Ini yang akan terjadi pada tubuhmu jika berhenti mengkonsumsi gula

Gula memiliki banyak manfaat yang terkadang tidak kita sadari. Dilansir dari Boldsky.com gula mengandung banyak manfaat seperti, meningkatkan energi instan, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otak, untuk teraphy, banyak yang berpendapat jika gula pasir lebih efektif menyembuhkan luka dibanding antibiotik.

Gula memang termasuk jenis karbohidrat sederhana yang memiliki banyak peran penting dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Meski kaya akan manfaat dan nilai gizi, pengkonsumsian gula yang berlebihan dinilai tidak layak dan bisa menyebabkan banyak dampak kesehatan yang akan merugikan tubuhmu. Apa dampak yang akan terjadi? salah satu dampak yang ditimbulkan dari penkonsumsian gula secara berlebihan adalah, ancaman penyakit diabetes atau obesitas. Kita tahu sendiri, diabetes merupakan penyakit akut yang sulit disembuhkan.

Penting untuk dilihat

Benarkah diabetes bisa menyebabkan kebutaan? penderita diabetes wajib baca!

Apa itu tandanya kita dilarang mengkonsumsi gula?

Salah satu peneliti doktoral di University Of North Carolina (UNC) menyatakan bahwa, pengkonsumsian gula tidak hanya berwujud dari makanan yang sudah jelas manis saja seperti kue, permen dan soda, tapi masih banyak lagi seperti salad dressing, saus pasta, yoghurt, dan masih banyak lagi. Karena itulah lonjakan kadar gula di dalam tubuh tidak kita sadari sehingga tiba-tiba saja ancaman penyakit terdeteksi oleh tubuh.

Intinya, kita harus membatasi pengkonsumsian kadar gula yang berlebih. Apalagi gula buatan yang dihasilkan dari pemrosesan yang tidak jelas. Jenis gula ini jelas lebih tidak menyehatkan lagi. Kita masih tetap bisa mengkonsumsi makanan manis, hanya saja lebih cerdik dalam pengaturan pengkonsumsian makanan. Meminimalisir pengkonsumsian gula bagi penyukannya mungkin akan terasa sulit.

Sebab meminimalisir saja tidak cukup. Orang yang kecanduan gula biasanya akan menunjukkan gejala-gejala, seperti cemas, gelisah, dan bahkan depresi. Jadi solusi terbaik yang harus dilakukan adalah benar-benar menghenteikan pengkonsumsian gula yang terkandung di dalam makanan atau minuman. Menghentikan pengkonsumsian gula tidak hanya diperuntukan bagi pada pecandu gula saja, tapi bagi semua orang. Apa manfaat yang bisa kita raih?

Berhenti mengkonsumsi gula, upaya menjaga kesehatan tubuh

Saat terasa hambar, penambahan gula pada makanan atau minuman memang menjadi andalan. Gula menjadi penyedap makanan yang paling sering digunakan, sentuhan gula pada makanan dan minuman hambar mampu merubah wujud aslinya menjadi manis dan berkelas.

Namun, fikirkan kembali, apa yang akan terjadi jika setiap hari kamu mengkonsumsinya? teh dengan gula, jus dengan gula, susu dengan gula. Apa ini tidak berlebihan?

Fikirkan kembali dampak yang akan timbul kelak. ”Lebih baik menjaga daripada mengobati” Manisnya gula yang kamu konsumsi sekarang, belum tentu terasa manis di hari kemudian. Teh pucuk tanpa gula, teh hijau tanpa gula, susu, kopi tanpa tambahan gula da cream lebih menyehatkan dan nikmat. Jika begini, kamu akan merasakan sendiri manfaatnya, hidup sehat tanpa gula, bagaimana efeknya?

  • Menyehatkan organ jantung. Menurut penelitian dari James J DiNicolantonio, PharmD, seorang ilmuwan peneliti kardiovaskular di St Luke Mid-Atlantic Heart Institute di Kansas City, MO. Menyatakan bahwa “Kelebihan gula kronis dapat meningkatkan kadar insulin, yang mengaktifkan sistem saraf simpatik, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung,” ujar DiNicolantonio.
  • Bebas dari ancaman jerawat. Penyebab jerawat tidak harus selalu dikaitkan dengan udara yang kotor saja, faktanya makanan pun bisa menjadi faktor yang memungkinan, salah satunya kandungan gula yang berasal dari soda. Pengkonsumsian soda yang berlebihan dapat meningkatkan peradangan sebesar 87%.
  • Pola tidur lebih baik. Pengkonsumsian gula yang berlebihan dapat menyebabkan lesu dan lemah pada siang hari, ini membuatmu membutuhkan banyak tidur siang. Gula tambahan dapat memicu pelepasan hormon tiroid yang mengganggu tidur. Akibatnya, pola tidurmu menjadi berantakan.
  • Kualitas tubuh yang ideal. Pengkonsumsian gula sebanyak 200 kalori per hari dapat membantu anda menurunkan berat badan hingga 4,5 kg. Banyak yang menginginkan tubuh ideal tetapi tidak bisa melakukan upaya dengan benar, karenanya hentikanlah pengkonsumsian gulam atau setidaknya minimalisirlah pengkonsumsiannya demi tubuh yang ideal dan sehat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *