Ini dia manfaat jamur yang tidak diketahui masyarakat umum

Dahulu atupun jaman sekarang orang kampung masih sering memburu jamur liar di hutan. Faktanya, jamur liar yang tumbuh sendiri memililki rasa yang lebih lezat dibanding jamur pupuk yang bisa kita tanam.

Meskipun begitu, banyak sekali orang yang beranggapan bahwa jamur identik dengan ”racun”. Memang, jamur dibedakan menjadi beberapa jenis, ada yang berbahaya yaitu jamur yang mengandung racun mematikan, ada pula jamur yang sering kita konsumsi yang mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

Hal ini tergantung bagaimana kita menyadari dan bisa membedakan mana jamur yang sehat dan tidak sehat. Jika kita bisa memilihnya dengan benar maka kemungkinan buruk tidak akan terjadi. Soal rasa, meskipun jamur yang anda masak hasil alam yang tumbuh sendiri tanpa asal usulnya yang sering di pertanyakan. Tidak usah khawatir untuk mengkonsumsinya. Selain mendapatkan khasiat dari kandungan di dalamnya, rasanya tidak kalah lezat dengan jamur pupuk yang ditanam sendiri.

Apa saja kandungan jamur?

  • Protein 5,94 %
  • Karbohidrat 0,59 %
  • Lemak 0,17 %
  • Abu 1,14 %
  • Serat 1,56 %
  • Besi 1,9 mg
  • Fosfor 17 mg
  • Vitamin B-1 0,15 mg
  • vitamin B-2 0,75 mg
  • itamin C 12,40 mg
  • Mineral tambahan : asam folat, kalium, dan tembaga.

Bisa kita bayangkan berapa banyak zat baik yang kita peroleh dengan mengkonsumsi jamur. Satu jamur saja sudah mengandung banyak zat bergizi, selain tidak perlu mengeluarkan biaya, kita mendapatkan khasiat dari makanan hasil temuan tersebut.

Jamur alam memang lebih unggul dibanding jamur tanaman sendiri, tetapi sangat sulit menemukan jamur alam, untuk itu maka tercipta benih jamur yang bisa kita tanam sendiri. Tetapi tidak usah khawatir soal rasa dan kandungannya. Jamur tanaman pun memiliki cita rasa yang sama seperti jamur yang berada di alam. Bahkan penelitian menyatakan bahwa kandungan yang berada di dalam jamur memiliki khasiat dalam kesehatan.

Apa saja manfaat jamur dalam kesehatan?

Menunda penuaan

Wajah yang bersih, putih dan halus merupakan modal utama yang harus kita miliki untuk memenuhi kriteria ”wajah cantik” yang di dambakan semua wanita. Munculnya plek hitam, kerutan dan tanda penuaan lainnya membuat wajah nampak tidak cantik dan sehat.

Salah satu rekomendari makanan yang dapat mengatasi hal ini adalah jamur. Jamur mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu fungsi antioksidan adalah untuk memerangi radikal bebas yang merusak tubuh salah satu manfaatnya yakni untuk menunda penuaan juga memerangi kondisi penyakit serius seperti jantung dan kanker.

Rendah kalori

Jamur termasuk jenis sayuran yang rendah kalori dan memiliki rasa yang gurih saat di masak. Nah, kandungan rendah kalori inilah yang banyak diburu dalam melakukan proses diet. Jadi jamur sangat di rekomendasikan bagi mereka yang ingin mengecilkan perutnya, atau ingin menyantap makanan yang lezat tanpa menambah kadar lemak yang berlebih.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah biasanya lebih mudah sakit, lebih rentan terinfeksi berbagai penyakit berbahaya dan memiliki berat badan yang kecil. Hal ini dikarenakan antibodi yang ada di dalam tubuhnya tidak dapat berkerja baik dan membiarkan serangan virus masuk dengan mudah. Jamur adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan kuat sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas juga menghambat infeksi jamur dan mikroba.

Mencegah Anemia

Seorang penderita anemia atau kurang darah biasanya memiliki tubuh yang lemah dan kurang aktif dalam beraktifitas. Penderita anemia biasanya disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiki kandungan yang baik untuk tubuh. Jamur termasuk makanan yang disarankan bagi penderita anemia, kandungan zat besi yang cukup mampu mengatasi anemia.

Kesehatan jantung

Jamur memiliki kandungan mineral yang tinggi yaitu kalium dan tembaga yang mengandung sifat anti bakteri yang mampu melawan berbagai jenis bakteri yang menyerang tubuh sehingga organ tetap berfungsi dengan baik. Salah satu organ penting yang dapat berfungsi dengan baik yakni jantung. Dengan mengkonsumsi jamur, secara tidak kita sadari jantung akan terkena manfaatnya dan tidak mudah terinfeksi penyakit.

Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Seperti yang telah kita ketahui jika penderita diabetes memiliki keterbatasan dalam mengkonsumsi makanan untuk meminimalisir kenaikan kadar gula. Hal inilah yang menjadi hambatan penderita diabetes dalam mengkonsumsi makanan. Padahal masih banyak makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yakni jamur. Jamur mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes, juga rendah lemak dan karbohidrat.

Jamur bisa mengobati kanker

Percaya atau tidak, penelitian telah membuktikan sendiri jika, jamur mengandung zat aktif yang dapat membunuh sel kanker secara perlahan. Bukankah ini kabar baik untuk kita? tanpa harus melakukan kemoteraphy, tanpa harus mengkonsumsi banyak obat-obatan kimia, penderita kanker hanya disarankan untuk mengkonsumsi jamur tersebut. Jamur jenis apa yang dimaksud?

Cek info selengkapnya disini

Herbal untuk mengobati semua jenis kanker

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *