Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat,-

Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Memiliki tubuh yang ideal bukan lagi dambaan, tetapi menjadi kewajiban tersendiri yang harus dipenuhi. Buktinya banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya untuk melakukan berbagai macam program diet, dimulai dari program diet yang ektrim sampai program diet yang ujung-ujungnya malah menghasilkan tubuh yang semakin besar. Banyak sekali orang yang sering diributkan dengan permasalahan cara diet yang benar dan tepat, karena kebanyakan dari mereka melakukan program diet atas dasar inisiatif sendiri.

Muncul berbagai anggapan misalnya ”berhenti mengkonsumsi nasi dan menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak merupakan cara paling efektif menurunkan lemak” Apakah ini masuk akal? berhenti mengkonsumsi nasi bukan cara yang sehat sebab tubuh memerlukan kandungan karbohidrat yang cukup untuk melangsungkan kehidupan.

Juga pemikiran untuk menghindari makanan berlemak sangat dibantah keras karena tidak semua makanan berlemak bisa membuat tubuh gemuk, masih banyak makanan yang mengandung kadar lemak yang sehat seperti kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi dengan aman saat proses diet. Nah kedua pernyataan ini banyak sekali menjadi acuan pemikiran orang tentang cara diet sehingga banyak yang melakukannnya, Padahal fakta diet yang sebenarnya yakni diet yang dianjurkan oleh ahli gizi. Medis menyebutnya dengan istilah diet Mediterania.

Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Istilah Mediterania diambil dari kebiasaan cara makan penduduk di sekitar laut Mediterania yang menerapkan pola makan yang sehat dan memenuhi menu diet yang seimbang. Jadi sebenarnya Mediterania bukan istilah program diet melainkan lebih ke arah cara meniru kebiasaan hidup yang sehat seperti halnya penduduk di daerah Mediterania. Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Pola makan orang Mediterania telah di uji oleh para ilmuwan dan mereka menyatakan bahwa pola makan Mediterania merupakan pola makan yang paling sehat di seluruh dunia. Itulah mengapa pola makan mereka dijadikan pacuan sebagai cara diet yang sehat dan paling dianjurkan. Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling SehatDiet Mediterania lebih di definisikan sebagai program diet sehat yang meliputi hidangan sederhana tetapi tetap lezat dan dan menyehatkan. Yakni dengan mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, rempah-rempah, minyak zaitun, sayuran, kentang, pasta dan nasi dengan meminum air minimal 6 gelas per hari. Selain itu anda bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak seperti unggas, ikan, dan ayam. Tetapi tanpa menggunakan minyak sayur, mentega, atau bumbu buatan lainnya.

Sebenarnya yang membuat makanan mengandung lemak yang berlebih yakni bumbu-bumbu tambahan yang mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga ketika mencampurkannya menjadi makanan yang kaya akan lemak. Misalnya menggunakan minyak untuk setiap masakan yang akan dikonsumsi secara bersamaan misalnya nasi goreng tambah mie goreng tambah ayam goreng ketang goreng dengan minuman soda. Semua komponen makanan rata-rata mengandung minyak yang jika dimakan bersamaan akan menciptakan timbunan lemak di dalam tubuh.

Mungkin jika indonesia memiliki kebiasaan makan seperti orang Mediterania maka penderita obesitas menjadi berkurang atau setidaknya dengan terbiasa melakukan pola makan yang sehat maka kita akan terhindar dari serangan penyakit dan gangguan pencernaan. Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Untuk menjadi sehat mengapa tidak? apalagi jika anda memiliki keinginan yang besar untuk memiliki tubuh yang ideal, pola makan mediterania merupakan pola makan yang paling sehat dan dianjuran dalam program diet atau menjadi pola makan sehari-hari yang baik untuk kesehatan.

kebiasaan memang sulit kita lepaskan tapi mengapa tidak untuk berusaha melepaskan sesuatu yang buruk untuk kesehatan kita? Semuanya bertahap, tidak ada yang instan. Jika anda telah membiasakannya maka pola makan mediterania nantinya akan menjadi pola makan yang biasa anda lakukan sehari-hari. Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Bagaimana pola makan mediterania?

Jenis makanan Mediterania

  • Ikan dan daging putih. anda dapat mengkonsumsinya¬† seminggu sekali. Pilih jenis ikan tuna atau salmon dan ayam kalkun. Jenis ini mengandung lemak omega-3 yang tidak akan menimbulkan timbunan lemak di tubuh.
  • Minyak zaitun. yang sedang diet disarankan untuk mengkonsumsi empat sendok makan atau lebih minyak zaitun setiap harinya.
  • Kacang-kacangan. Seperti walnut, almond, dan hazelnut. Kacang-kacangan membuat anda kenyang lebih lama.
  • Buah. Seperti apel, strowberry, buah plum dan lainnya.
  • Sayuran segar seperti bayam, wortel, saledri dan lainnya.

Cara memasak ala Mediterania
Jika anda sering menggunakan minyak sayur dengan tambahan bumbu-bumbu penyedap maka mulai sekarang hentikan pengkonsumsian makanan dengan cara tersebut, gunakan rempah-rempah sebagai bumbu penyedap juga minyak zaitun atau air untuk memasak (jangan gunakan mentega atau minyak sayur). Diet Mediterania, Cara Diet Yang Paling Sehat

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *