Kebiasaan menguyah es batu, ini dampaknya bagi kesehatan

Salah satu daya tarik seseorang yang paling menonjol adalah senyumnya, untuk memiliki senyum yang berkualitas seseorang harus memiliki syarat terpenting yang harus ia penuhi yakni memiliki gigi yang putih dan bersih. Bukan hanya semata-mata menjaga penampilan saja, gigi yang bersih wajib kita perhatikan demi kesehatan. Tetapi pada faktanya masih banyak orang yang tidak memperdulikan tentang kesehatan gigi dengan membiarkannya begitu saja.

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan demi menajaga gigi agra tetap sehat yakni dengan menggosok gigi dengan benar. Jika tidak, maka kuman-kuman yang berasal dari sisa-sia makanan akan berkumpul di mulut dan berkembangbiak. Perlu kita ketahui bahwa mulut merupakan tempat yang paling ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkembangbiak, salah satunya pada bagian sela-sela gigi.

Banyak sekali alasan seperti kesiangan bangun tidur, terlalu lelah pergi ke kamar mandi dan langsung tidur, lupa , malas dan berbagai macam alasan klasik lainnya yang membuat mereka enggan membersihkan gigi. Selain malas menyikat gigi banyak sekali faktor yang mengakibatkan keluhan gigi seperti plak, karang gigi, gigi kuning dan itu disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang membuat gigi sensitif seperti makanan asam dan pedas dan minuman dingin. Apakah anda senang memakan es batu? Jika tidak maka anda termasuk orang yang beruntung yang akan terhindar dari gangguan kesehatan. Namun jika Ya, maka dengarkan penjelasan artikel ini hingga akhir, mungkin saja setelah mengetahui akibatnya dengan cepat anda menghentikan kebiasaan tersebut.

Apa dampak mengunyah es batu bagi kesehatan?

Jika difikir kembali memangnya apa enaknya menguyah es batu hingga remuk, atau menggerogotinya seperti vampir yang sedang kelaparan. Apa? apa dengan memakan es batu kamu akan kuat? mengkonsumsi es batu hanya akan menimbulkan gejala-gejala tidak baik bagi tubuh. Terlebih jika itu merupakan suatu kebiasaan atau keharusan bagi seseorang untuk mengkonsumsi es batu setiap harinya, sudah jelas dampak yang ditimbulkan lebih berbahaya lagi.

Merusak gigi

Sudah jelas, organ pertama yang terkena dampaknya adalah gigi. Saat sedang memakannya kamu merasa segar dan ketagihan untuk terus memakannya, namun setelah memakan es batu kamu akan merasa linu pada bagian gigi. Meski ini terjadi sementara waktu saja, tetap saja jika terus diulangi lama kelamaan gigi. Es batu memang tidak mengandung gula sehingga kita berfikir bahwa aman mengkonsumsinya, padahal jika terus menjadi kebiasaan akan mengakibatkan gigi retak.

Malnutrisi

seseorang yang terbiasa mengkonsumsi es batu dalam jumlah yang banyak dipercaya akan kehilangan nafsu makan yang membuat orang tersebut memiliki dorongan yang rendag untuk makan sehingga dia kekurangan gizi.

Mual

Efek yang ditimbulnyan selanjutnya adalah mual-mual yang seterusnya mengakibatkan muntah. Orang mungkin berfikir dengan meminum minuman segar atau hanya sekedar menggerogotinya es nya akan menghilangkan rasa muapl dan membuat mulut menjadi segar. Benar, ini akan terjadi tetapi pada tahap awal saja. Selanjutnya justru kamu akan merasa lebih mual dari sebelumnya.

Mengganggu metabolisme

Mengkonsumsi es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pembakaran lemak dlam tubuh, juga mengakibatkan pembekuan aliran darah sehingga siklus darah dan metabolisme tubuh menjadi terganggu.
Membuat perut buncit

Mengkonsumsi es terlebih setelah makan akan membuat usus menyempit sehingga dapat menghambat kinerja dalam mencerna makanan yang masuk, akibatnya perut menjadi buncit. Setelah mengetahui dampak yang ditimbulkannya, apakah kamu masih mempunyai keberanian untuk mengkonsumsi es? Segera atasi sedini mungkin sebelum gejala tersebut menyerang tubuh kamu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *