Ini dia pola hidup tidak sehat yang dapat merusak otakmu

Selain dituntut sebagai organ untuk berfikir, otak pun memiliki haknya untuk beristirahat, sama halnya dengan manusia, otak membutuhkan waktu luang untuk beristirahat disela-sela kelehannya. Jika haknya tidak terpenuhi makan kewajibannya pun tidak bisa dijalankan. Mengerti?

Maksudnya, ketika kita menuntut otak untuk menyelesaikan tugas sepanjang hari ada kalanya kita memberi ruang agar otak bisa beristirahat, dalam artian kita tidak memaksakan otak untuk terus-terusan bekerja.

Hal ini lah yang sering diabaikan orang, hampir kebanyakan diantaranya tidak terlalu memperdulikan cara menjaga kesehatan otak dengan baik. Lalu apa akibatnya? otak mengalami kelelahan dan penurunan fungsi sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Apa yang harus anda lakukan? Jika anda memiliki kebiasaan buruk yang dapat mengganggu fungsi otak maka segera hentikan kebiasaan itu untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Baca juga : Brain Care Capsule, Penting untuk Menyehatkan Jaringan Otak

Pola hidup tidak sehat yang dapat merusak otak

Tidak sarapan

Menghindari sarapan biasanya dilakukan oleh para pediet ketat dengan maksud untuk melangsingkan badan agar tampak ideal. Bukan hanya dilakukan oleh orang berbadan gemuk saja, orang yang sudah memiliki badan langsing pun masih saja melakukan kebiasaan buruk dengan meninggalkan sarapan pada pagi hari. Pasalnya, dengan meninggalkan sarapan dan hanya menyantap makan siang dan malam saja akan mengurangi asupan karbohidrat dan lemak di dalam tubuh.

Padahal, dengan meninggalkan sarapan rasa lapar saat makan siang bertambah dua kali lipat. benar? anda cenderung lebih banyak makan saat makan siang, hal ini karena efek menunda lapar sehingga pada saat makan siang tiba, rangsangan ingin makan menjadi berlebih.

Selain gagal diet, akan akan mengalami gangguan pada otak karena hal sepele ini. Mengapa demikian? sarapan pada pagi hari bertujuan untuk memberikan nutrisi agar otak bisa bekerja dengan baik. Meninggalkan sarapan tak hanya membuat otak kehilangan fungsinya, juga dapat membuat tubuh tidak berenergi dan sulit berkonsentrasi saat belajar maupun bekerja. Untuk itu biasakan sarapan walaupun hanya dengan roti, susu dan buah saja. Setidaknya ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, jangan terlalu mengosongkan perut agar kinerja otak tetap berjalan baik.

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Makanan yang tidak sehat adalah semua jenis makanan yang mengandung bahan kimia , bahan pengawet, pengolahan yang tidak higienis, dan makanan yang mengandung lemak, kotesterol dan gula yang berlebihan.

Lemak, kolesterol dan gula tidak selalu di kaitkan dengan zat yang pantang diserap tubuh karena pada faktanya tubuh memerlukan zat ini dan sama pentingnya seperti zat lain. Hanya saja pengkonsumsia makanan yang mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi dapat mengakibatkan penurunan fungsi organ salah satunya kadar gula yang berlebih dapat merusak otak.

Mengapa demikian?menurut penelitian yang telah dilakukan, efek mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat memperngaruhi efek berfikir seseorang. Selain itu dapat memicu serangan penyakit seperti obesitas, diabetes dan jantung koroner.

Kurangnya pola tidur

Seperti yang sudah kita ketahui jika baik buruknya kualitas tidur seseorang dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sebelumnya saya pernah singgung jika otak harus mendapatkan haknya untuk beristirahat. Nah, inilah istirahat otak yang paling efektif yaitu tidur dengan jam normal sekitar 7-8 jam per hari.

Apa akibatnya jika otak tidak memenuhi haknya. akibatkan otak menjadi lelah kurang bersemangat, saat menjalankan aktivitas menjadi hilang konsentrasi, menjadi lelah pula dan akhirnya aktivitas tidak dapat telaksanakan dengan baik.

Tidak mengganti pakaian sebelum tidur

Inilah kebiasaan yang paling sering dilakukan yakni kebiasaan tidak mengganti pakaian sebelum tidur. Kebanyakan orang setelah beraktivitas seharian misalnya bekerja atau sekolah membuat mereka langsung tidur setibanya di rumah karena rasa lelah yang tidak tertahankan.

Padahal kebiasaan buruk ini jika dibiarkan akan berdampak terhadap kesehatan tubuh salah satunya otak, mungkin orang tidak akan menyadari hal ini jika sabuk yang belum dilepas, dasi dan berbagai atribut lainnya membuat sirkulasi darah terhambat dan membatasi pasokan oksitgen ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami gangguan. Hilangkan kebiasaan buruk ini dan usahakan untuk mengganti pakaian terlebih dulu sebelum tidur.

Kurang minum

Anjuran minum yang baik adalah 8 gelas per hari. Kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi akan membuat tubuh mudah lelah dan tidak dapat beraktivitas dengan lancar. Selain itu dehidrasi dapat menurunkan fungsi organ di dalam tubuh termasuk otak.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *