Cara mengobati pilek dengan air garam

Musim hujan sering dikaitkan dengan wabah penyakit, bagaimana tidak saat musim hujan datang banyak keluhan terjadi seperti flu, disentri, batuk hingga kasus yang lebih parah yakni DBD. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang kurang bersemangat saat musim hujan datang.

Pilek merupakan penyakit musiman yang sering melanda saat musim hujan datang, meski termasuk penyakit yang ringan dan mudah disembuhkan jika pilek dibiarkan tanpa pengobatan yang benar bisa meningkat menjadi tahap penyembuhan yang lebih lama.

Jika tidak dilakukan pengobatan sejak awal akan muncul berbagai gejala lain seperti batuk, sakit tenggorokan, demam dan pusing. Nah, setelah anda pada tahap ini bagian mana yang akan di obati terlebih dulu? berbahaya mengobati semua jenis penyakit sekaligus apalagi dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia, yang ada tubuh anda akan mengalami komplikasi.

Lalu bagaimana cara penyembuhan yang lebih efektif? jawabannya ”dengan menggunakan bahan-bahan” alami dapat dengan mudah kita temukan dengan harga yang lebih ekonomis pula, selain itu khasiat yang ditimbulkan lebih efektif tanpa efek samping yang berbahaya.

Salah satu penyembuhan yang yang efektif yakni dengan mengguankan garam. Ya, garam dapur yang sering kita gunakan untuk menambah rasa dalam masakan ternyata mempunyai keunggulan khusus dalam mengobati penyakit pilek.

Cara mengobati pilek dengan garam

Cara pertama :

Siapkan satu gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok garam. Kandungan garam  mampu menarik cairan  yang ada di dalam hidung, buang cairan di dalam hidung lalu bersihkan menggunakan air garam dengan cara membasuhnya.

Cara kedua :

Sama seperti sebelumnya, siapkan satu gelas air hangat lalu tambahkan setengah sendok garam. Bedanya, kali ini air garam and gunakan untuk berkumur. Hal ini bertujuan untuk membuang dahak  yang ada pada tenggorokan.

Cara mengobati pilek dengan cara lain

  • Perbanyak mengkonsumsi air hangat
  • Gunakan air hangat untuk mandi
  • Hindari mengkonsumsi ai dingin atau es
  • Gunakan aroma bawang putih atau bawang merah.
  • siapkan 1 bawang putih atau bawang merah (salah satu) belah menjadi dua bagian, lalu hirup aroma nya.
  • Ketika wabah pilek datang, gunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan anda agar tidak mudah tertular

Bagaimana cara mencegah penyakit pilek?

Hujan bukanlah musim yang harus kita takutkan apalagi untuk hindari. Bagaimana jika hujan tidak turun dalam jangka waktu yang panjang? bukan hanya sekedar penyakit saja melainkan kehidupan kita akan terancam. Rutinitas kita akan terganggu tanpa adanya air, kita akan kehilangan objek untuk melangsungkan kehidupan.

Pada dasarnya hujan hanyalah perantara, selebihnya kita yang harus mampu mengatasinya, cara terbaik yang harus kita lakukan yakni melakukan pola hidup yang sehat dan membiasakan diri dengan melakukan sesuatu yang lebih manusiawi.

Seperti yang sudah saya katakan kuncinya adalah ”melakukan pola hidup yang sehat” dengan begitu anda akan memiliki antibodi yang kuat. Antibodi yang kuat akan menghalangi jalannya wabah penyakit yang berniat masuk ke dalam tubuh. Anda mungkin memiliki teman yang tidak terjangkit wabah pilek disaat hampir semua rekan anda mengalaminya. Nah, hal ini terjadi bukan karena dia tidak normal, melainkan dia memiliki antibodi yang kuat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Lalu bagaimana agar memiliki antibodi yang kuat?

  • Makan teratur
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi
  • Mengkonsumsi buah-buahan
  • Menghindari makanan yang tidak higienis
  • Menjaga lingkungan agar tetap bersih
  • Menghindari alkohol, rokok dan kafein
  • Olahraga

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *