Gangguan kesehatan yang disebabkan kelebihan Vitamin C

Kalsium, karbohidrat, mineral, lemak, protein dan vitamin merupakan komponen inti yang wajib dipenuhi demi menjaga kesehatan tubuh. Setiap harinya kita dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung komponen tersebut dengan tujuan, menjaga kesehatan tulang, kekebalan tubuh dan menjamin kesehatan organ di dalamnya. Melalui makanan, kita mampu memenuhi semuanya dengan mudah. Namun faktanya masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya hal ini.

Atau bahkan, mengabaikan sebagian komponen dan hanya berfokus pada satu saja. Misalnya karbohidrat, menganggap karbohidrat yang paling penting dari yang lain dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dengan harapan tubuh yang sehat dan kuat.

Karbohidrat memang memiliki peran yang penting untuk proses metabolisme, atau proses yang berfungsi sebagai penyeimbang asam dan basa di dalam tubuh, serta proses untuk membentuk jaringan sel, struktur dan juga organ-organ dalam tubuh. Dengan Fungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai pemasok energi. Meski demikian, bukan berarti kita harus mengabaikan yang lainnya. Bukannya kita dituntut untuk menyeimbangi semuanya?

Sayangnya ini sulit sekali di lakukan, seperti yang saya katakan sebelumnya jika kebanyakan orang hanya berfokus pada satu saja, atau beberapa saja. Dan komponen yang paling sering mendapat pengabaian yang tinggi adalah VItamin. Kandungan vitamin lebih banyak terkandung di dalam buah dan sayuran, jenis makanan inilah yang sering di abaikan dan paling tidak di sukai. Dari banyaknya jenis Vitamin, kita paling akrab dengan Vitamin C. Benar? mengapa Vit C lebih terdepan dibanding jenis Vit lainnya? Apa keunggulannya?

Apa fungsi vitamin C ?

  • Melawan sel kanker
  • Memperbaiki jaringan kulit
  • Merawat kecantikan kulit
  • Meningkatkan mood
  • Menurunkan resiko serangan jantung
  • Mencegah naiknya tekanan darah
  • Mencegah komplikasi pilek
  • Mencegah stroke
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah degenerasi makula
  • Mengurangi resiko kanker

Inilah yang menjadi penyebab banyaknya gangguan kesehatan yang menyerang, tidak lain karena kurangnya asupan vitamin yang ideal. Perlu di sadari jika tubuh kita memerlukan vitamin C dalam proses pertumbuhannya setiap hari. Dengan dosis yang tepat kita akan meraih manfaatnya. Pada dasarnya, makanan yang mengandung VIT C memang sangat berkhasiat namun, pengkonsumsiannya yang berlebihan pun sangat tidak dianjurkan bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Ancaman kesehatan sebenarnya tidak hanya datang dari hal-hal buruk yang sudah kita ketahui saja, melainkan dari hal-hal yang kita anggap baik pula. Penanaman pemikiran bahwa kandungan VIT C itu baik membuat seseorang berlebihan dalam pengkonsumsiannya, dan ini secara tidak disadari akan menimbulkan efek yang berbahaya. Efek seperti apa yang akan timbul?

Benarkah kandungan Vitamin C yang berlebih dapat membahayakan tubuh?

Meski dianggap penting dan dibutuhkan tubuh, kandungan Vit yang masuk pun haruslah dengan dosis yang tepat. Terkadang karena tergiur dengan khasiat yang dimiliki, seseorang menjadi membabi buta mengkonsumsinya, beranggapan bahwa ini akan berefek baik.

Misal, pengkonsumsian buah-buahan bervitamin C dengan rutin ditambah pula suplemen Vit C yang juga dirutinkan. Bukannya menghalangi penyakit masuk, hal ini justru akan mendatangkan banyak gangguan penyakit. Kandungan Vitamin C yang berlebih dapat menimbulkan kerusakan fungsi pada tubuh.

Perlu ditanamkan kesadaran di dalam diri bahwa untuk menjadi sehat kita tidak dituntut untuk memaksimalkan semuanya. Buatlah pemikiran bahwa ”Sehat itu sederhana” atau ”sehat itu saling melengkapi” Menjadi seseorang yang kekurangan vitamin atau yang kelebihan vitamin, tidak ada yang lebih baik dari keduanya. Baiknya ”seimbang” dalam pengkonsumsian. Lalu apa yang akan terjadi jika seseorang memiliki kelebihan vitamin?

Untuk menjamin kualitas vitamin yang tepat, sehat dan seimbang : Multi Vitamin Tablet adults, meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kandungan Vitamin C yang berlebih

Asam lambung naik. Pengkonsumsian makanan yang mengandung Vitamin C lebih dari 2000mg dalam sehari dapat memicu peningkatan asam lambung. Pembentukan batu ginjal. Penyakit yang ditakuti ini ternyata bisa terbentuk karena kelebihan vit c. Kandungan Vit c yang terlalu banyak dapat memperlambat fungsi ginjal dan menyaring cairan tubuh.

Sakit kepala. Kelebihan vit c tanpa diseimbangai kandungan vit lainnya dapat mengakibatkan aliran darah seputar kepala menjadi tidak lancar. Sariwan. Penyebab sariawan pada umumnya yakni kekurangan vit c, namun bukan hanya itu, kelebihan vit c juga dapat menyebabkan hal yang serupa.

Menurunkan fungsi pencernaan. Kelebihan kandungan vitamin c dapat menyebabkan organ di dalam pencernaan teriritasi dan timbul peradangan yang mengakibatkan gangguan pencernaan. Memperlambat penghentian pendarahan. Kelebihan vit c di dalam tubuh membuat jaringan luka semakin buruk dan sulit disembuhkan, akibatnya pengeringan luka jadi semakin lama. Selain itu masih banyak sekali gangguan kesehatan yang diakibatkan dari kandungan vitamin c yang berlebih. Diantaranya :

  • Alergi
  • Darah encer
  • Resiko penyakit jantung
  • Diabetes
  • Diare
  • Tubuh mudah lemah
  • Iritasi kulit
  • Insomnia
  • Mengagalkan penyerapan vit B12

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *