Cara Merawat Tanaman Plumbago

Cara Merawat Tanaman Plumbago -, Tanaman Plumbago adalah tanaman cemara yang berasal dari Afika Selatan,dengan ciri-ciri batang panjang tipis, bunga biru pucat, dan serasah. Plumbago relatif mudah untuk tumbuh, dan mekar pada musim dingin. untuk perawatan tanaman Plumbago lebih baik disimpan di tempat terang yang terkena cahaya matahari secara langsung dan tanah berpasir dengan drainase yang baik, pada penanamannya diberi jarak setiap semak 36 sampai dengan 60 inci untuk memudahkan pertumbuhan agar tidak terlalu berderetan. Perawatan Plumbago sama halnya dengan perawatan tanaman yang lainnya, beberapa yang harus diperhatikan dalam perawatan tanaman yang baik yaitu :

  1. Penyesuaian iklim di daerah tertentu Tanaman plumbago termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh dan cocok bertanam di suhu panas maupun dingin, sehingga dalam perawatannya tidak terlalu sulit, untuk tanaman umum lainnya amati area yang ada,bagaimana kondisi iklim di area tersebut sesuai dengan tanaman yang akan dirawat.
  2. Melakukan perbaikan tanah secara rutin Perbaikan tanah sangat diperlukan untuk menjaga tanaman agar tetap segar, misalnya tanah yang sudah lembek dan mengandung banyak bakteri atau tanah yang  tergenang air hujan maupun air sisa penyiraman taman yang tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. Lakukan perbaikan drainase tanah dengan cara menggemburkan atau membuat sistem drainase yang sesuai. Penting pula untuk melihat apakah penambahan kompos pada permukaan tanah dapat menghambat penguapan air dan meningkatkan kesuburan tanah.
  3. Pemilihan tanaman yang lebih sedikit menggunakan air Jenis tanaman yang tidak terlalu banyak menggunakan air akan memudahkan  perawatan agar bisa bertahan lebih lama dibanding tanaman yang haus air, salah satunya tanaman Plumbago yang bertahan dengan sedikit air setelah dibentuk, dan dianggap cukup toleran kekeringan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *