Jangan konsumsi 5 jenis makanan ini bersamaan dengan pisang, berakibat buruk bagi pencernaan

Kesalahan mengkonsumsi makanan bukan terletak pada jenis makanannya saja, faktanya salah mengkombinasikan makanan pun dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Akibat yang ditimbulkan yakni dapat mengganggu sistem pencernaan yang tentunya kan berefek buruk bagi tubuh.

Kita ambil salah satu contoh saja yakni buah pisang, banyak sekali manfaat dan gizi yang kita peroleh dengan mengkonsumsi buah manis ini, namun salah mengkombinasikan dengan makanan yang salah justru malah berdampak buruk bagi kesehatan. Bukan karena pisang tidak sehat, bukan karena setelah makan pisang kita tidak boleh mengkonsumsi apapun, tidak. Hanya saja untuk beberapa jenis makanan ada baiknya jika tidak di kombinasikan dengan pisang atau makannya dalam waktu yang sama.

Makanan yang tidak boleh di kombinasikan adalah jenis makanan yang tidak sehat? Tidak selalu. Untuk hal ini orang juga pasti menyadari untuk tidak mengkonsumsinya, lalu untuk apa di pertanyakan lagi? sudah jelas kan makanan yang tidak sehat seharunya di buang jauh-jauh, jika dia peduli kesehatan anda akan menyadarinya. Yang saya akan bahas yakni makanan yang sama bergizinya.

Dalam suguhan makanan tentu banyak sekali aneka ragam jenis makanan yang bisa kita santap setetika, benar? karena merasa semua makanan tersebut memiliki nilai gizi yang baik anda mengkonsumsi semuanya dengan lahap benar? Padahal, tidak semua jenis makanan baik di konsumsi secara bersamaan, ini justru membuat PR yang lebih bagi sistem metabolisme di dalam tubuh.

Apa akibat yang ditimbulkan? tentunya anda akan menyadarinya setelah lahap menyantap semua makanan yang ada. Bagaimana hasilnya? paling tidak perut kram, mual dan berbagai gejala lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sistem pencernaan tidak sehebat yang kita fikir, tidak semua jenis makanan bisa di cerna dengan baik dalam waktu yang bersamaan, jika ini dipaksakan justru malah memperparah keadaan.

Nah, saat anda mengkonsumsi makanan berat ataupun makanan tertentu ini, jangan sekalipun berfikir untuk melanjutkan pengkonsumsian berikutnya dengan menyantap buah pisang. Jangan. Jenis makanan tertentu tidak baik jika dikombinasikan dengan pisang.

Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pisang?

Daging merah

Daging merah sering diburu konsumen untuk dibuat berbagai olahan masakan yang lezat, selain merasakan kelezatannya, kandungan protein di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun khasiat ini tidak akan kita peroleh jika kita melakukan pengkonsumsian yang salah yakni mengkombinasikannya dengan jenis buah terutama buah pisang yang akan merusak protein dan lemak di dalam tubuh.

Mengapa demikian? Perlu kita ketahui bahwa enzim yang bekerja untuk mencerna buah dan protein itu berbeda sehingga jika kedua jenis makanan ini dikonsumsi bersamaan maka kedua makanan tersebut tidak akan dicerna tubuh secara maksimal sehingga menyebabkan perut kram. Bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi pisang dan daging di hari yang sama, tetapi lebih di atur lagi waktu pengkonsumsiannya yakni 30 menit sebelum makan daging.

Semangka

Sudah tidak asing lagi bukan dengan buah merah berbiji ini? semua kalangan menyukainya. Selain itu kandungan nutrisi dan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saya katakan buah ini adalah ”buah ideal” karena selain rasanya yang disukai anak-anak, bentuk buah dan warnanya yang menggugah selera, kandungan gizinya yang baik bagi tubuh juga manfaat semangka yang utama adalah untuk menyembuhkan sariwan dan sembelit.

Begitupula dengan pisang yang memiliki nilai gizi yang sama baiknya. Lalu kesalahannya dimana? saat melihat buah-buahan berjejeran di depan mata rasanya kita ingin mencobanya satu per satu dalam waktu bersamaan. benar? Karena berfikir semua buah sama baiknya maka anda mengkonsumsinya dengan bersamaan tanpa menghiraukan jenisnya. Ini yang salah mengkonsumsi buah semangka dan pisang dalam waktu bersamaan menyebabkan perut begah dan mencret.

Melon

Sering sekali kita temukan perpaduan buah-buahan ini di acara hajatan atau acara besar lainnya, buah-buahan yang di sajikan untuk cuci mulut biasanya pisang, semangka dan melon. Padahal ketiga jenis buah ini tidak baik jika di konsumsi bersamaan apalagi kondisi perut yang telah mengkonsumsi makanan berat.

Semangka sudah saya jelaskan di atas, selanjutnya melon. Pengkonsumsian melon dan pisang sangat tidak dianjurkan terlebih bagi penderita ginjal dan arthritis karena akan memicu kekambuhan. Mengapa demikian? Kandungan gula pada melon sangat tinggi yakni 15% begitupula kandungan kaliumnya. Kita tau kandungan kalium di dalam pisang mencapai 250mg, jika memakan buah ini berbarengan tidak baik bagi kualitas tubuh juga akan memperparah penyakit ginjal dan arthritis.

Yogurt

Banyak sekai bentuk yogurt yang beredar di pasaran, ada yang berbentuk cair seperti susu, ada juga yang berbentuk es karena telah di bekukan, minuman fermentasi ini memiliki manfaat untuk mengatasi asam lambung. Yogurt biasanya sering di kombinasikan dengan banyak makanan terlebih buah-buahan termasuk pisang.

Pasalnya mengkombinasikan kedua jenis makanan ini dapat menciptakan rasa yang luar biasa lezat. Tetapi bagaimana hasil akhirnya? mengkonsumsi yogurt dengan pisang bersamaan menyebabkan perut mules dan mencret. Bahkan orang yang memiliki riwayat lambung akan mengalami gejala yang lebih parah.

Kentang

Sayuran ini termasuk ke dalam jenis golongan pati dimana pengkonsumsiannya tidak cocok bisa dikombinasikan dengan buah-buahan apalagi pisang. Jika tetap saja kekeh di konsumsi maka dampaknya akan terasa juga oleh tubuh. Salah satunya menyebabkan flek pada wajah. Kedua jenis makanan ini sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Namun mengkonsumsinya bersamaan juga tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Salah satu efek yang timbul setelahnya yakni sakit perut yang akan semakin parah apabila terlalu dibiasakan.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *