Ini dia penyebab ngantuk saat lagi di kantor

Pada pagi hari anda mungkin merasa lebih semangat menjalankan rutinitas termasuk pergi ke kantor untuk bekerja, namun saat siang tiba produktivitas kerja anda mulai menurun, hal ini wajar karena tubuh memerlukan waktu istirahat dan makan untuk mengembalikan energi yang mulai lemah. Sesaat setelah makan dan istirahat sebagian orang mungkin kembali ke keadaan normal dan beraktivitas seperti sebelumnya, namun sebagian lagi malah mengeluh ngantuk dan lemas. Apakah anda sering mengalaminya?

Ngantuk setelah jam makan siang memang termasuk gejala umum yang sering terjadi, namun jika hal ini terlalu sering maka kinerja anda akan menurun, penyelesaian tugas menjadi terganggu karena rasa kantuk yang di dera. Timbulnya rasa kantuk bukan hanya merangsang anda untuk tidur saja, tetapi membuat fikiran tidak fokus, pusing karena menahan kantuk sehingga pikiran menjadi kacau.

Mengapa pekerja kantoran lebih sering mengalami ngantuk?

Pekerja kantoran lebih menghabiskan waktunya untuk duduk dan menatap layar komputer seharian tanpa aktivitas lain, mata yang terlalu sering menatap layar komputer akan berkontraksi dengan sinar dari layar yang membuat mata lelah, terlebih jika suasa kantor dalam keadaan hujan dan sunyi, rangsangan anda untuk tidur pasti lebih berat lagi.

Berbeda dengan pekerja lapangan seperti arsitek, mereka menghabiskan waktunya di luar ruangan dengan aktivitas yang padat yang mampu meminimalisir rangsangan untuk tidur, suasa bising yang ada disana membuat mata tetap terjaga tanpa kendala. Ya, kondisi suasana yang tercipta membuat pekerja kantoran mendapat ancaman lebih besar untuk mengantuk saat bekerja.

Selain suasana, faktor lain yang menyebabkan mengantuk saat di kantor yakni kurangnya porsi tidur yang efektif saat malam. Normal tidur seseorang berkisar 7-8 jam dengan kualitas yang baik tanpa gangguan, kurangnya jam tidur saat malam hari bisa saja disebabkan oleh posisi tidur yang tidak nyaman, kasur yang sudah tidak nyaman atau anda sedang mengalami depresi. Maka ketika besoknya bekerja tubuh anda belum siap beraktivitas karena porsi tidur yang kurang yang merangsang tubuh untuk kembali tidur.

Permasalahan ketiga yang menjadi penyebab anda mengantuk di kantor yakni mengkonsumsi makanan manis dan berlemak saat bekerja. Makanan manis dan berlemak memberi rangsangan lemas dan mengantuk saat anda bekerja. Selain menimbulkan rasa kantuk, makanan berlemak mengancam anda menjadi lebih gemuk. Untuk itu hindari makanan jenis ini dan mengantinya dengan makanan yang lebih sehat.

Bagaimana cara mengatasi ngantuk saat di kantor?

  • Optimalkan waktu istirahat anda. Hilangkan kebiasaan menonton tv hingga larut malam, main handphone dan kegiatan bergadang lain yang merangsang tubuh untuk tetap terjaga. Optimalkan tidur dengan maksimal, sehingga esoknya anda kembali beraktivitas dengan normal tanpa gangguan kantuk.
  • Banyak meminum air putih. Ketika bekerja sebagian orang mungkin terlalu fokus dengan tugasnya tanpa menyela waktu sedikit untuk makan sesuatu atau sekedar minum, hal inilah yang membuat tubuh lemah dan ingin tidur, Untuk itu perbanyak minum air putih, sediakan air putih di meja agar anda tidak perlu beranjak dari tempat duduk.
  • Lakukan olahraga kecil. Cobalah untuk berdiri dan melakukan gerakan ringan seperti menggelengkan kepala, melakukan gerakan tangan, atau dengan berjalan di sekitar kantor. dengan begini tubuh anda akan lebih segar. Jangan terlalu terpaku dengan posisi duduk, posisi inilah yang merangsang tubuh anda untuk tidur.
  • Hindari makanan manis dan berlemak. Makanan jenis ini akan memberi efek lemas dan kantuk pada anda, konsumsi makanan lain seperti buah-buahan untuk menemani pekerjaan anda.
  • Mencuci muka. Jika rasa kantuk yang anda rasakan tidak bisa tertahan lagi, pergilah ke kamar kecil untuk mencuci muka anda dengan bersih. Dengan cara ini mata anda akan kembali segar.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *