Cara Mengobati Asma Menggunakan Bahan Alami

Asma adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernapas, pengobatannya pun berlangsung lama dan cenderung sulit disembuhkan. Serangan asma terjadi ketika ada halangan di aliran udara di paru-paru. Penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui tetapi dapat dipicu oleh alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, sulfida dalam makanan dan obat-obatan tertentu.

Gejala asma secara umum :

  • Batuk, terutama pada malam hari
  • Sulit bernafas
  • dada sesak
  • Mengi (bersiul atau suara melengking di dada saat bernapas, terutama saat menghembuskan napas)

Gejala asma dapat dipicu oleh paparan alergen (seperti ragweed ,serbuk sari, bulu binatang atau tungau debu), iritasi di udara (seperti asap, asap kimia atau bau yang kuat) atau kondisi cuaca ekstrim. Emosi yang kuat juga dapat mempengaruhi pola pernapasan normal seperti berteriak, menangis atau tertawa sehingga menjadi pemicu kambuhnya asma. Para ilmuwan telah menemukan bahwa saat emosi napas yang cepat dan kuat dapat menyebabkan tabung bronkial mengerut, sehingga sulit saat bernafas.

Gejala asma dapat muncul sewaktu-waktu, serangan ini bisa berlangsung hanya beberapa menit dan dapat diselesaikan secara spontan atau dengan obat-obatan saja, terkecuali serangan asma yang sudah kronis dapat bertahan berjam-jam bahkan berhari-hari.

Seseorang yang mengidap penyakit ini akan bergantung terhadap obat, hal ini akan memperlambat penyembuhan dan membuat tubuh ketergantungan terhadap obat-obatan kimia. Ada baiknya untuk melakukan therapy atau pengobatan mengunakan bahan-bahan yang alami agar tubuh lebih sehat. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan asma :

Jahe

Jahe adalah bahan alam yang mudah dijumpai khususnya di indonesia, jahe digunakan untuk pembuatan jamu gendong, atau minuman hangat seperti wedang jahe. Selain rasanya yang enak jahe sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk asma. Para penelitian telah menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan saluran napas dan menghambat kontraksi saluran napas.

Resep 1 :Campurkan jahe, delima dan madu dengan jumlah yang sama. konsumi campuran tsb satu sendok makan sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Resep 2 : Seduh satu sendok teh bubuk jahe dengan setengah gelas air hangat, minum sebelum tidur.

Resep 3 : Potong satu inci jahe menjadi potongan-potongan kecil lalu didihkan didalam panci. Biarkan hingga hangat kemudian minum.

Resep 4 : Untuk detoksifikasi paru-paru anda, siapkan ramuan fenugreek dengan merebus satu sendok makan biji fenugreek lalu tambahkan satu sendok teh  jahe dan madu di dalamnya. Minum larutan ini setiap pagi dan sore.

Minyak Mustard

Ketika mengalami serangan asma, memijat dengan minyak mustard dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan memulihkan pernapasan agar normal kembali.

  1. Panaskan sedikit minyak mustard dengan sedikit kapur barus.
  2. Pindahkan ke dalam mangkuk lalu gosok lembut di dada dan punggung atas.
  3. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai gejala mereda.

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih dapat membantu kemacetan dalam paru-paru, cara penyajiannya :

  1. Rebus dua atau tiga siung bawang putih.
  2. Tiriskan air nya
  3. Biarkan hingga dingin kemudian meminumnya.

Kopi

Kafein dalam kopi bisa membantu mengendalikan serangan asma karena berfungsi sebagai bronkodilator. kopi yang disajikan selagi hangat membuat tubuh rileks dan berguna untuk membersihkan saluran udara agar bernafas lebih mudah.

Madu

Madu berkhasiat untuk mengeluarkan cairan lendir yang menghambat saluran pernapasan. Konsumsi madu 2-3 sdm dengan campuran air hangat, jangan terlalu panas juga jangan memakai air dingin karena akan memperburuk kondisi pernapasan dan juga merusak nutrisi yang dikandung dalam madu. Cara penyajiannya bisa juga dengan menambahkan jahe, kunyit atau kayu manis atau dengan menambahkan tumbukan bawang putih.

Bunga Kenanga Kering

Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih, tiriskan bunga nya, biarkan sampai airnya dingin lalu minum. Untuk menyembuhkan asma secara maksimal, konsumsi ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

Selain bungan kenangan, anda juga bisa menggunakan bunga melati dengan cara pembuatan yang sama, atau bisa juga dengan ditambahkan sedikit gula untuk menambah rasa manis.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *