Jangan abaikan gejala ini, bisa jadi anda mengidap Leukimia

Mengapa penyakit datang tiba-tiba saja menginfeksi tubuh kita? mengapa kita bisa langsung terinfeksi penyakit tahap akhir yang sulit disembuhkan? Jawabannya adalah ”kuranganya pemahaman gejala awal yang sering di abaikan”. Hampir semua jenis penyakit pasti memiliki gejala awal terlebih dahulu sebelum sampai tahap akhir yang lebih parah. Lalu mengapa hampir semua orang tidak menyadarinya?

Gejala pada tahap awal biasanya sangat umum dan sering dianggap ”biasa” yang mungkin membuat sebagian orang merasa aman saja dan mengabaikannya saat gejala itu tiba, ini merupakan peluang bagi virus untuk meneruskan perjalanannya hingga menguasai tubuh seseorang. Yang pada akhirnya antibodi tubuh kehilangan kendali untuk melawannya.

Kita ambil satu contoh dalam kasus sederhana ”seseorang jatuh dari pohon, dia memiliki luka kecil pada bagian pergelangan tangannya, karena merasa luka itu kecil dan akan sembuh sendiri dia pun mengabaikannya, sampai beberapa waktu kemudian luka itu tidak kunjung sembuh dan mengerluarkan lendir basah yang tidak kunjung kering. Ketika keadaan sudah sampai tahap itu barulah dia memeriksanya dan mendapati dokter mengatakan jika dia harus di ”amputasi’‘ karena virus dan bakteri yang terkandung di dalam luka bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Mengerikan bukan? Padahal, jika saja dia melakukan pengobatan awal keadaan tidak mungkin menjadi seperti itu. Yang pada akhirnya dia harus menelan akibat dari tahap akhir sikap ”masa bodoh” yang sebelumnya dia lakukan.

Apakah anda termasuk ke dalam jajaran orang yang tidak perduli terhadap kesehatan? apakah anda sering mengabaikan hal kecil dari pengobatan? Hati-hati. Mungkin saja anda akan menjadi sosok pengikut berikutnya dari kasus sederhana yang saya ungkapkan sebelumnya. Apakah anda tidak ingin kasus tersebut terjadi menimpa diri anda? Maka lakukan pengamatan terhadap gangguan tubuh anda, lakukan pencegahan awal sebelum penyakit menjadi semakin parah.

Kasus sederhana yang saya ungkapkan merupakan contoh pengabaian kasus penyakit luar yang umum terjadi di kalangan masyarakat. Kasus berikutnya menyangkut penyakit dalam yang mungkin saja memiliki peluang yang sama seperti kasus sebelumnya.

Apakah anda mengenal penyakit leukimia? Leukimia merupakan penyakit kanker darah yang menyerang saluran darah atau sumsum tulang belakang yang ditandai dengan produksi sel darah putih diatas normal.

Seseorang yang normal akan memiliki perkembangan sel-sel darah putih yang normal dan berkembang secara teratur, sedangkan bagi mereka yang abnormal sel-sel darah putih akan di produksi secara berlebihan. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melawan infeksi yang muncul, namun bukan berarti banyaknya kandungan sel darah putih membuat tubuh semakin kebal terhadap infeksi. Sebaliknya, seseorang yang memproduksi sel darah putih berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Bagaimana gejala awal penyakit leukimia?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa hampir semua jenis penyakit memiliki gejala awal yang mungkin saja secara tidak disadari telah menyerang tubuh dan merambat hingga pada tahap yang lebih kronis.

Pada faktanya sebagian besar orang mengetahui dirinya terinfeksi sebuah penyakit ketika pada tahap kronis, sehingga penyembuhan menjadi semakin sulit. Untuk itu kenali gejala-gejala ringan yang mungkin saja berpotensi tinggi.

Sama halnya dengan Leukimia, penyakit mematikan ini pun memiliki gejala awal yang terkadang tidak disadari oleh penderita, meski pada dasarnya setiap orang memiliki gejala yang berbeda sesuai kondisi tubuh yang sedang di alaminya. Namun secara umum hampir semua penderita mengalami gejala awal yang sama.

Berikut gejala-gejala Leukimia yang perlu anda ketahui

  • Demam. Gejala ini sangat umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja,namun jika demam yang dialami tidak kunjung sembuh segera periksa ke dokter.
  • Lemas. Rasa lemas yang ditimbulkan dari aktivitas yang padat merupakan hal yang wajar terjadi. Namun jika anda tidak memiliki rutinitas yang panjang tetapi mengalami kelelahan yang berkelanjutan segera periksa ke dokter.
  • Sakit kepala. Sakit kepala memang umum terjadi, biasanya dikarenakan oleh kondisi tubuh yang lemah. Namun segera periksakan jika anda mengalami sakit kepala yang berlebih dan berlangsung lama.
  • Muntah. faktor penyebab muntah sangat beragam dimulai dari kecarunan, mabuk kendaraan atau infeksi virus di dalam tubuh yang menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja dengan normal.
  • Pendarahan. Inilah gejala yang menandakan leukimia sudah pada tahap yang lebih berbahaya dari sebelumnya. Pendarahan yang terjadi biasanya berupa mimisan yang akan sering terjadi.
  • Muncul bintik merah. Jika anda sudah pada tahap ini segera konsultasikan ke dokter.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *