memiliki khasiat lain dalam kesehatan yaitu untuk menyembuhkan nyeri haid. Caranya : siapkan seibu jari lengkuas segar, kunyit sebesar telunjuk yang lelah dicuci bersih dan dikupas, 1 sdm ketumbar, 3 tanaman meniran dan akarnya. Setelah semua bahan terkumpul, rebus semua bahan dengan 4 gelas hingga airnya tinggal setengah, saring ampasnya lalu minum ramuan tersebut. Jika tersisa simpan sisa ramuan di lemari es untuk dikonsumsi esoknya.

  • Jus wortel

Wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan gizi yang banyak, selain itu wortel dapat menyembuhkan nyeri haid dengan efektif. Caranya yaitu : siapkan 250 gram wortel kemudian cuci bersih. Potong-potong dan masukan blender kemudian tambahkan air secukupnya. Minum jus wortel hingga nyeri hilang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *