Cara menyikapi orang yang mengalami trauma berat, Lakukan hal ini

Setiap orang memiliki pengalaman yang pahit dalam hidupnya, bahkan banyak diantaranya sulit untuk menyembuhan atau sekedar menghilangkan pengalaman tersebut dalam hidupnya. Kebanyakan lebih sering terserat dalam keterpurukan itu dan sulit untuk keluar dari lingkaran tersebut.

Beberapa masalah diantaranya mungkin terlalu berat untuk disembuhkan sehingga kebanyakan dari mereka berlarut-larut dalam keadaan tersebut. Namun bukannya tidak terlalu berlebihan jika seseorang sampai mengalami ”gangguan jiwa” karena masalah yang sedang di hadapinya?

Masalah dalam kehidupan memang sangat umum sekali, apalagi banyak sekali kasus mengerikan yang sering terjadi akhir-akhir ini, misalnya pembunuhan anak, pencabulan, pemerkosaan dan berbagai kejahatan lainnya yang mengganggu kesehatan batin entah dari pihak korban (anggota keluarga) atau korban itu sendiri.

Tidak jarang dari kasus-kasus tersebut banyak melahirkan orang-orang dengan gangguan mental yang terbilang parah, dimulai anak kecil remaja hingga dewasa. Apakah kamu pernah melihat orang gila di pinggir jalan? mereka adalah salah satu bukti penciptaan dari kasus-kasus tersebut. Apakah semua orang sudah pasti akan gila jika terkena masala-masalah yang terbilang berat seperti itu? Tidak, jika mereka bisa melaluinya dengan cara yang dewasa maka hal ini tidak akan terjadi.

Kembali kepada mental dan kepribadian masing-masing, sebagian orang mungkin merasa cuek dan tidak perduli tentang kesalahan yang dibuatnya, ada juga yang sering terpuruk tetapi cepat sembuh dari sakit hatinya, dan yang paling berbahaya adalah orang yang mudah terpuruk dan sedih ketika masalah menimpanya sekalipun masalah itu terbilang sepele. Orang dengan kepribadian ini sangat rentan sekali mengalami gangguan gila, apalagi ketika mereka dihadapkan dengan masalah atau trauma yang sulit diatasi.

Apakah orang dengan kepribadian ini sulit disembuhkan dari rasa sedihnya? cara penyembuhan yang paling efektif bukan datang dari dirinya sendiri, tetapi dari kita, orang dengan trauma berat sangat butuh seseorang yang bisa menenangkannya. Kejadian traumatis sudah sering sekali terjadi dan sudah menimpa banyak orang di seluruh dunia. Rata-rata kasus trauma yang mereka alami berujung pada penyakit gangguan yang cukup berat.

Itulah yang mungkin kita takutkan tentang ”bagaimana sih cara menyikapi seseorang yang sedang trauma”. Seperti yang kita ketahui, setelah gangguan jiwa menyerang tubuh, orang tersebut akan sulit sekali untuk diobati atau sekedar di kendalikan. Nah, sebaiknya lakukan pencegahan sebelum semua ini terjadi. Bagaimana caranya?

Cara mengatasi orang yang mengalami trauma berat

  • Ajak dia pergi. Ketika dia sibuk mengurung diri di kamar cobalah untuk mengajaknya keluar, untuk menikmati udara segar, ajak dia ke tempat yang menyejukan. Hal ini bertujuan untuk mengubah mood nya agar lebih baik.
  • Selalu mengawasinya. Jika masa trauma yang dialaminya sangat parah hingga dia mengurung diri dikamar berlama-lama, maka awasi terus sikapnya, jangan biarkan dia melakukan hal-hal yang ceroboh. Jika itu sampai terjadi, anda harus menggagalkannya.
  • Selalu ada untuknya. Sekeras apapun dia mengusirmu, sekeras apapun tamparannya agar kamu pergi, jangan lelah dan tetap berdiri di depannya, ini akan membuat dia sadar bahwa kamu sangat perduli padanya. Ketika dia menyadari hal itu dan mendekatimu, ini kesempatanmu untuk mengendalikannya.
  • Cari tahu penyebabnya. Tidak mungkin dia tiba-tiba mengalami trauma tanpa alasan yang jelas, karena itulah cari tahu alasannya dan simpulkan hal harus anda lakukan. Misalnya : trauma oleh pasangan. Jangan biarkan dia menutup diri dan hati untuk orang yang sama, tapi ajak dia untuk lebih luas mengenal orang-orang di sekitar.
  • Membuatnya merasa dibutuhkan. Berikan dia kata-kata yang membuatnya merasa dianggap ada, dianggap berarti. Bukan hanya oleh kata-kata, tapi imbangi dengan prilaku pula. Ketika dia merasa penting di kehidupan oranglain maka dia akan bangkit dan terus bertahan.
  • Jangan bairkan dia bersedih terlalu lama. Se-sepele apapun masalah yang sedang dihadapi jika terlalu dipikirkan terlalu dalam akan berdampak juga terhadap kesehatan psikologis seseorang, karena itulah jangan biarkan dia sendiri meratapinya, buat dia curhat untuk meluapkan kekesalannya, setelah itu hibur dia sebisa mungkin.
  • Melakukan aktivitas yang positif. Ajak dia untuk melakukan aktivitas yang positif seperti acara amal ke yatim piatu, dengan begitu dia akan merasa bahwa dia perlu hidup lebih lama lagi. Energi kebaikan akan membuatnya hidup dengan sehat.
  • Meminta bantuan psikolog. Jika sudah dalam beberapa hari bahkan beberapa minggu dia masih sama, maka ajak dia ke psikolog untuk penanganan yang lebih lanjut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *