Cara mengetahui makanan yang sudah kadaluarsa

Ketertarikan yang lebih terhadap makanan-makanan kemasan menjadikannya primadona diantara makanan lainnya. Namun, perlu kita ketahui bahwa dalam memilih makanan bukan hanya sembarang memilih saja, namun ada hal-hal yang harus anda perhatikan selain harga. Yakni tanggal kadaluarsa kemasan.

Tanggal akhir pemakaian merupakan tanda bahwa kita tidak boleh mengkonsumsinya lagi mengingat kandungan tersebut sudah tidak layak pakai.Namun apa yang biasanya terjadi? karena merasa kemasan masih bagus orang terkadang tidak memperdulikan hal tersebut dan tetap mengkonsumsinya.

Padahal kemasan sama sekali tidak berpengaruh terhadap kualitas makanan, bisa saja makanan yang ada di dalam kemasan yang bagus memiliki nilai gixi yang sedikit. Makanan kemasan mengandung zat pengawet yang akan membahayakan tubuh jika dimakan melebihi tanggal pemakaian. Meski masih terlihat baik-baik saja, kandungan di dalamnya sudah tidak layak dikonsumsi.

Bagaimana cara mengetahui makanan yang sudah kadaluarsa?

Ingat, hal pertama yang harus anda  perhatikan saat membeli makanan kemasan adalah melihat tanggal kadaluarsanya, namun terkadang kita jarang memperhatikannya sehinga makanan yang kita beli sudah melewati batas kadaluarsa, sebagian orang mungkin langsung membuangnya, sedangkan sebagian lagi tetap memakannya karena dianggap mubazir.

Atau terkadang kita sulit membacanya sehingga tidak mengetahui kadaluarsa atau tidaknya makanan tersebut. Untuk mengantisipasinya berikut ciri-ciri makanan yang sudah kadaluarsa yang perlu anda ketahui

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya jika makanan yang kadaluarsa yaitu makanan yang telah melewati batas tanggal pengkonsumsian. Meskipun tanggal tersebut baru akan kadaluarsa 2-3 hari lagi maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya dan langsung membuangnya.

Makanan yang tidak baik dikonsumsi tidak selalu di kaitkan dengan berakhirnya tanggal kadaluarsa. Karena pada faktanya banyak makanan yanng tidak melewati tanggal kadaluarsa tetapi makanan tersebut tidak layak makan. Seperti kemasannya sobek atau sedikit bolong. Itu tandanya makanan tersebut telah terkontaminasi dengan bakteri dan kuman yang masuk melalui celah tersebut. Jika kemasan makanan sudah rusak maka buang saja makanan tersebut.

Rasa yang berbeda. Terkadang ada saja kemasan makanan yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa sehingga kita harus benar-benar jeli. Nah, cara untuk mengetahuinya adalah dengan membedakan rasanya, jika rasa makanan tersebut masih sama dengan rasa sebelumnya mungkin makanan ini masih terbilang aman dan belum kadaluarsa. Tetapi jika makanan atau minuman tersebut memiliki rasa yang berbeda maka segera hentikan pengkonsumsian.

Tips memilih makanan yang tidak kadaluarsa

Pertama, pastikan makanan tersebut minimal memiliki exp 2 bulan sebelum masa kadaluarsa berakhir. Untuk mengantisipasi keracunan saat pengkonsumsian maka ambilah jarak yang lumayan jauh sebagai patokan pengkonsumsian yang baik.

Kedua, pastikan makanan tersebut memiliki label halal. Banyak sekali makanan yang tidak mencantumkan label halal, makanan ini mungkin saja mengandung bahan atau zat makanan yang tidak sehat.Ketiga, Jika ingin membeli makanan berkaleng pilihlah makanan dengan jenis kaleng yang masih baik dan tidak penyok untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan produk.

Keempat, Perhatikan komposisi makanan tersebut, kebanyakan orang langsung saja memakannya, nah sekarang ubah kebiasaan itu dan coba perhatikan komposisi yang ada di dalamnya. Pilihlah makanan yang bertuliskan telah terdaftar di departemen kesehatan. Hindari pula mengkonsumsi makanan yang tidak mencantumkan alamat produsen dengan jelas.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *