Kebiasaan langsung mandi setelah bangun tidur, berakibat fatal bagi kesehatan

Karena merasa dikejar waktu seseorang harus terburu-buru menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan mempercepat waktu kegiatan, salah satunya kegiatan rutin yang selalu kita lakukan yakni mandi. Karena merasa dikejar waktu banyak orang yang tidak memperhatikan pola hidupnya dengan benar, seperti pergi ke kantor atau ke sekolah tanpa sarapan, mandi dengan terburu-buru saat bangun, meski terlihat sepele  kegiatan seperti ini jika dilakukan dengan rutin akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Mandi sesaat setelah bangun tidur memang membuata tubuh menjadi bugar dan bersemangat, namun lihat dampak yang akan terjadi. Apakah anda terbiasa mandi sesaat setelah bangun tidur? Jika Ya, hentikan kebiasaan itu mulai sekarang, mandi sesaat setelah bangun tidur tanpa jeda waktu bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Mengapa demikian?

Mandi sesaat setelah bangun mengakibatkan tubuh kaget karena suhu tubuh yang tiba-tiba saja berubah, hal ini diakibatkan oleh saraf yang belum siap yang tiba-tiba saja diguyur air yang membuat tubuh kaget, Otak akan merespon tubuh sehingga timbul gejala menggigil ketika mandi.

Kunci utamanya adalah menjaga pola tidur dengan baik sehingga ketika bangun anda memiliki sisa waktu luang untuk menjalankan aktivitas dengan normal seperti sarapan, mandi, membereskan rumah, juga membereskan keperluan yang dibutuhkan dan hal lainnya. Dengan begitu anda lebih rileks dan merasa tidak terbebani dengan sisa waktu yang sangat minim.

Salah satu tantangan terberat yang harus dialami adalah mengubah kebiasaan  pribadi. Orang yang melakukan kegiatan apapun lebih dari dua kali maka kemungkinan besar dia akan terus mengulangnya. Sulit, tapi jika benar-benar dilakukan dengan sungguh-sungguh maka kebiasaan seburuk apapun bisa saja berubah dengan sendirinya.

Mengapa kebiasaan mandi ketika bangun harus disembuhkan?

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya jika kebiasaan mandi setelah bangun tidur maka akan membuat tubuh kaget karena rangsangan air saat menguyur badan sehingga membuat suhu tubuh tiba-tiba berubah. Parahnya, kasus seperti ini bahkan bisa membuat jantung kaget. Mengerikan bukan? hanya karena kasus sepele saja kita terancam hal seberat ini. Untuk itu penting bagi kita memperhatikan pola hidup yang benar dan beraturan. Jika tidak, Siap-siap untuk mengidap penyakit berbahaya yang diakibatkan dari prilaku sendiri.

Bagaimana reaksi yang ditimbulkan akibat kebiasaan langsung mandi saat bangun?

Detak jantung tidak normal
Respon saraf terhadap tubuh yang tiba-tiba berubah suhu akan mengakibatkan sirkulasi darah terganggu sehingga mengakibatkan minimnya supply darah menuju otak. Jika ini terjadi maka organ di dalam tubuh akan terganggu, terlebih jantung yang membutuhkan suuply darah yang cukup, terganggunya sirkulasi darah di dalam tubuh membuat kerja jantung tidak normal.

Pergeseran tulang pinggul
Saat kita tidur kita mungkin melakukan gerakan yang tanpa kita sadari, dengan aktivitas langsung mandi tanpa jeda waktu untuk peregangan terlebih dulu tubuh akan berpotensi mengalami dislokasi tulang pinggul atau pergeseran tulang pinggul.

Kematian mendadak
Orang yang melakukan siklus ini biasanya orang yang kekurangan tidur saat malam sehingga besoknya ia telat bangun dan harus terburu-buru mempersiapkan diri. Kurangnya porsi tidur ditambah guyuran air saat mandi karena kesiangan bisa beresiko kematian mendadak terhadap orang tersebut.

Perlu diketahui bahwa orang yang kekurangan jam tidur dilarang untuk terburu-buru mandi saat bangun bahkan lebih baik untuk tidak mandi sama sekali.

Mengapa demikian? ketika bekerja kondisi tubuh tentunya akan mengalami perubahan suhu  dan mengalami pemanasan ditambah lagi dengan porsi tidur yang sangat minim yang tidak mampu mengembalikan kerja organ secara normal. Sehingga ketika bangun tubuh masih memiliki suhu yang panas, maka saat tersiram air dingin secara mendadak akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *