Hati-hati, bahaya olahraga pakai make up yang tidak anda sadari

Menjaga kualitas kesehatan bukan hanya berbatas pada makanan yang bergizi saja, selain itu kita butuh kegiatan untuk menyeimbanginya yakni dengan melakukan olahraga. Kebanyakan orang berfikir bahwa kegiatan olahraga hanya pelengkap saja sehingga banyak yang meninggalkannya dan tidak melakukannya sama sekali. Padahal, kegiatan olahraga sangatlah penting.

Mengapa demikian? bisa kita lihat sendiri bahwa salah satu maraknya jenis penyakit yang beredar tidak disebabkan oleh kurangnya aktivitas olahraga. Memang apa sih manfaat olahraga? untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membangun otot. Penelitian pun membuktikan bahwa kegiatan olahraga dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu kegiatan olahraga yang rutin dapat mengurangi stres, meningkatkan bahagia, meningkatkan rasa percaya diri, mencegah penurunan kognitif, mengurangi kecemasan, mempertajam memori, dan relaksasi. Anda bisa merasakan sendiri manfaatnya.

Apa jenis olahraga yang paling baik? Semua jenis olahraga itu baik, anda tinggal memilih saja jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Kegiatan olahraga tidak hanya berbatas pada jenis olahraga seperti jogging, olahraga, basket atau jenis olahraga lainnya. Kita melakukan aktivitas yang padat pun sudah termasuk ke dalam jenis olahraga lho. Benarkah? Tenaga yang terkuras saat melakukan rutinitas sudah sangat membantu pembakaran zat sampah di perut.

Jenis olahraga yang menjadi alternatif pilihan

Namun sekarang rasanya jarang sekali orang yang melakukan aktivitas padat apalagi yang menguras keringat. Bagi pekerja kantoran misalnya, mereka justru lebih banyak diam dan malah berupaya menaikkan berat dengan nyemil sambil duduk seharian, lihat motinor seharian. Bukannya sehat, rutinitas ini hanya akan membuat kualitas tubuh anda menurun. Cara memanfaatkan waktu senggang bagi orang-orang yang berada di lingkaran ini tidak lain dengan nge-gym.

Gym menjadi alternatif pilihan bagi anda untuk tetap memenuhi rutinitas olahraga, anda bisa nge-gym kapanpun, tanpa mengganggu rutinitas utama (dalam hal pekerjaan). Olahraga di luar memang lebih sehat karena kita bisa menyerap cahaya matahari secara langsung namun ini hanya berlangsung dalam jam-jam tertentu saja, bagi mereka yang berbatas waktu, gym justru lebih dianjurkan, cahaya matahari yang mulai gersang membuat kulit rusak bahkan beresiko kanker kulit.

Sebelum pergi ke tempat gym, anda harus menyiapkan segala keperluan disana seperti baju ganti dan handuk. Dalam hal ini, kaum wanita biasanya yang paling ribet nentuin segala macam kebutuhan. Salah satu yang menjadi kebutuhan utama wanita adalah make up. Benar? Penggunaan make up sebenarnya tidak menjadi masalah besar selama make up itu bikin nyaman, namun yang menjadi masalahnya adalah waktu penggunaannya yang salah. Make up sebelum olahraga diluar atapun nge-gym sangat berbahaya dan beresiko bagi kesehatan. Mengapa demikian?

Benarkah memakai make up saat olahraga berbahaya?

Kaum wanita memang tidak bisa lepas dari yang namanya ”make up” bahkan, tidak sedikit yang justru ketergantungan dan tidak bisa berhenti menggunakannya. Kita pahami, keindahan wajah setelah memakai make up memang luar biasa. Yang gendut di pakaikan blash on jadi tirus, yang bibir hitam di pakaikan lipstik jadi merah merona.

Perbandingan wajah ber make up dan tanpa make up berbanding 10 : 1 dan yang lebih unggul adalah yang ber make up, karena itulah wanita tidak bisa lepas dari yang namanya make up. Tapi tau tempat juga, pergi ke tempat gym dengan menggunakan make up sangat tidak dianjurkan sekalipun anda hanya menggunakan pelembab wajah atau bedak aja. Ketika olahraga usahakan agar wajah bersih tanpa campuran apapun.

Kenapa pakai make up tidak di perbolehkan?spesialis kulit Dr. Sejal Shah dari Smarter Skin Dermatology mengatakan, ada baiknya untuk tidak mengenakan make-up selama berolahraga. Mengapa demikian?Selama berolahraga, kulit akan membuka pori-pori untuk bernapas dan mengeluarkan minyak serta keringat.

Bila wajah masih tertutup make-up, keringat akan bercampur dengan make-up, minyak, dan kotoran pada wajah Anda. Inilah penyebab (asal muasalnya) jerawat, pori-pori, kulit kusam, komedo dan permasalahan penyakit kulit lainnya. Tak hanya itu saja, kulit bisa berubah menjadi sangat sensitif, sehingga bisa jadi wajah anda mudah gatal dan iritasi saat mengenakan make-up. Dampak yang akan ditimbulkan tidak langsung namun beberapa lama dan ini rata-rata sulit dihilangkan, Karena itulah hilangkan kebiasaan ini dari sekarang.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *