Menurut penelitian, alkohol bisa menyebabkan 7 jenis kanker mematikan!

Alkohol merupakan jenis minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif yang menyebabkan peminum mengalami penurunan kesadaran. Mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti gangguan mental organik yang membuat fungsi berfikir terganggu. Hal ini disebabkan oleh kandungan sifat adiktif yang mengakibatkan reaksi alkohol pada sel-sel saraf pusat, sifat adiktif ini yang membuat peminum tanpa disadari terus meneguk air sampai mabuk.

Jika peminum sudah dalam keadaan mabuk, peminum akan mengalami perubahan fisiologis, seperti bicara ngawur, mudah tersinggung, ingin berkelahi bahkan kehilangan konsentrasi. Efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan alkohol dalam minuman memiliki manfaat untuk tubuh yaitu menghangatkan tubuh dari cuaca dingin, maka tak heran orang barat sering mengkonsumsinya untuk menghangatkan tubuh, hal ini pun bisa dimanfaatkan pendaki gunung untuk tetap menjaga suhu tubuhnya agar tidak kedinginan. Namun mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan, tanpa memandang usia hal ini bisa menyerang siapa saja.

Penelitian telah membuktikan alkohol bisa menyebabkan 7 jenis kanker,

Meskipun penelitian ini masih diragukan namun meta-analisis telah menemukan hubungan antara minuman alkohol dan resiko terkena kanker terntentu. Dalam meta-analisis yang baru dilakukan pada 21 juli dalam jurnal addiction, peneliti meninjau penelitian pengaruhnya alkohol terhadap kanker yang dilakukan pertama kali oleh salah satu studi, juga termasuk ulasan dari institut penelitian kanker Amerika dan badan internasional untuk penelitian kanker.

Menurut penelitian Dr. Jennie Connor, seorang dokter dari University Of Otago di Selandia baru menyatakann bahwa terlihat adanya bukti kuat bahwa alkohol menyebabkan kanker pada tujuh lokasi di dalam tubuh

7 kanker di bagian tubuh yang disebabkan oleh alkohol

  • Kanker orofaring
  • Kanker Laring
  • Kanker esofagus
  • Kanker Hati
  • Kanker Usus besar
  • Kanker Rektum
  • Kanker Payudara

Penting untuk dilihat

Herbal untuk mengobati semua jenis kanker

Selain itu ada juga bukti berkembang yang menyatakan kanker lain yang disebabkan alkohol seperti kanker prostat, pankreas dan melanoma. Namun penelitian ini masih belum memiliki bukti yang cukup kuat untuk dipublikasikan, sedangkan 7 kanker diatas telah diakui kebenarannya yaitu dengan ditemukannya hubungan dosis respons yang berarti semakin banyak alkohol yang dikonsumsi semakin besar kemungkinan peminum untuk mengidap salah satu kanker diatas.

Kanker mulut dan tenggorokan lebih mudah menyerang peminum diantara kanker yang lainnnya,hal ini disebabkan karena kadar alkohol yang diminum lebih mudah terkena bagian tersebut, misalnya minum 50gram alkohol per hari lebih beresiko 4-7 kali lebih besar menyerang mulut, tenggorokan atau kerongkongan.

Sedangkan jika kadar alkohol yang diminum lebih besar lagi akan mengakibatkan resiko terserangnya kanker kolorektal, hati dan payudara. Resiko seseorang terkena kanker masih bisa diminimalisir yaitu dengan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

Para ilmuwan menyatakan bahwa senyawa yang terbentuk ketika alkohol rusak menyebabkan berkembangnya kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan dan hati. Senyawa asetaldehida terbentuk ketika alkohol dicerna oleh air liur atau molekul dalam hati yang dapat merusak DNA dalam sel-sel jaringan, sehingga memungkinkan dapat menyebakan kanker tersebut. Sedangkan untuk resiko terkena kanker payudara dapat disebabkan oleh meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *