Efek samping menangis menurut kesehatan!

Banyak orang yang mengatakan jika wanita itu lemah, wanita itu mudah marah, mudah sedih, mudah tersinggung dan meluapkannya dengan menangis. Pihak lain dengan percaya diri mengatakan bahwa kaum laki-laki paling kuat, paling bisa menahan diri, tidak cengeng (tidak mudah menangis). Benar atau fakta? Yap, kaum wanita memang identik dengan hal-hal itu, namun bukan berarti kaum lelaki bisa membanggakan diri dengan sikap tegarnya.

Tanpa kita ketahui, tanpa kita sadari justru kaum laki-laki lebih peka terhadap perasaannya, kesedihan yang mereka rasakan lebih berat dari sekedar menangis semalaman. Wanita memang cengeng (gampang nangis) tapi kesedihan yang dirasanya tidak akan bertahan lama dan lebih cepat sembuh. Mending yang mana? yang menangis yang membeledak atau yang so cool padahal hatinya rapuh?

Jawabannya adalah ”lebih baik menangis”. kenapa harus malu jika dengan menangis anda akan merasa tenang? kenapa harus malu jika dengan menangis beban anda akan hilang? Akan lebih terasa wajar saja jika anda menangis dalam keadaan sedih, tertawa lepas saat bahagia, tersenyum saat dipuji, marah ketika tersinggung danĀ  merenung saat buntu arah.

Ya lebih menempatan pada kondisi saja. Jadi menangislah jika itu memang diperlukan, jika memang sesuai dengan kondisi juga. Jangan terlalu memaksakan diri, seperti pura-pura tersenyum saat sedih, pura-pura sedih saat bahagia, pura-pura baik padahal galak, ini hanya akan menimbulkan benih-benih penyakit hati yang tidak ada obatnya.

Menangis adalah reaksi yang wajar ketika seseorang sedang merasa sedih. Bahkan, kebahagiaan juga bisa membuat seseorang meneteskan air mata.Selain itu, beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa menangis memberi efek positif pada tubuh.

Apa saja manfaat menangis bagi kesehatan?

 

Menghilangkan stres

Daripada menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak sehat seperti mabuk, merokok, makan tidak teratur, insomnia, marah-marah gak jelas mending luapkan saja semua keresahan hati dengan menangis. Takut dibilang cengeng? semalaman menangis lebih baik dari memikirkanĀ  semuanya dengan keras. Esoknya, anda akan merasa lebih tenang dan lebih baik. Justru, berusaha memendam diri untuk tidak menangis yang lebih berbahaya. Sikap tersebut akan menimbulkan penyakit hati nantinya.

Membuang racun di dalam tubuh

Alasan mengapa stres menjadi biang penyakit adalah, ketika stres muncul zat bersifat racun yang bisa meningkatkan hormon kortisol. Namun tidak usah khawatir, hormon ini bisa lepas dari tubuh ketika anda menangis. Zat tersebut akan keluar bersamaan dengan air mata. Ketika stres, lebih banyak menangislah, dan jangan berfikir terlalu keras, buang semua masalah dengan menangis.

Membunuh bakteri

Salah satu penelitian menyatakan bahwa air mata mengandung enzim yang sering disebut dengan lisozim. Enzim ini memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri secara alami.

Mencegah mata kering

Banyak yang berpendapat bahwa menangis bisa menyebabkan cairan mata habis. Benar? Tidak. Ini hanyalah cara klasik bagi orang tua untuk menyuruh anaknya diam dari menangis. Fakta sebenarnya, justru menangis bisa membuat mata tidak kering, air mata akan melumasi bola mata agar tetap lembab.

Anda merasa lebih tenang

Ketika anda marah, jangan jadikan amarah sebagai ajang untuk pempiasan ke arah kekerasan, seperti memukul benda, memarahi orang lain, ah jangan. Prilaku seperti ini hanya akan membuat suasana hati anda semakin buruk. Cobalah untuk menangis, meluapkan semua kekesalan dengan menangis. Setelahnya anda akan baikan. Plong, merasa hidup kembali bak bayi yang baru dilahirkan.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *