Kanker Payudara Yang Menyerang Pria

Meski biasanya kanker ini terjadi pada wanita namun tanpa disadari pria juga mempunyai kemungkinan terserangnya penyakit ini, sama halnya dengan wanita, pria memiliki jaringan payudara yang memungkinkan mampu mengembangkan kanker payudara. Kebanyakan kanker payudara terjadi pada pria antara usia 60 dan 70thn.

Gejala yang terjadi sama saja dengan wanita yaitu munculnya benjolan disekitar payudara, namun kebanyakan laki-laki menganggapnya benjolan biasa sehingga keadaan semakin parah. Penyakit kanker payudara pada pria lebih sulit di diagnonis dibandingkan wanita, hal ini yang dapat memungkinkan tanpa disadari gejala menyebar ke bagian tubuh lain.

Lihat: Pengobatan alternatif untuk menghilangkan sel kanker

Sel saluran payudara pria dapat mengalami perubahan menuju kanker, namun hal ini memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi pada pria, karena sel-sel payudara pria kurang berkembang dibandingkan wanita. Namun hal ini bisa saja terjadi akibat faktor-faktor yang dapat memicu tumbuhnya kanker payudara pada pria, misalnya :

  • Keturunan dari kerabat yang mengidap kanker payudar.
  • Terkena radiasi pada dada
  • Pembesaran payudara yang tumbuh akibat mengkonsumsi obat-obatan, atau infeksi racun.
  • Kondisi genetik langka yang disebut sindrom klinefelter
  • Penyakit hati
  • Penyakit testis seperti gondok orchitis, cedera testis, atau testis yang tidak turun

Di dalam payudara terdapat kelenjar getah bening yang berbentuk kacang, kelenjar bening merupakan sel sistem untuk menjaga kekebalan tubuh (sel yang penting dalam memerangi infeksi) yang dihubungkan oleh pembuluh limfatik. sel-sel kanker payudara dapat memasuki pembuluh limfatik lalu mulai tumbuh di kelenjar bening. Pembuluh limfatik pada payudara terhubung ke kelenjar getah bening dibawah lengan (dekat ketiak), dibawah tulang dada, dan diatas bawah tulang selangka.

Jika sel-sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, maka ada kemungkinan lebih tinggi untuk sel-sel kanker menyebar luas ke organ lain di dalam tubuh, Sel-sel kanker masuk melalui aliran darah dan menyebar ke daerah lain di dalam tubuh, namun jika sel-sel ini tidak menyebar keadaan masih bisa diminimalisir untuk segera dilakukan pencegahan agar sel kanker tidak menyebar ke organ lain.

Jenis Kanker Payudara Yang Menyerang Pria

Kanker payudara dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara sel-sel kanker menyebar yang akan terlihat dibawah mikroskop. Dalam beberapa kasus yang telah terjadi  tumor payudara tunggal merupakan kombinasi dari jenis campuran sel kanker. Berikut ini beberapa jenis kanker yang menyerang pria

Karsinoma duktal in situ (DCIS)

Karsinoma duktal in situ (DCIS, juga dikenal sebagai karsinoma intraduktal) dianggap non-invasif atau kanker payudara pre-invasif. Dalam DCIS (juga dikenal sebagai karsinoma intraductal), sel-sel yang berjajar di saluran telah berubah menjadi sel-sel kanker. Perbedaan antara DCIS dan kanker invasif adalah sel-sel belum menyebar (menginvasi) melalui dinding duktus ke jaringan sekitar payudara (atau menyebar di luar payudara). DCIS dianggap sebagai pra-kanker karena beberapa kasus dapat disembuhkan sebelum terjadi kanker invasif.

Infiltrasi (atau invasif) duktal karsinoma (IDC)

Invasif (atau infiltrating) duktal karsinoma (IDC) dimulai dari saluran susu payudara menerobos dinding duktus, dan tumbuh ke dalam jaringan lemak payudara. Hal ini dapat memungkinkan untuk menyebar ke bagian tubuh lain melalui sistem limfatik dan aliran darah. Pada jenis kanker ini setidaknya 8 dasri 10 payudara pria yang IDCs (sendiri atau dicampur dengan jenis lain dari kanker payudara in situ invasif atau dalam). Karena payudara laki-laki jauh lebih kecil dari payudara wanita kemungkinan kanker payudara laki-laki relatif dekat ke puting, sehingga
sel-sel kanker lebih dekat menyebar ke puting.

lobular carcinoma (ILC)

kanker payudara jenis ini dimulai dalam lobulus payudara dan tumbuh ke dalam jaringan lemak payudara. ILC sangat jarang pada pria, terhitung hanya sekitar 2% dari kanker payudara laki-laki. Hal ini karena pria biasanya tidak memiliki banyak jaringan lobular.

Penyakit dari puting

Jenis kanker payudara dimulai di saluran payudara dan menyebar ke puting. Hal ini juga dapat menyebar ke areola (lingkaran gelap di sekitar puting). Kulit puting biasanya nampak bersisik, dan merah, dengan disertai gatal bahkan sampai terjadi pendarahan. Hal ini terjadi karena adanya benjolan pada payudara.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *