Hati-hati make up yang mengandung merkuri bisa sebabkan kanker!

Make up bisa mengubah penampilan wajah menjadi berbeda sekali dalam hitungan menit saja. Tidak percaya?Coba bandingakan saja wajah anda tanpa make up dengan yang pakai. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat siginifikan sekali. Benar? Yap. Karena itulah kaum wanita tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya make up dan alat kecantikan.

Rasanya sudah wajib sekali jika pergi ke luar rumah wajib pakai alis tebal, pakai bedak sampai tebal, blash on yang menonjol, lipstik, eyeliner, maskara, dan kelengkapan make up yang lainnya. Meski sangat membantu, kita harus hati-hati dalam pemilihan make up.  Mengapa demikian? Baru-baru ini banyak ditemukan make up yang mengandung merkuri dan ini sangat berbahaya jika tercampur masuk ke dalam kulit.

Apa itu merkuri?

Merkuri merupakan cairan logam perak atau disebut air raksa (Hydrargyrum ). Logam ini adalah logam yang ada secara alami,satu-satunya logam pada suhu kamar (25°C) berwujud cair. Di dalam tabel periodik merkuri (Hg) dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59.

Merkuri merupakan unsur transisi dalam susunan tabel periodik unsur, di mana merkuri ada pada golongan II B dan periode 6. Logam murninya keperakan,cairan, tak berbau, dan mengkilap. Bila dipanaskan pada suhu 3570C akan menguap. Merkuri banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.

Apa tujuan pencampuran merkuri dalam make up?

Salah satu produk yang paling banyak mengandung merkuri yakni produk pemutih wajah berbentuk krim. Kenapa produk tersebut dicampur merkuri? apa tujuannya? merkuri mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi sehingga kulit mencerah atau lebih putih.

Tujuan penggunaan merkuri, yakni agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Kandungan merkuri yang sangat kuat dalam krim tersebut, akan menimbulkan efek pada kulit secara langsung dan cepat. Kulit langsung putih kinclong, halus dan lembut.

Apa bahaya make up yang mengandung merkuri?

krim yang mengandung merkuri memang langsung bereaksi cepat dengan hasil yang memuaskan, namun perlu kita ketahui bahwa kandungan merkuri dalam krim tersebut akan mengendap di bawah kulit akan menimbulkan pigmentasi dengan juga efek permanen karena pemakaiannya yang terlalu sering. Setelah bertahun-tahun atau bahkan berbulan-bulan (tergantung pemakaian) kandungan merkuri tersebut akan merusak kulit, biru kehitaman, bahkan bisa menyebabkan timbulnya kanker.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *